Moka Logo
8 Ide Bisnis 2024 yang Mudah dan Menggiurkan

Tips Bisnis

8 Ide Bisnis 2024 yang Mudah dan Menggiurkan

7 min

by

Memasuki tahun baru, kondisi dan kebutuhan pasar mengalami perubahan. Hal ini juga terjadi pada tahun baru 2024. Untuk menjawab dinamika tersebut, Anda bisa mengeksplor berbagai ide bisnis 2024 yang menghasilkan banyak keuntungan. Mulai dari bidang kuliner, fesyen, hingga parenting. Ini dia sejumlah ide bisnis menjanjikan bagi para calon pengusaha yang berencana merintis bisnis pada 2024!

Ide Bisnis 2024 yang Menguntungkan

Tahun baru merupakan momen tepat untuk memulai sesuatu yang baru pula, termasuk menjalankan bisnis. Jika Anda bingung menentukan jenis bisnis, berikut beberapa ide yang menguntungkan untuk dieksplor.

  • Jasa katering acara

Salah satu ide bisnis yang layak Anda pertimbangkan adalah jasa catering untuk berbagai acara. Meskipun tahun berganti, akan tetap ada banyak acara yang diselenggarakan masyarakat. Tiap acara biasanya membutuhkan konsumsi untuk disuguhkan, dan disinilah Anda bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan menyediakan layanan katering.

Pada awal berdirinya bisnis, mungkin Anda dapat mulai menyediakan katering untuk acara-acara berskala kecil terlebih dulu, seperti pengajian, arisan tetangga, atau pesta ulang tahun anak. Seiring bisnis yang makin berkembang, beranikan diri untuk menyajikan katering di acara-acara yang lebih besar, misalnya event perusahaan atau pesta pernikahan.

  • Jasa percetakan

Tahun 2024 menjadi momen pesta politik dengan adanya ajang pemilihan umum (pemilu). Kampanye politik pun banyak dilakukan di berbagai daerah sehingga meningkatkan permintaan akan percetakan spanduk, banner, kaus, dan atribut lain. 

Kebutuhan tersebut memunculkan ide bisnis 2024 yang menjanjikan, yakni jasa percetakan. Setelah masa kampanye berakhir pun, jasa Anda akan tetap dibutuhkan banyak orang, terutama mahasiswa dan pegawai kantoran, sehingga ide ini dapat menjadi peluang bisnis yang berkelanjutan.

  • Camilan kekinian

Bisnis F&B akan selalu menjanjikan karena tiap orang butuh makan dan minum. Namun, karena sudah banyak pelaku bisnis di bidang ini, Anda perlu menawarkan sesuatu yang baru agar tidak kalah saing. Salah satu ide yang layak dipertimbangkan adalah menjual camilan kekinian, seperti basreng, kulit pangsit, crombolini, atau cimol mozzarella. Anda bisa mengubah menunya sesuai perubahan tren camilan dari waktu ke waktu.

Baca juga: 21 Ide Bisnis Makanan Ringan dari Berbagai Camilan Khas

  • Sewa studio rekaman

Content creator menjadi salah satu profesi populer di era digital saat ini. Mereka mendapat pemasukan dari konten digital yang dibuat, seperti foto, video, hingga podcast. Namun, belum semua content creator memiliki studio produksi yang layak untuk memproduksi konten

Nah, Anda bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan menawarkan layanan sewa studio rekaman. Lengkapi studio dengan alat-alat produksi konten, seperti kamera untuk mengambil foto dan video, mikrofon, lighting, hingga backdrop. Jika memungkinkan, Anda juga dapat sekaligus menawarkan layanan post-production untuk membantu content creator mengedit konten mereka.

  • Perbaikan alat rumah tangga

Ide bisnis 2024 satu ini membutuhkan kemampuan teknis yang cukup spesifik, yakni jasa perbaikan alat rumah tangga seperti kulkas, AC, mesin cuci, hingga kelistrikan. Namun, peluangnya cukup menjanjikan karena akan selalu dicari. Jadi, jika Anda memang menguasai kemampuan tersebut, tawarkan jasa ke orang-orang terdekat terlebih dulu, seperti teman dan tetangga. Selama hasil kerja Anda baik, mereka pasti akan merekomendasikan jasa Anda ke orang lain.

