Moka Logo
Cara Membuat Instagram Shopping untuk Tingkatkan Penjualan

Tips Bisnis

Cara Membuat Instagram Shopping untuk Tingkatkan Penjualan

3 min
YovitaYovita

Bagaimana cara membuat Instagram Shopping? Instagram adalah salah satu media sosial populer saat ini dengan pengguna lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia. Dalam perspektif bisnis, hal ini tentu menjadi sebuah keuntungan.

Banyaknya pengguna Instagram menunjukkan bahwa media sosial tersebut bisa menjangkau berbagai kalangan. Melakukan promosi di Instagram akan membuat bisnis online Anda lebih mudah dijangkau oleh calon konsumen.

Baru-baru ini muncul Instagram Shopping, rangkaian fitur yang dapat dimanfaatkan oleh para pemilik bisnis untuk menjual produknya. Cara membuatnya pun mudah dan tidak membutuhkan biaya. Simak caranya berikut ini!


Apa itu Instagram Shopping?

Cara membuat instagram shopping 1 - cara membuat instagram shopping

Instagram Shopping adalah rangkaian fitur yang hadir untuk memudahkan penjualan produk kepada calon pelanggan. Lewat fitur ini, brand dapat membagikan produk unggulan melalui postingan di Feed, Stories, hingga kampanye iklan mereka. Rangkaian fitur ini juga membuat produk dapat ditemukan dengan mudah di Search & Explore, sehingga konsumen bisa langsung berbelanja saat mereka menemukan produk incaran.

Baca Juga: 10 Cara Menambah Followers Instagram Bisnis Anda


Apa Saja Fitur-Fitur Instagram Shopping?

Melalui fitur ini, Anda dapat membuat Post maupun Story yang dilengkapi dengan tag nama dan harga produk. Anda juga bisa memanfaatkan fitur ini untuk membuat katalog produk mini. Tag yang sudah Anda buat bisa diarahkan ke halaman detail produk atau website Anda.

Fitur lain yang ditawarkan adalah Shopping Ads. Ini merupakan sebuah fitur untuk membuat iklan digital dengan jangkauan audiens yang luas. Cara lain untuk berpromosinya adalah melalui Live Shopping. Lewat fitur ini, Anda dapat mempromosikan produk via Instagram Live. Audiens yang menonton pun bisa langsung melakukan pembelian jika mereka tertarik.


Kenapa Bisnis Online Anda Harus Punya Instagram Shopping?

Instagram Reels untuk Bisnis - membuat konten - cara membuat instagram shopping

Sebagai sebuah fitur baru, Instagram Shopping mungkin belum sepopuler e-commerce. Meski begitu, fitur ini memiliki beberapa keunggulan yang akan membantu bisnis online Anda, di antaranya:

1. Menjangkau lebih banyak pelanggan

Fitur ini merupakan bagian dari Instagram. Itu artinya, Anda bisa menawarkan produk kepada seluruh pengguna Instagram, baik dari dalam maupun luar negeri. Brand Anda pun bisa menjangkau lebih banyak calon pelanggan.

2. Produk Anda bisa lebih mudah ditemukan

Dengan fitur Search & Explore, produk dan brand Anda bisa dengan mudah ditemukan melalui tab Explore Instagram. Anda bahkan bisa membuat katalog online yang memudahkan calon konsumen mengenal produk incaran mereka.

3. Meningkatkan kunjungan ke website toko online Anda

Fitur Tag yang ada di Instagram Shopping bisa Anda manfaatkan untuk mengarahkan konsumen ke website toko online Anda. Dengan kata lain, Instagram Shopping dapat meningkatkan traffic website bisnis Anda. Namun, bagaimana jika Anda belum memiliki website?

Tak perlu khawatir, kini Anda bisa buat website toko online dengan mudah menggunakan GoStore. Website toko online dari GoStore dapat terhubung dengan ragam metode pengiriman dan pembayaran yang terintegrasi secara otomatis. Selain itu, Anda juga bisa dengan mudah memantau segalanya, mulai dari stok barang hingga laporan penjualan harian!

Baca Juga: Tips Optimasi SEO Website, SEO Facebook, dan SEO Instagram


Bagaimana Cara Membuat Instagram Shopping?

Sebelum membahas cara membuat Instagram Shopping, pastikan terlebih dulu bahwa bisnis yang anda jalankan sesuai dengan ketentuan dari Facebook. Jika bisnis Anda telah memenuhi persyaratan, ikuti cara membuatnya berikut ini:

  1. Ubah akun Instagram menjadi Business Profile.
  2. Hubungkan akun dengan Facebook Page milik bisnis Anda. Jika belum memilikinya, klik “Create a New Facebook Page”.
  3. Unggah katalog produk. Agar lebih mudah dan cepat, Anda bisa menggunakan Facebook Business Manager.
  4. Selanjutnya, Anda bisa langsung mengajukan permohonan untuk membuka toko. Masuk ke menu Settings dan pilih opsi Sign up for Shopping. Jika pengajuan berhasil, Anda akan mendapat notifikasi “Start Tagging Products on Instagram”.
  5. Kemudian, aktifkan Instagram Shopping dengan masuk ke menu Settings, lalu klik Business dan pilih opsi Shopping.
  6. Terakhir, Anda bisa mulai mengunggah konten yang dilengkapi dengan tag keterangan produk untuk memudahkan calon pembeli.

Baca Juga: Instagram Reels untuk Bisnis: Cara Menggunakan & Tips Konten Menarik


Ternyata, cara membuat Instagram Shopping tidak terlalu susah, ya? Selain mudah, Instagram Shopping juga menawarkan berbagai keuntungan seperti jangkauan yang luas dan beragam fitur yang memudahkan operasional bisnis Anda. Agar kinerja toko Anda optimal, jangan lupa hubungkan dengan website Anda. Jika belum memiliki website sendiri, manfaatkan GoStore untuk buat website toko online yang prosesnya mudah dan fiturnya lengkap!

Social Media Share :
Yovita

Yovita

Penulis di Blog Moka.