Moka Logo
Arti dan Manfaat CRM (Customer Relationship Management) Bagi Bisnis

Tips Bisnis

Arti dan Manfaat CRM (Customer Relationship Management) Bagi Bisnis

4 min
GradyGrady

Arti dan Manfaat CRM (Customer Relationship Management) Bagi Bisnis – Sebagai pelaku usaha menengah, kita tentu sering mendengar dengan yang namanya Customer Relationship Management atau CRM.

Adapun konsep dari CRM itu sendiri mencakup Enhance (meningkatkan), Retain (mempertahankan), dan Acquire (mendapatkan) pelanggan.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa konsep CRM sendiri mengacu kepada bagaimana caranya agar kita selalu memperoleh pelanggan yang baru, dengan meningkatkan hubungan agar mereka merasa puas terhadap layanan yang diberikan, hingga akhirnya mereka pun menjadi pelanggan tetap yang loyal.


Apa Arti CRM?

customer relationship management - cafe

CRM adalah sebuah usaha dalam menyediakan suatu jembatan strategis dari strategi pemasaran dan teknologi informasi.

Tujuan utamanya adalah satu, yakni menjalin hubungan dengan pelanggan dalam jangka panjang yang kemudian dapat meningkatkan profitabilitas dari suatu usaha.

Baca Juga: Utamakan Pelanggan dan Karyawan, Ini Rahasia Sukses Patriot Barbershop

Melalui CRM, suatu perusahaan dapat memiliki cara yang lebih baik untuk memahami pelanggan mereka. Dengan demikian, perusahaan tersebut dapat dengan tanggap merespon kebutuhan para pelanggan.

Dengan mengombinasikan kebijakan perusahaan, proses, serta strategi yang digunakan, CRM digunakan sebagai cara untuk melakukan interaksi dengan pelanggan serta menelusuri informasi mereka. Saat ini sendiri, penggunaan CRM hampir semuanya memanfaatkan teknologi.


Manfaat CRM Bagi Para Pebisnis

manfaat kegunaan crm

Jika dilihat secara umum, CRM ini dapat diaplikasikan untuk membantu aktivitas marketing, sales, hingga customer service.

Bisa dikatakan bahwa CRM digunakan sebagai media penghubung pada sebuah perusahaan menuju pelanggannya.

Lewat sebuah channel atau link yang dikelola secara baik, Anda dapat mendengarkan keinginan dari pelanggan, keluhan pelanggan, dan mengenai tindakan kompetitor terhadap jasa atau produk yang kita tawarkan.


Manfaat yang Bisa Anda Rasakan dengan CRM

1. CRM mampu membentuk sebuah loyalitas dari pelanggan

manfaat kegunaan crm

Bagi setiap pemilik usaha, loyalitas dari seorang pelanggan adalah salah satu hal yang pasti ingin Anda capai.

Dengan memanfaatkan CRM, Anda akan belajar mengenai bagaimana caranya mengelola pelanggan dengan efektif agar tercipta sebuah loyalitas antara bisnis Anda dengan para pelanggan.

Baca Juga: Ini Dia Rahasia Menarik Pelanggan Baru dan Mempertahankan Pelanggan Lama

Dengan menggunakan semua channel yang Anda miliki, seperti web, media sosial, contact center, pelayanan, hingga staf sales Anda, Anda bisa memberikan informasi serta pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Kemudahan akses serta konsistensi yang Anda berikan akan meningkatkan tingkat kepuasan mereka sehingga sedikit demi sedikit loyalitas serta kepercayaan akan terbangun.


2. Meningkatkan profit perusahaan

manfaat kegunaan crm

Jika penerapan CRM dimanfaatkan dengan baik, Anda bisa mendapatkan insight yang berguna mengenai apa yang pelanggan butuhkan hingga tren apa yang sedang berkembang.

Dengan begitu, Anda dapat dengan segera memikirkan keputusan apa yang harus Anda ambil selanjutnya.

Dengan insight yang Anda sudah dapatkan, bukan tidak mungkin jika keputusan yang Anda lakukan dapat meningkatkan penjualan.

Selain itu, jika Anda sudah mengetahui apa yang diinginkan para pelanggan, Anda dapat mengurangi risiko menurunnya kualitas pelayanan Anda dan meminimalisir kerugian.


