Moka Logo
6 Strategi Meningkatkan Penjualan Bisnis Layanan Profesional Anda

Tips Bisnis

6 Strategi Meningkatkan Penjualan Bisnis Layanan Profesional Anda

4 min
HimawanHimawan

Bisnis layanan profesional merupakan salah satu tipe bisnis yang cukup digandrungi di tahun 2018. Salah satu alasannya adalah jumlah permintaan yang tinggi terhadap bisnis jasa, layanan, dan profesional. Lalu, memangnya apa saja jenis bisnis profesional yang dimaksud?

tips sukses bisnis layanan profesional

Beberapa di antaranya adalah jasa titip barang, jasa menjahit, fotokopi, sewa kendaraan, percetakan, dan konsultansi. Keenam jenis bisnis ini disebut-sebut sebagai jenis bisnis yang paling digandrungi di tahun 2018. Untuk itu, diperlukan strategi yang mapan untuk memaksimalkan penjualan.

Berikut ini adalah 6 tips ampuh yang bisa Anda terapkan untuk memaksimalkan penjualan bisnis layanan profesional Anda:

 

1. Cermat memilih target pasar

 

tips sukses bisnis layanan profesional

Pertanyaan pertama yang perlu Anda pikirkan adalah: “siapa yang akan menggunakan jasa atau layanan saya?” Ini bisa Anda jawab dengan membuat segmentasi usia dari calon pembeli Anda: anak kecil, dewasa, atau orang tua. Setelah Anda memilah target pasar Anda, barulah Anda bisa masuk ke langkah selanjutnya, yaitu menjual produk utama.

Kebutuhan anak kecil tentu akan sangat berbeda dengan kebutuhan orang dewasa. Apa yang Anda tawarkan harus berdasarkan kebutuhan pasar Anda ini. Langkah ini jelas akan menentukan apakah cakupan pelanggan Anda akan semakin luas atau justru semakin sempit. Sebaliknya, jika Anda sudah keliru dalam menentukan pasar Anda, maka Anda telah gagal dalam merencanakan strategi bisnis.

Baca Juga: Utamakan Pelanggan dan Karyawan, Ini Rahasia Sukses Patriot Barbershop

 

2. Tentukan platform media sosial yang akan digencarkan

tips sukses bisnis layanan profesional

Pemanfaatan media sosial untuk meningkatkan penjualan bisnis layanan profesional Anda juga krusial, khususnya setelah segmentasi pasar Anda telah ditentukan. Di tahun 2018, ada berapa banyak media sosial yang ada? Dan seberapa jauh media sosial tersebut membantu bisnis Anda untuk berkembang dari segi brand-nya?

Salah satu media sosial yang cukup digandrungi para pelaku usaha untuk mengembangkan bisnis mereka adalah Instagram. Tampilannya yang simpel dan bersih tidak memusingkan mereka untuk mengunggah foto terbaru dan menulis caption yang mendeskripsikan foto tersebut dengan menarik. Tidak hanya itu, fitur tagarnya juga dianggap sangat berguna untuk meningkatkan visibilitas akun bisnis Anda di halaman Explore.

Baca Juga: Tips Menggunakan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Bisnis Anda

 

3. Sediakan layanan yang lebih baik dan lebih unggul sebagai nilai jual utama

tips sukses bisnis layanan profesional

Nilai jual yang cukup menonjol dari bisnis layanan profesional adalah, tentu saja, pelayanannya. Pelayanan yang baik dan memuaskan tentu akan membuat pelanggan ingin terus kembali datang ke toko Anda dan menggunakan layanan Anda. Namun, ini menimbulkan sebuah pertanyaan: “kalau Anda hanya mengunggulkan pelayanan yang biasa-biasa saja, apa bedanya Anda dengan bisnis layanan profesional lainnya? Toh, mereka juga memberikan layanan yang sama bagusnya dengan pelayanan Anda.”

Itulah mengapa Anda harus memberikan layanan yang lebih baik dan lebih unggul. Apa maksudnya? Anda harus memastikan bahwa Anda harus mengambil tanggung jawab penuh atas kepercayaan pelanggan. Ini bisa dilakukan dengan menawarkan barang yang berkualitas dan patut dibeli. Misalnya, jika Anda memiliki usaha menjahit, maka Anda harus memastikan bahwa barang pelanggan yang Anda jahit harus kembali dengan keadaan yang layak dan bersih. Tidak ada lagi, misalnya, bekas jiplakan tangan atau noda-noda yang menempel saat Anda sedang menjahit.

