Moka Logo
Cara Mendapatkan Modal Usaha yang Belum Banyak Diketahui

Info Produk

Cara Mendapatkan Modal Usaha yang Belum Banyak Diketahui

8 min
YovitaYovita

Bagaimana cara mendapatkan modal usaha? Menjadi pengusaha tak bisa semata-mata langsung melakukan penjualan dan bertransaksi begitu saja. Perlu ada strategi tentang apa yang dijual dan bagaimana awal mula mendapatkannya. Salah satu unsur paling penting yang harus dicari adalah modal usaha.

Bahkan banyak pebisnis pemula mencari cara mendapatkan modal usaha sebelum bisa mengeksekusi ide bisnis yang mereka miliki. Namun, sebelum membahas modal usaha, pahami lebih dahulu hal-hal yang harus dipersiapkan.


Hal-hal yang Harus Dipersiapkan sebelum Memulai Usaha

Banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum memulai usaha. Anda harus sudah memiliki rancangan bisnis secara detail. Strategi hingga ide produk yang akan dijual memang menjadi komponen pertama yang perlu dipersiapkan untuk memulai usaha. Namun, ide saja tentu tidak cukup. Anda juga perlu mempersiapkan yang namanya modal usaha.

Masalahnya, tidak bisa dimungkiri bahwa mendapatkan modal usaha cukuplah sulit mengingat jumlahnya yang kerap kali besar. Beberapa dari Anda bahkan sampai terpikir untuk memulai usaha tanpa modal. Namun, apakah hal ini mungkin dilakukan?

Baca juga: Negosiasi adalah Skill Wajib Pengusaha, Ini 3 Manfaatnya!


Cara Memulai Usaha Tanpa Modal

Bakmi CWIMS Mudahnya Kembangkan Bisnis Makanan dengan Teknologi Digital (4) - cara mendapatkan modal usaha

Banyak orang mengira bahwa membangun usaha harus memiliki modal dalam jumlah yang besar. Namun, sekarang ini tak ada yang tak mungkin. Memulai usaha tanpa modal nyatanya tetap bisa dilakukan. Modal usaha pada dasarnya digunakan untuk mengembangkan bisnis dan mengeksekusi seluruh ide yang ada. Namun, jika memang Anda sebagai pemula belum memiliki modal, coba lakukan langkah-langkah berikut sebelum memulai bisnis. 

1. Coba cari peluang

Cobalah lakukan pengamatan untuk mencari peluang yang ada. Di zaman sekarang ini, pasar sudah berkembang sangat pesat. Berbagai bentuk kegiatan bisa dijadikan bisnis. Ada banyak peluang bisnis dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal, seperti dropshipper. Bisnis tersebut tak memerlukan modal banyak karena Anda tidak membutuhkan toko fisik. Bahkan, Anda hanya memerlukan handphone atau laptop untuk bekerja sebagai dropshipper. 

Ide bisnis lainnya yang memerlukan modal minimum adalah freelance editor. Anda hanya perlu menggunakan laptop yang sudah dimiliki sebelumnya, lalu bisa memanfaatkan berbagai aplikasi yang disediakan gratis dan legal di internet. Di sisi lain, freelance designer juga bisa menggunakan aplikasi Canva yang gratis untuk siapa saja. Tentunya masih ada tipe bisnis lain yang bisa dibangun dan berpotensi mendatangkan cuan berlimpah meski tanpa modal yang banyak.

2. Buat rencana bisnis

Pastikan Anda selalu membuat rencana bisnis secara detail sebelum memulai usaha. Selain mencari cara mendapatkan modal usaha, Anda juga harus mematangkan rencana dan strateginya. Tentukan bisnis seperti apa yang akan Anda jalani. Pahami seluruh product knowledge dari bisnis incaran Anda, lalu cari tahu peluang dari bisnis tersebut di pasaran; apakah usaha yang Anda bangun menjawab permasalahan masyarakat atau tidak.

Setelah itu, pastikan Anda sudah memahami pasar yang diincar. Cari tahu juga apakah bisnis tersebut memiliki risiko yang besar atau tidak. Semakin besar risikonya, biasanya akan semakin besar pula keuntungannya, namun tetap harus hati-hati dalam membangun strategi jika ingin mengambil langkah tersebut. Jika semua sudah terencanakan dengan baik, maka bisnis akan berjalan dengan lebih mudah.

3. Kumpulkan aset

Memulai usaha tanpa modal bukan berarti benar-benar tidak mempersiapkan diri. Mulailah untuk mengumpulkan aset yang Anda miliki selama ini. Pastikan aset tersebut bernilai di pasaran dan tidak mengganggu aktivitas hidup Anda jika nantinya sudah dijual atau digadaikan.