3. Memperoleh informasi pelanggan

manfaat kegunaan crm

Di zaman yang bergerak serba cepat ini, data adalah segalanya. Bahkan, banyak perusahaan yang rela membayar mahal kepada perusahaan lain untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan untuk melakukan keputusan atau gebrakan bisnis terbaru.

Melalui CRM atau Customer Relationship Management, Anda bisa mendapatkan informasi atau data penting dari pelanggan Anda, mulai dari sebatas nama, nomor telepon, dan alamat email, hingga ke hal yang lebih kompleks seperti interest serta produk apa yang paling sering dibeli mereka.

Salah satu kegunaannya adalah untuk mendapatkan feedback dari para pelanggan serta meningkatkan strategi pemasaran Anda dengan mencocokkannya pada profil mereka.


4. Proses operasional jadi lebih terstruktur dan efisien

manfaat kegunaan crm

CRM juga dapat memungkinkan Anda memiliki sistem yang lebih terorganisir. Sistem yang lebih rapi ini akan meningkatkan efisiensi perusahaan sehingga dapat mengurangi anggaran-anggaran yang seharusnya tidak diperlukan.


3 Tahapan dalam Menerapkan CRM untuk Bisnis

1. Memperoleh pelanggan baru atau Acquire

manfaat kegunaan crm

Adapun untuk memperoleh pelanggan baru ini diperlukan beberapa cara:

  • Memberikan kenyamanan untuk pelanggan saat membeli produk tertentu yang dibutuhkan, seperti merespon keinginan pelanggan dengan cepat maupun ketepatan waktu proses pengiriman terhadap barang pesanan.
  • Melakukan promosi pada produk yang diperoleh perusahaan, dengan memberikan kesan awal yang baik untuk pelanggan, sebab sangat mempengaruhi penilaian terhadap perusahaan.

Tujuan tahapan ini yaitu untuk menawarkan produk dengan baik melalui pelayanan memuaskan pada pelanggan.


2. Menambah nilai pelanggan atau Enhance

manfaat kegunaan crm

Perusahaan harus bisa menciptakan hubungan erat bersama para pelanggannya melalui cara mendengarkan setiap keluhan pelanggan serta meningkatkan pelayanan. Adapun meningkatkan hubungan pada pelanggan sendiri bisa ditingkatkan melalui:

  • Up-selling, yaitu menawarkan produk yang sama namun memiliki kualitas lebih baik.
  • Cross-selling, yaitu strategi penjualan dengan menawarkan produk pelengkap terhadap barang yang sudah dimiliki pelanggan.

3. Mempertahankan pelanggan atau Retain

manfaat kegunaan crm

Mempertahankan pelanggan berarti Anda memberikan pelayanan serta aplikasi pendukung tertentu yang lebih bermanfaat pada mereka, misalnya dengan sebuah promosi. Dengan begitu, hubungan dengan para pelanggan pun bisa tetap terjaga dengan baik.

Ada baiknya Anda menyediakan waktu untuk mendengarkan setiap kebutuhan pelanggan, seperti ketidakpuasan pelanggan akan produk yang ditawarkan oleh perusahaan atau masukan dari mereka. Feedback dari mereka tentu berarti demi peningkatan pelayanan.

Dengan menggunakan Moka sebagai Point of Sales (POS) atau sistem kasir Anda, Anda tidak perlu repot-repot menggunakan sistem khusus untuk CRM.

Selain mencatat transaksi Anda, Moka juga dapat berfungsi sebagai CRM yang didesain khusus untuk para pelaku usaha agar memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis.

manfaat kegunaan crm

Anda pun tidak perlu repot untuk membuat daftar pelanggan yang sudah pernah berbelanja dengan Anda secara manual.

Cukup dengan mengirimkan bon digital melalui email atau SMS, dan data pelanggan Anda sudah langsung masuk ke dalam database usaha Anda (Acquire).

Pelanggan Anda juga dapat langsung memberikan feedback mengenai usaha Anda dan dapat langsung Anda tanggapi (Enhance). Terakhir, Anda dapat memberikan promo-promo menarik kepada pelanggan Anda (Retain)

Tunggu apa lagi? Dengan Moka, berjualan jadi semakin mudah! Kunjungi website kami di www.mokapos.com dan hubungi kami di 021-3006 1540 atau kirim email ke [email protected] untuk penjelasan lebih lanjut mengenai Moka.

Selamat berbisnis dan selamat mengoptimalkan CRM!

Social Media Share :
Grady Laksmono

Grady Laksmono

Co-Founder of Moka.