  • Pusat penitipan anak

Bagi yang memiliki kemampuan dalam menjaga anak kecil, Anda bisa membuka jasa penitipan anak. Layanan ini sangat dibutuhkan oleh para orang tua yang sibuk. Namun, mengingat bahwa tanggung jawabnya sangat besar, tunjukkan bahwa bisnis Anda dapat dipercaya sehingga orang tua tidak ragu menitipkan buah hati kepada Anda.

Ciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi anak untuk bermain, belajar, dan bersosialisasi. Tak kalah penting, rekrutlah staf yang memiliki kepedulian besar terhadap anak kecil untuk membantu Anda menjaga mereka. 

  • Toko sembako modern

Setiap orang pasti butuh sembako untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari. Masalahnya, tidak semua orang punya banyak waktu luang untuk membeli sembako. Di sinilah muncul peluang bisnis yang menjanjikan. Anda bisa membuka toko sembako modern yang menyediakan penjualan online dan delivery. Dengan begitu, pelanggan yang sibuk bisa tetap memenuhi keperluan sembako mereka tanpa perlu keluar rumah.

Baca juga: Apa itu Toko Kelontong dan Bagaimana Cara Menjalankannya?

  • Brand pakaian plus size

Bisnis di bidang fesyen memang sudah banyak bermunculan. Namun, jika tertarik menjalankannya, Anda bisa menyediakan produk yang lebih spesifik seperti pakaian plus size. Belum banyak brand yang menjual pakaian dengan ukuran besar untuk para pemilik tubuh plus size. Lakukan riset terlebih dulu untuk mengetahui model pakaian yang mereka inginkan, kemudian barulah Anda bisa merancang desain yang sesuai.

Cara Memulai Bisnis di Tahun 2024

Setelah melihat berbagai ide bisnis 2024 di atas, mungkin kini Anda sudah punya pilihan usaha untuk ditekuni. Namun, sudahkah Anda menentukan langkah yang harus diambil untuk memulai bisnis tersebut? Jika belum, berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

  1. Lakukan validasi ide bisnis

Semua bisnis pasti berangkat dari ide, tapi yang menentukan kesuksesan adalah bagaimana Anda mewujudkan ide tersebut. Untuk mengembangkannya menjadi suatu bisnis yang valid, buatlah perencanaan bisnis serinci mungkin. Dalam perencanaan tersebut, lakukan riset pasar dan produk, rancanglah strategi branding yang kuat, tentukan nilai produk yang ditawarkan, identifikasi keunggulan dan kelemahan bisnis, hingga menyusun rencana marketing. 

  1. Pahami peta persaingan saat ini

Aktivitas bisnis pasti melibatkan persaingan. Meski begitu, hindari melihat kompetitor sebagai hambatan. Sebaliknya, Anda justru perlu mengenali kompetitor agar bisa mengetahui kelebihan dan kelemahan mereka. 

Dari situlah Anda dapat memahami peta persaingan di bidang bisnis yang Anda jalankan, sehingga nantinya bisa menawarkan sesuatu yang tidak dimiliki kompetitor. Hal ini dapat membuat bisnis Anda unggul di tengah peta persaingan, sehingga lebih mudah menarik perhatian target pelanggan. Alhasil, peluang untuk melakukan penjualan juga lebih besar.

  1. Tentukan lokasi yang strategis

Tips satu ini penting bagi Anda yang berencana menjual produk secara offline, misalnya makanan atau jasa percetakan. Dengan lokasi yang strategis, bisnis Anda akan lebih mudah menarik dan menjangkau pelanggan. Pastikan saja pemilihan lokasi sudah sesuai dengan target pelanggan Anda. Misalnya, Anda bisa membuka jasa percetakan di daerah kampus atau warung makanan rumahan di sekitar perkantoran.