Coba hitunglah simpanan yang Anda miliki, lalu hitung seluruh nilainya. Pastikan jumlahnya mencukupi untuk memulai usaha. Tak hanya itu, pastikan pula dana yang ada juga bisa digunakan ketika bisnis yang Anda jalankan mengalami penurunan atau mendapatkan kejadian tak terduga. Selain itu, masih banyak cara mendapatkan modal usaha lainnya yang bisa Anda praktikkan. 

Baca juga: 8 Tips Meningkatkan Usaha Kuliner yang Dilakukan Wirausaha


11 Cara Mendapatkan Modal Usaha bagi Pemula

Peluang bisnis online 1 - cara mendapatkan modal usaha

Meski usaha bisa dimulai tanpa menggunakan modal, tetap saja modal usaha merupakan unsur penting yang memengaruhi siklus bisnis Anda. Modal yang terbatas akan membuat inovasi bisnis Anda menjadi terbatas juga. Sedangkan, modal yang besar akan membuat Anda bisa lebih bebas berinovasi dan mengeksekusi seluruh ide yang ada tanpa ketakutan.

Sebagai pemula, jangan bingung, berikut 11 cara mendapatkan modal usaha yang bisa Anda praktikkan langsung.

1. Manfaatkan tabungan pribadi

Salah satu cara mendapatkan modal usaha yang paling mudah adalah menggunakan tabungan pribadi. Sebelumnya, Anda harus sudah memiliki rencana bisnis secara detail. Dalam rencana tersebut, harus sudah ada anggaran dana yang dibutuhkan untuk membangun usaha impian Anda. Dalam hal ini, hal-hal yang harus dicantumkan secara detail adalah dana operasional, pembelian alat, perlengkapan, sewa tempat jika membutuhkan, kemudian dana untuk menggaji karyawan. 

Setelah semua hal tersebut tercapai, barulah Anda mulai mengecek tabungan pribadi yang sudah dimiliki. Penggunaan tabungan pribadi ini memberikan keuntungan yang cukup baik, yaitu menghindarkan Anda dari risiko utang. Pinjaman modal usaha akan membuat Anda harus membayar angsuran tiap bulannya yang dipotong dari keuntungan bisnis. 

Namun, jika menggunakan tabungan, Anda perlu menyesuaikan dana yang ada dengan ide yang sudah dibuat. Jika dana yang dimiliki terbatas, maka batasi pula eksekusi awal saat memulai usaha. Menggunakan tabungan juga membuat Anda tidak kerepotan untuk mondar-mandir mencari pinjaman modal ke berbagai pihak. Jadi, cara ini cukup mudah dilakukan bagi Anda yang sudah mempersiapkan tabungan.

2. Cara mendapatkan modal usaha dengan hitung aset yang ada

Jika Anda tidak memiliki tabungan yang cukup, manfaatkanlah aset yang dimiliki sebaik-baiknya. Cermati barang-barang yang Anda miliki, apakah ada yang bisa diuangkan untuk kemudian jadi modal usaha. Barang-barang seperti emas, saham, obligasi, hingga tanah bisa dihitung sebagai aset. 

Nilainya yang besar membuat Anda lebih mudah mendapatkan tambahan modal usaha dalam jumlah besar pula. Jangan lupa kendaraan seperti mobil atau motor bisa juga dihitung sebagai aset untuk digunakan. Namun, pastikan kendaraan tersebut bukan kendaraan operasional untuk berkegiatan sehari-hari. Pasalnya, Anda tetap butuh kendaraan untuk melaju ke beberapa tempat yang berhubungan dengan bisnis nantinya.

Aset-aset ini bisa dijual agar Anda mendapatkan modal yang cukup untuk mengeksekusi bisnis yang sudah direncanakan. Memang mungkin terasa berat melepaskan benda-benda tersebut, namun jika bisnis sudah berjalan lancar, aset-aset itu bisa dibeli lagi dengan keuntungan yang sudah didapat.

3. Menggadaikan aset

Cara mendapatkan modal usaha lainnya adalah dengan menggadaikan aset yang Anda miliki. Cara ini bisa jadi pilihan bagi Anda yang masih ragu dan sayang untuk menjual aset-aset yang dimiliki. Aset yang digadaikan masih menjadi hak Anda selama pembayaran angsurannya tepat waktu. Menggadaikan aset sama saja dengan meminta pinjaman. Artinya, pastikan Anda mengambil pinjaman secara efektif dan jangan berlebihan. 