4. Manfaatkan keuntungan kartu kredit, tidak melulu tunai

tips sukses bisnis layanan profesional

Dalam bisnis layanan profesional, Anda tidak harus melulu mengandalkan jenis pembayaran dengan uang tunai. Mengapa? Karena sering terdapat kondisi di mana pelanggan lupa membawa uang tunai karena sedang mengerjakan hal yang lain. Mari kita ambil contoh dengan usaha jahit-menjahit. Tipikalnya, segmentasi pelanggan yang menjahit adalah ibu-ibu, dan banyak dari mereka yang akan mengambil hasil jahitannya setelah pulang dari pasar atau menjemput anaknya dari sekolah. Kondisi yang “sambil lalu” seperti ini tentu tidak bisa luput bahwa mereka tidak sedang memegang uang yang cukup di dompetnya.

Dengan begitu, Anda sebagai pelaku usaha layanan profesional juga bisa memanfaatkan tipe pembayaran yang “terima dulu bayar nanti” atau kerap juga disebut dengan rain check. Cara lain yang juga ampuh adalah dengan memanfaatkan fasilitas kartu kredit, hanya jika Anda selaku merchant telah bekerjasama dengan bank penerbit kartu kredit atau aplikasi kartu kredit digital. Biasanya juga, mereka menawarkan harga khusus dari produk atau layanan yang dijual. Menarik, bukan? Anda untung, pelanggan juga untung!

Baca Juga: Gandeng Moka sebagai Mitra Pembayaran Terbaru, Kredivo Tawarkan Keuntungan Berlimpah

 

5. Tawarkan promosi dengan berbagai keuntungan menarik

tips sukses bisnis layanan profesional

Bicara soal harga khusus, pemasangan promo juga bisa menjadi strategi efektif untuk bisnis layanan profesional Anda. Masih mengambil contoh dari jahit-menjahit, jika pelanggan Anda sering menjahit pakaian dalam jumlah yang relatif banyak, maka Anda bisa memasang program promosi, misalnya, “Jahit 10 kali, Gratis Jahit 1 kali.”

Bentuk promosi yang sifatnya menguntungkan ini tentu akan membuat pelanggan Anda ingin terus menjahit di tempat Anda dibandingkan di tempat menjahit yang lain, terlepas dari seberapa lebih baik pelayanan yang diberikan tempat lain tersebut. Anda juga bisa menawarkan berbagai keuntungan seiring dengan dipasangnya promo tersebut.

Misalnya, setelah mereka menjahit 10 kali, selain mendapatkan gratis jahit 1 kali, Anda juga bisa memberikan permen atau tas kecil sebagai tote bag yang bisa mereka gunakan untuk membawa pakaian mereka pulang.

Baca Juga: Tingkatkan Penjualan dengan 5 Ide Promo Terlaris saat Single’s Day

 

6. Buat program loyalitas

tips sukses bisnis layanan profesional

Melanjutkan poin 3 di atas, program loyalitas adalah cara lain yang bisa Anda gunakan untuk meraih citra positif dari pelanggan. Dengan program loyalitas, Anda bisa mengelola jumlah poin atau reward yang Anda inginkan untuk pelanggan ketika mereka telah menggunakan layanan Anda dalam jumlah tertentu. Anda juga perlu mengatur kira-kira bagaimana poin-poin yang mereka dapatkan bisa di-redeem dengan cepat dan mudah. Yang terpenting, Anda harus memikirkan bagaimana program loyalitas yang Anda pasang ini bisa membuat pelanggan Anda terus datang kembali ke tempat Anda dan meraih poin atau keuntungan sebanyak-banyaknya.

Bicara soal program loyalitas, tahukah Anda bahwa Anda bisa membuat program loyalitas dengan mudah di Moka? Tidak hanya membuat program loyalitas, Anda juga bisa memantau laporan pengeluaran pelanggan secara komprehensif untuk melacak berapa banyak pelanggan yang datang dalam kurun waktu tertentu, misalnya dalam sebulan atau dalam setahun. Dengan pengoperasian yang mudah, Anda tidak perlu pusing untuk mengelola pelanggan dan mempertahankan pelanggan loyal di tempat Anda.

Penasaran bagaimana caranya? Simak di sini!

Baca Juga: Cara Mudah dan Praktis Membuat Program Loyalitas Pelanggan

Social Media Share :
Himawan

Himawan

Penulis di Blog Moka