Moka Logo
BRM Sales: Manfaat dan Cara Membangunnya untuk Pengusaha

Tips Bisnis

BRM Sales: Manfaat dan Cara Membangunnya untuk Pengusaha

3 min

by

Tanpa adanya pelanggan, dari manakah sebuah bisnis bisa mendapatkan pemasukan? Jika Anda kekurangan pelanggan setia, risiko kegagalan bisnis Anda pun juga lebih besar karena kurangnya pendapatan dan reputasi. Namun, tidak perlu khawatir karena Anda bisa meningkatkannya dengan manajemen hubungan yang tepat, yaitu melalui strategi BRM sales. Yuk, kita pelajari cara kerja selengkapnya di sini!

Apa Itu BRM Sales?

Sederhananya, BRM sales (Business Relationship Management) adalah strategi bisnis yang bertujuan mengidentifikasi dan meningkatkan penjualan, mulai dari tahap mengenali calon konsumen hingga distribusi barangnya. Selain itu, strategi BRM juga menitikberatkan manajemen internal bisnis seperti performa karyawan dan pencapaian KPI.

Fungsi BRM Sales

Menerapkan strategi BRM sales akan membawa banyak manfaat bagi kesuksesan bisnis Anda, contohnya sebagai berikut: 

1. Menjalin hubungan kerja sama yang baik

Karena tahapan penting BRM sales meliputi riset mendalam tentang calon pelanggan serta motivasi pegawai, strategi ini bisa membantu Anda membangun hubungan kerja sama yang baik dengan pembeli maupun personel bisnis. Jadi, Anda pun bisa mencapai target penjualan dengan lebih efektif.

Baca juga: Kemitraan adalah Kunci Sukses Usaha, ini Strateginya!

2. Mengevaluasi layanan bisnis saat ini

Melalui strategi BRM sales, Anda akan lebih mudah mengevaluasi seberapa bagus kualitas layanan dari bisnis Anda saat ini. Sebab, setelah pendistribusian barang atau jasa, Anda perlu mendapatkan penilaian dari pelanggan.

3. Menjembatani komunikasi pelanggan

Dengan BRM sales, pelanggan bisa menyampaikan kritik dan masukan mereka terhadap layanan serta produk Anda. Sementara itu, pegawai Anda pun akan lebih mampu merespons pelanggan dengan lebih baik karena Anda sudah menerapkan strategi untuk meningkatkan motivasi dan kinerja mereka. Pada akhirnya, kedua belah pihak pun akan sama-sama untung, dan kesetiaan pelanggan jadi meningkat.

Apa Itu CRM?

Bicara soal BRM sales, strategi ini tidak bisa lepas dari saudaranya, yaitu CRM (Customer Relationship Management). Tidak berbeda jauh dengan BRM, CRM adalah strategi bisnis untuk memperkuat hubungan baik dengan pelanggan dengan menganalisis data pribadi mereka.

Baca juga: Arti dan Manfaat CRM (Customer Relationship Management) Bagi Bisnis

Perbedaan BRM dan CRM

Meski sekilas tidak terlalu berbeda jauh, BRM sales tetap memiliki perbedaan mendasar dengan CRM. Perbedaan yang pertama, CRM hanya berhubungan dengan pelanggan, sementara BRM juga mempertimbangkan performa pegawai. Kemudian, CRM lebih menitikberatkan proses mengetahui kebutuhan pelanggan, sedangkan BRM memastikan produk tiba di tangan konsumen sebagaimana mestinya.

Cara Membangun BRM Sales dengan Tepat

Setelah mengetahui pentingnya BRM sales bagi keberlangsungan bisnis, kini saatnya Anda mengetahui cara membangunnya. Agar efektif, yuk, terapkan tips-tips berikut!

1. Tentukan target pasar dan goal yang spesifik

Agar hubungan bisnis dengan pelanggan lebih erat dan tahan lama, Anda perlu memilih segmen audiens yang tepat. Maka dari itu, pastikan Anda memilih target pasar sespesifik mungkin sampai ke detailnya. Hal yang sama juga perlu Anda terapkan pada tujuan BRM sales supaya perancangan strategi dan evaluasinya pun lebih mudah.

2. Tunjuk orang yang tepat sebagai manajer BRM

Salah satu kunci keberhasilan dari BRM sales adalah orang yang tepat. Dengan kata lain, Anda perlu memilih manajer BRM yang memahami metode riset data pelanggan, proses bisnis yang berlaku, dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Ketiga skill ini akan memastikan bahwa orang yang Anda pilih mampu mengelola lebih banyak pelanggan dan pegawai secara bersamaan dengan efektif.

Baca juga: Penting! Ini 6 Cara Mempertahankan Loyalitas Karyawan Anda

3. Jaga komunikasi dengan pelanggan

Mengingat tujuan utama BRM sales adalah untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan menjamin kepuasan mereka, untuk mencapainya Anda perlu mempertahankan komunikasi rutin. Selalu tawarkan kesempatan bagi pelanggan untuk menyampaikan pertanyaan, masalah, atau masukan di setiap tahap pembelian.

4. Evaluasi pencapaian dengan goal

Terakhir, setiap kali Anda selesai menjalankan strategi BRM sales, jangan lupa membandingkan hasil pencapaiannya dengan tujuan yang sudah Anda tentukan di awal. Langkah ini akan membantu Anda memetakan bagian yang perlu dipertahankan atau ditingkatkan agar strategi berikutnya lebih sukses.

Bagaimana, Anda sudah memahami pentingnya BRM sales bagi kesuksesan usaha? Untuk membangunnya, Anda memang membutuhkan sumber data yang lengkap dan mudah diakses. Namun, tidak perlu khawatir karena sudah ada sistem Point of Sales dari Moka POS yang bisa membantu! 

Dengan teknologi Moka POS, Anda bisa mendapatkan dan menganalisis semua data penjualan serta pelanggan dengan praktis karena semuanya tercatat otomatis, lho. Ingin tahu seberapa mudah penggunaannya untuk pembuatan strategi bisnis? Yuk, coba demo gratisnya sekarang di sini!

Social Media Share :