Hitung aset yang layak digadaikan, lalu bawa ke institusi pegadaian untuk bisa mendapatkan uang modal usaha. Gunakanlah pinjaman modal usaha tersebut sebaik mungkin. Aset kesayangan Anda bisa langsung ditebus setelah nanti mendapatkan keuntungan dari bisnis yang dijalankan. Jangan sampai tidak membayar angsuran dari barang yang Anda gadaikan, ya. Jika tidak dibayarkan, aset kesayangan Anda bisa-bisa malah tak bisa dibawa pulang lagi.

4. Meminjam dari orang terdekat

Tak memerlukan banyak syarat, meminjam modal usaha dari orang terdekat seperti teman atau keluarga bisa jadi plihan. Anda tidak akan kerepotan untuk menyiapkan berkas penting ketika melakukan pinjaman ke orang terdekat. Namun, cara satu ini memiliki risiko yang cukup tinggi, yaitu terkait relasi dengan orang terdekat. Pastikan Anda mengambil pinjaman secara cukup dan tidak berlebihan sehingga pembayaran angsurannya pun bisa dilakukan dengan lancar tanpa memberatkan keuangan. 

Jika telat atau tak bisa membayar pinjaman tersebut, hubungan dengan orang terdekat Anda bisa menjadi buruk. Karenanya, mintalah pinjaman ke orang terdekat dengan cara yang profesional. Buatlah perjanjian hitam di atas putih untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan nantinya. Pastikan pula kedua pihak saling menyetujui perjanjian tersebut.

5. Mengajukan pinjaman KTA

Cara yang satu ini juga tergolong mudah. Jika Anda tidak memiliki jaminan untuk meminta pinjaman modal usaha, gunakanlah pinjaman KTA. Kredit Tanpa Agunan atau KTA merupakan pinjaman tanpa adanya jaminan yang diserahkan ke pihak bank. Fasilitas ini disediakan di berbagai bank yang ada di sekitar Anda.

Berkas yang diperlukan pun biasanya hanya dokumen-dokumen umum terkait data pribadi Anda. Pinjaman ini memiliki risiko, yaitu bunga yang besar dan tenor cicilannya tergolong singkat. Namun, tetap saja KTA atau Kredit Tanpa Agunan menjadi salah satu solusi cepat untuk bisa mendapatkan modal usaha. Bahkan sekarang Kredit Tanpa Agunan bisa dilakukan secara online. Beberapa KTA online yang sudah dipercaya dan diawasi oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan adalah Koinworks dan Modalku. 

Koinworks dan Modalku bekerja sama dengan Moka Capital Partners siap memberikan bantuan pinjaman modal usaha untuk Anda para pebisnis yang ingin mewujudkan mimpi menjadi nyata. Semua pengusaha bisa mendaftar melalui back office Moka POS yang nantinya akan langsung diarahkan untuk mendapatkan pinjaman modal usaha dari dua fintech tersebut.

Persyaratan untuk mengajukan pinjaman modal usaha melalui Moka Capital Partners juga sangat mudah. Jadi, jangan bingung saat mencari modal usaha, manfaatkan Koinworks dan Modalku melalui Capital Partners untuk mengembangkan bisnis Anda.

Baca juga: Budget adalah Kunci Kelancaran Keuangan Bisnis, Mengapa?

6. Mengajukan pendanaan KSP

KSP adalah Koperasi Simpan Pinjam yang merupakan salah satu lembaga keuangan dengan dasar asas kekeluargaan dan gotong royong.  KSP sangat cocok bagi pemula yang sedang mencari modal usaha karena prosesnya relatif mudah. Belum lagi lokasinya yang ada di banyak tempat sehingga mudah dijangkau orang-orang.

Syarat utamanya adalah Anda harus menjadi anggota koperasi terlebih dahulu. Pasalnya, dana koperasi digunakan terbatas hanya untuk anggotanya. Tiap koperasi memberikan jumlah pinjaman, suku bunga, hingga tenor yang berbeda. Jadi, Cari tahu dulu koperasi yang paling cocok untuk Anda. Pastikan pula koperasi yang Anda pilih sudah terdaftar dan memiliki izin yang lengkap.

7. Mencari angel investor

Cara mendapatkan pinjaman modal usaha yang lainnya adalah dengan menemukan angel investor. Angel investor adalah seseorang dengan kekayaan cukup tinggi yang menjadi tonggak finansial sebuah startup atau pengusaha, dengan balasan beberapa persen kepemilikan perusahaan. 

Angel investor akan memberikan modal usaha atau pendanaan dengan jumlah tertentu untuk bisnis yang menarik bagi dirinya, agar perusahaan tersebut bisa melewati masa-masa sulit di awal mula berdiri. Bisnis Anda harus bisa menarik minat angel investor dan memiliki prospek cerah ke depannya supaya mendapatkan pendanaan dari sosok-sosok ini. Jadi, cara yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki ide bisnis unik dan inovatif.