  1. Cari sumber pendanaan

Apa pun ide bisnis 2024 yang Anda pilih, pasti akan membutuhkan modal. Jadi, jangan lupa memikirkan sumber dana saat merencanakan bisnis. Selain memakai tabungan pribadi, beberapa opsi lain yang dapat Anda pertimbangkan sebagai sumber pendanaan adalah pinjaman bank, peer-to-peer lending, angel investor, dan venture capital. Identifikasi plus dan minus dari tiap opsi tersebut untuk menentukan sumber pendanaan terbaik yang sesuai kebutuhan dan tujuan bisnis.

Baca juga: Cara Mendapatkan Modal Usaha yang Belum Banyak Diketahui

  1. Buat strategi operasional dan pemasaran yang mendetail

Sebaik apapun kualitas produk dan layanan yang bisnis Anda miliki, hal tersebut akan percuma jika tidak ada orang yang membeli atau menggunakan jasa. Oleh sebab itu, susunlah strategi pemasaran secara detail untuk mempromosikan bisnis Anda. Sesuaikan strategi tersebut dengan target audiens supaya tepat sasaran. Misalnya, Anda bisa melakukan promosi di Instagram dan TikTok apabila target audiens Anda adalah kelompok milenial dan Gen Z.

Tak kalah penting, Anda juga perlu membuat strategi operasional bisnis atau bagaimana bisnis tersebut akan dijalankan. Anda bisa mulai dengan menentukan tujuan, kemudian optimalkan sumber daya yang tersedia untuk mencapai tujuan tersebut: mulai dari tenaga kerja, teknologi, uang, hingga waktu.

  1. Bangun hubungan dengan banyak orang

Perkuat langkah awal bisnis Anda dengan melakukan networking. Jalinlah hubungan baik dengan sesama pemilik bisnis, mentor, investor, vendor, dan pihak lain. Anda bisa bergabung dengan komunitas setempat atau menghadiri berbagai event bisnis untuk menjalin networking. Dengan networking yang luas, Anda dapat saling berbagi pengalaman, dukungan, bimbingan, hingga mengeksplor peluang bisnis. 

  1. Rekrut karyawan yang tepat

Pada masa awal mendirikan bisnis, mungkin Anda masih melakukan segala sesuatunya sendiri. Namun, seiring berkembangnya bisnis dan semakin banyaknya hal yang harus diurus, Anda pasti akan butuh karyawan untuk membantu Anda. 

Saat masa itu tiba, rekrutlah karyawan yang kompeten dan punya kesamaan nilai. Ciptakan lingkungan kerja yang supportive, berikan training serta gaji yang sesuai agar mereka termotivasi untuk selalu memberikan kontribusi kerja terbaik.

Cara Mengembangkan Bisnis agar Sukses

Setelah berhasil mewujudkan ide bisnis 2024 yang Anda pilih, jangan merasa cepat puas. Anda masih harus memutar otak agar bisnis terus berkembang secara berkelanjutan. Banyak cara yang bisa Anda lakukan, berikut beberapa di antaranya:

  • Lakukan diversifikasi bisnis secara berkala

Pernah mendengar kalimat “don’t put all your eggs in one basket”? Ungkapan tersebut umumnya merujuk pada kegiatan investasi, tapi bisa juga berlaku pada dunia bisnis. Maksudnya, Anda disarankan untuk melakukan diversifikasi bisnis secara berkala. Hindari menggantungkan nasib bisnis pada satu aspek saja.

Misalnya, Anda bisa memperbanyak jenis produk dan memperluas target pelanggan. Tujuannya untuk meminimalisir risiko ketidakpuasan konsumen terhadap produk Anda. Apabila Anda menjual satu jenis produk kepada target pelanggan tertentu, dan ternyata mereka tidak puas dengan produk tersebut, mereka tentu akan beralih ke produk lain hingga membuat Anda kehilangan pelanggan.

Namun, jika Anda punya produk lain dengan target pelanggan berbeda dan beragam, bisnis Anda masih bisa mengandalkan penjualan dari alternatif produk tersebut. Dengan kata lain, diversifikasi dapat membantu Anda mengembangkan bisnis secara jangka panjang.

  • Evaluasi manajemen operasional dan keuangan

Setelah bisnis berjalan selama beberapa waktu, lakukan evaluasi terhadap manajemen operasional dan keuangan. Terkait operasional, identifikasilah pemanfaatan sumber daya selama ini: apakah efektif dan hasilnya sudah mencapai target?

