Moka Logo
4 Cara Ampuh  Pertahankan Pelanggan Setia Anda

Tips Bisnis

4 Cara Ampuh  Pertahankan Pelanggan Setia Anda

2 min
GradyGrady

Ketika toko Anda dikunjungi oleh pelanggan baru memang hal yang baik, tetapi justru pelanggan lama Anda yang memberikan Anda keuntungan lebih besar. Pada kenyataannya, pelanggan lama Anda mengeluarkan uang 67% lebih banyak dibandingkan dengan pelanggan baru. Bisa dibayangkan bahwa pelanggan setia Anda menghabiskan kira-kira hingga 10 kali lipat lebih banyak dibandingkan mereka yang baru pertama kali mengunjungi toko Anda. Jadi sangatlah penting untuk mengetahui bagaimana pelanggan loyal Anda tetap kembali untuk melakukan transaksi bersama Anda.

Tidak dapat mengukur berapa banyak pelanggan setia Anda? Dengan Moka, Anda dapat mengakses semua data pelanggan Anda. Anda hanya perlu mengunjungi backoffice Moka untuk mengetahui semua database pelanggan Anda. Anda hanya perlu memastikan bahwa setiap pembeli yang datang ketempat Anda mengisi data diri mereka yang diperlukan untuk mengirimkan bon digital melalui email.

 

1. Lengkapi Data Anda

Data adalah pengetahuan Anda mengenai usaha yang Anda jalani. Dengan fitur Customer Engagement dari Moka, Anda dapat mengetahui seberapa sering customer Anda datang ketempat Anda, barang apa yang biasa mereka beli, hingga berapa banyak yang sudah mereka habiskan di toko Anda. Informasi seperti ini dapat membuat Anda memikirkan strategi apa yang tepat untuk mempertahankan pelanggan setia Anda dan juga bagaimana Anda menjalankan usaha hingga mendatangkan pelanggan baru.

 

2. Mengirimkan Email Marketing

Sekarang Anda sudah memiliki data pelanggan Anda, saatnya Anda memanfaatkan semua data tersebut untuk melakukan strategi marketing yang tepat. Email yang Anda dapatkan dari para pelanggan tidak hanya untuk mengirim bon secara digital menggunakan email, tetapi dapat Anda gunakan untuk mengirimkan email marketing demi meningkatkan hubungan Anda dengan para pelanggan Anda. Semua data pelanggan Anda dapat anda export ke dalam bentuk .csv atau Microsoft Excel yang memudahkan Anda untuk melihat semua data nya secara offline. Email marketing berguna untuk memberitahu informasi terbaru mengenai usaha Anda, seperti promosi yang sedang berlangsung atau pembukaan cabang baru. Selain mudah digunakan, email marketing juga dapat diukur keefektivitasannya secara langsung.

 

3. Mengetahui Tanggapan Pelanggan Anda

Agar selalu berkembang dalam usaha, Anda perlu mengetahui tanggapan dari para pelanggan Anda mengenai jasa atau produk yang Anda tawarkan. Disinilah feedback dari para pelanggan Anda dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas dari apa yang Anda tawarkan. Customer dapat secara langsung mengirimkan pendapat mereka mengenai pengalaman bertransaksi bersama Anda langsung para bon yang dikirimkan secara digital melalui email. Dari sana Anda dapat secara langsung berinteraksi kepada para pelanggan sehingga terkesan lebih personal. Anda juga dapat langsung merespon untuk memberikan diskon pada kunjungan berikutnya. Semua nya dapat dilakukan melalui bon digital Moka

 

4. Menawarkan Program Loyalty

Cara lain untuk mendapatkan pelanggan setia Anda adalah dengan mengadakan program loyalty. Program ini di ciptakan untuk menarik para pelanggan Anda agar menjadi lebih dekat lagi dengan usaha Anda. Anda dapat menentukan sistem loyalty ini berdasarkan pengetahuan Anda mengenai para pelanggan Anda. Apabila Anda memiliki Coffeeshop, Anda dapat memberikan 1 gelas kopi secara gratis apabila pelanggan tersebut sudah membeli 10 gelas secara berkala sebelumnya. Bagi pemilik toko baju, Anda dapat memberikan potongan harga apabila pembelian mereka sudah mencapai nominal tertentu. Semua sistemnya dapat Anda tentukan sesuka Anda.

Pelanggan setia tidak hanya memegang peranan penting bagi penjualan Anda, tetapi mereka juga merupakan kunci penting dalam mengembangkan komunitas didalam usaha Anda. Semoga tips berikut berguna untuk usaha yang Anda jalankan.

Ada tips lain yang ingin Anda bagikan?

Silahkan tinggalkan komentar Anda pada kolom dibawah 🙂

Social Media Share :
Grady Laksmono

Grady Laksmono

Co-Founder of Moka.