8. Jajaki kemungkinan kolaborasi

kemitraan adalah - 4 - cara mendapatkan modal usaha

Jika masih kebingungan, cobalah membuka diri untuk kemungkinan berkolaborasi dengan orang lain dalam membangun bisnis Anda. Mendirikan usaha bersama atau joint venture artinya modal usaha yang bisa dipakai merupakan hasil dari patungan. Tanggungan modal usaha pun dapat dibagi bebannya ke beberapa pihak yang bergabung. 

Para pihak yang ikut menanamkan modal juga bisa menjalani tanggung jawab masing-masing dalam menjalankan perusahaan. Meski mendapatkan keuntungan yang lebih sedikit, beban kerja yang Anda panggul akan lebih ringan karena semua dikerjakan secara bersama. Namun, jangan lupa untuk membuat perjanjian tertulis dulu agar apa yang terjadi ke depannya tidak berakhir buruk. Pastikan semua pihak dilibatkan saat membuat perjanjian. Seluruh perjanjian juga harus saling menguntungkan semua pihak.

9. Coba cari program dana hibah

Bagi pemula, program dana hibah ini akan sangat memudahkan dalam proses pencarian modal usaha. Dana hibah biasanya muncul dalam sebuah kompetisi bisnis. Penyelenggaranya bisa bermacam-macam, mulai dari instansi pemerintah, perusahaan BUMN, hingga yayasan tertentu. 

Namun, yang paling sering membuka program dana hibah adalah instansi pemerintah. Selain dengan mengikuti kompetisi bisnis, dana hibah juga bisa didapatkan dengan cara mengirimkan proposal usaha ke lembaga yang bersangkutan. Jadi, pastikan proposal usaha Anda sudah sangat lengkap, rinci, inovatif, dan menarik.

10. Mengajukan pendanaan KMK

KMK atau Kredit Modal Kerja merupakan salah satu cara mendapatkan pinjaman modal usaha. KMK nyatanya merupakan program pemerintah untuk membantu para pengusaha dalam membangun bisnis yang mereka buat. Cara mendapatkan modal usaha satu ini sangat bermanfaat untuk membeli kebutuhan operasional usaha atau membayar utang dagang. 

KMK hanya bisa dilakukan dengan menggunakan rekening koran. Jadi, penarikan dan pelunasan kredit bisa dilakukan dengan media tersebut. Sayangnya, KMK hanya bisa diberikan ke usaha yang sudah berjalan selama kurang lebih satu tahun. Usaha Anda juga harus sudah memiliki izin lengkap jika ingin mendapatkan fasilitas ini. Kredit Modal Kerja bisa didapatkan di bank-bank terdekat, terutama Bank Himbara.

11. Manfaatkan platform crowdfunding

Anda bisa mendapatkan modal usaha dengan cara memanfaatkan platform crowdfunding. Metode ini pada dasarnya adalah menarik hati investor yang mau memberikan modal ke bisnis Anda, namun secara online. Anda cukup menjabarkan dengan jelas dan menarik ide usaha yang akan dibangun. Seluruh poin di proposal usaha harus dijabarkan dengan lengkap, termasuk rincian modal usaha yang dibutuhkan.

Setelah semuanya sudah tertata rapi, kemudian proposal tersebut diajukan melalui website crowdfunding. Salah satu website crowdfunding di Indonesia adalah Kitabisa.com. Sudah banyak penggalangan dana yang ditujukan untuk membangun suatu usaha. Salah satunya bahkan dilakukan oleh B.J. Habibie yang kala itu membuka donasi untuk pembuatan dan pengembangan bisnis pesawat R80.


Itu dia berbagai cara mendapatkan modal usaha untuk mendukung pendirian dan pengembangan bisnis Anda. Memang di zaman sekarang ini pinjaman modal usaha tanpa jaminan sudah sangat mudah didapatkan. Anda bisa mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa jaminan ini melalui Moka Capital.

Moka Capital adalah platform yang membantu para pelaku usaha, termasuk UMKM, dalam mendapatkan pendanaan. Bekerja sama dengan lender finansial yang telah mengantongi izin dari OJK, Moka Capital memberikan pinjaman modal usaha dan pendanaan untuk berbagai kebutuhan bisnis Anda. Wujudkan bisnis impian Anda bersama Moka Capital dan buat usaha Anda terus bertumbuh menuju kesuksesan!

aplikasi kasir canggih

Social Media Share :
Yovita

Yovita

Penulis di Blog Moka.