Moka Logo
Customer Loyalty: Definisi, Manfaat, Indikator, dan Cara Membangunnya!

Tips Bisnis

Customer Loyalty: Definisi, Manfaat, Indikator, dan Cara Membangunnya!

3 min

by

Minimnya customer loyalty akan membuat bisnis Anda lebih berisiko gagal di tengah persaingan pasar dan fluktuasi kondisi ekonomi. Pasalnya, Anda tidak akan memiliki sumber pemasukan stabil kalau Anda lebih mengutamakan pelanggan baru yang bisa saja berpindah ke brand lain. Namun, bagaimana cara membangunnya agar Anda punya lebih banyak pelanggan setia? Anda bisa mempelajarinya melalui artikel ini!

Apa Itu Customer Loyalty?

Customer loyalty atau kesetiaan pelanggan adalah keinginan seorang konsumen untuk terus memilih produk dan jasa dari brand Anda apapun yang terjadi. Apalagi, ketika ada brand lain yang menawarkan barang atau layanan serupa dengan harga lebih terjangkau melalui promosi gencar-gencaran. Sebab, brand Anda sudah langsung ada di pikiran mereka saat membayangkan konsep atau produk tertentu.

Manfaat Customer Loyalty untuk Bisnis

Tingginya customer loyalty akan sangat menguntungkan kesehatan finansial dan reputasi bisnis untuk jangka panjang. Untuk penjelasan selengkapnya, simak daftar di bawah ini:

1. Menjamin pemasukan bisnis

Pelanggan yang setia dengan brand tertentu akan konsisten memilih produk dari merek tersebut. Dengan demikian, Anda akan tetap bisa memperoleh pemasukan untuk terus berkembang, bahkan di tengah kondisi pasar yang tidak stabil seperti saat Covid-19 lalu atau munculnya kompetitor baru.

2. Menghemat biaya akuisisi pembeli

Jika ditotal, biaya rata-rata untuk mendapatkan seorang pelanggan baru relatif lebih mahal daripada ketika Anda mempertahankan pelanggan setia. Apalagi, kemungkinan konsumen baru memilih produk Anda lebih sedikit dibandingkan pembeli yang sudah lama mengenal bisnis Anda. Jadi, dengan customer loyalty, Anda bisa menghemat budget untuk pemasaran.

Baca juga: Tujuan Promosi bagi Pebisnis, Pahami Sebelum Jalankan Strategi

Indikator Utama Customer Loyalty

Bagaimanakah Anda bisa mengetahui apakah customer loyalty untuk brand Anda sudah cukup bagus atau belum? Gampangnya, Anda bisa mengukur ketiga indikator berikut:

  • Repeat order: Seberapa banyak pelanggan yang berulang kali membeli barang atau jasa dari bisnis Anda;
  • Sentimen terhadap brand: Komentar positif tentang brand Anda di berbagai media;
  • Word of mouth: Seberapa banyak konsumen yang merekomendasikan brand Anda secara lisan.

Baca juga: 4 Cara Ampuh Pertahankan Pelanggan Setia Anda

Cara Membangun Customer Loyalty

Sudah mengetahui kegunaan customer loyalty untuk menunjang bisnis? Sekarang, Anda bisa mencoba keempat tips berikut untuk meningkatkannya agar sukses!

1. Kenali pelanggan sebaik mungkin

Untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, Anda harus mengenal seluk-beluk mereka dulu. Mulailah dengan mengetahui apa saja yang mereka cari dari sebuah brand, lalu terapkan strategi berdasarkan informasi tersebut. Misalnya, Anda bisa menawarkan rekomendasi produk yang lebih personal sesuai kebutuhan mereka.

Baca juga: Mengapa Customer Database Penting untuk Loyalty Program Usaha Anda?

2. Tawarkan layanan dan produk berkualitas

Promosi saja tak cukup untuk meningkatkan customer loyalty. Justru, Anda harus mulai dengan langkah yang lebih mendasar dulu: meningkatkan kualitas barang dan jasa hingga konsisten. Sebab, konsistensi kualitas yang baik menunjukkan bahwa Anda sudah berusaha keras untuk memuaskan pelanggan, sehingga mereka akan lebih memilih brand Anda.

3. Hadirkan program apresiasi pelanggan

Untuk mempertahankan customer loyalty, jangan lupa mengapresiasi pelanggan Anda dari waktu ke waktu dengan promosi eksklusif. Contohnya, Anda bisa mengirimkan kode promo khusus dan ucapan spesial pada bulan kelahiran pembeli. Atau, Anda juga dapat menerbitkan loyalty card yang bisa ditukarkan dengan barang gratis setelah beberapa kali berbelanja.

4. Dorong pelanggan untuk memberikan feedback

Salah satu kunci untuk membangun kesetiaan pelanggan adalah dengan melibatkan mereka secara langsung. Cara yang paling sederhana, Anda bisa mendorong mereka untuk memberikan kritik dan saran di setiap tahap pembelian, lalu menerapkannya. Tindakan ini akan membuktikan bahwa Anda memang serius menghargai masukan setiap pelanggan.

Membangun customer loyalty di zaman sekarang sudah lebih praktis karena sudah ada teknologi yang akan membantu Anda mengakses data riwayat belanja dan preferensi pelanggan kapan saja. Pastikan Anda memiliki platform yang lengkap dan mudah digunakan seperti fitur Manajemen Pelanggan dari Moka POS! 

Dengan teknologi ini, Anda bisa melacak semua masukan dari pelanggan dan merancang promosi serta program loyalty dengan mudah berdasarkan semua informasi tersebut. Menarik, kan? Kabar gembiranya, Anda bisa mencobanya sekarang melalui demo gratis, lho! Yuk, daftarkan diri Anda di sini!

Social Media Share :