Jika belum, lakukan analisis lebih lanjut untuk mencari tahu aspek apa yang perlu diperbaiki maupun dipertahankan. Tak kalah penting, tinjau kembali laporan keuangan bisnis Anda. Pelajari angka-angka di dalamnya untuk mengetahui kondisi finansial bisnis. Jadi, apabila angkanya belum sesuai target, Anda bisa segera mengambil tindakan.

Baca juga: 5 Tips Mengelola Operasional Bisnis Anda secara Efisien

  • Jaga hubungan baik dengan mitra bisnis

Sudah berhasil membangun networking saat mulai menjalankan ide bisnis 2024? Good job! Selanjutnya, Anda tetap perlu menjaga hubungan baik dengan seluruh mitra bisnis, baik pelanggan, klien, vendor, distributor, supplier, dan lainnya. 

Banyak cara yang bisa Anda lakukan, misalnya dengan memberikan produk dan layanan terbaik kepada pelanggan, selalu membayar invoice dari supplier dengan tepat waktu, atau mengirimkan hampers kepada klien saat momen hari raya. Dengan hubungan yang baik, Anda telah menciptakan pengalaman positif bagi mitra bisnis sehingga mereka tidak akan ragu untuk terus melanjutkan kerja sama dengan Anda.

  • Promosikan bisnis dengan kreatif

Jangkau lebih banyak pelanggan dengan melakukan promosi secara kreatif. Tidak harus butuh budget yang besar, Anda bisa memanfaatkan platform media sosial seperti Instagram, X, dan TikTok. Cari tahu tren yang sedang populer di kalangan target audiens Anda. Apabila tren tersebut masih sejalan dengan bidang bisnis Anda, buatlah konten promosi yang berhubungan dengan tren terkini. Hal ini tidak hanya menguji kreativitas, tapi juga membuat bisnis Anda dikenal up-to-date.

Manfaatkan fitur-fitur media sosial seoptimal mungkin. Kombinasikan berbagai jenis konten supaya target audiens tidak bosan: mulai dari foto feed, Instagram Reels, Instagram Stories, tulisan lucu di X, hingga video TikTok. Lakukan brainstorming dengan tim untuk membuat konten interaktif yang memancing engagement audiens.

Baca juga: Tips Menggunakan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi bagi Bisnis Anda

  • Gunakan solusi berbasis digital

Pada masa awal berdirinya bisnis, mungkin Anda masih melakukan segala sesuatu secara manual. Namun, pertimbangkan solusi berbasis digital saat bisnis semakin berkembang, terutama jika Anda sudah punya banyak karyawan. Bagaimana pun juga, merekalah yang membantu Anda menjalankan operasional bisnis. Jadi, sudah seharusnya mereka mendapatkan treatment yang baik.

Anda bisa melakukan hal tersebut dengan bantuan teknologi seperti solusi Manajemen Karyawan dari Moka POS. Melalui platform digital satu ini, Anda bisa memantau kinerja seluruh karyawan, bahkan jika mereka bekerja di outlet yang berbeda. Berdasarkan hasil kerja, Anda juga dapat memberikan penilaian secara adil dan jujur melalui Moka POS.

Tak hanya itu, Moka POS sudah dilengkapi pula dengan fitur untuk mengidentifikasi karyawan pada tiap jadwal shift kerja, sehingga tersedia pertanggungjawaban yang akurat. Masih banyak lagi manfaat penggunaan Moka POS yang menguntungkan bisnis Anda. Klik di sini untuk informasi selengkapnya!

Jadi, ide bisnis 2024 mana yang akan Anda geluti? Apapun pilihannya, pastikan Anda memulai bisnis dengan perencanaan yang kuat. Kemudian, kembangkan secara berkelanjutan dengan menerapkan cara-cara di atas, termasuk menggunakan solusi berbasis digital seperti Moka POS. Buktikan sendiri kemudahan menjalankan bisnis bersama Moka POS dengan menjadwalkan demo gratis sekarang juga!

Social Media Share :