Moka Logo
Cara Mudah Membuat Program Loyalitas Pelanggan

Tips Bisnis

Cara Mudah Membuat Program Loyalitas Pelanggan

2 min
MikyMiky

Setelah sebelumnya kita membahas mengenai mana yang lebih penting, pelanggan baru atau pelanggan setia, kini kita akan membahas mengenai bagaimana menentukan loyalty point yang tepat dengan menggunakan fitur Loyalty Program MokaPOS agar bisnis Anda semakin lancar dan pelanggan semakin tertarik dan terus datang ke bisnis Anda.

Apa itu loyalty point?

Sebelum kita membahas mengenai cara mengatur loyalty program, ada baiknya Anda mengetahui apa itu loyalty point.

Loyalty point atau yang juga dikenal sebagai point reward merupakan poin yang diberikan oleh brand bisnis atau toko kepada konsumennya sebagai bagian dari program loyalitas atau membership yang dihadirkan.

Hadirnya poin ini dipicu sebagai bagian dari strategi marketing dalam menarik banyak pelanggan setia untuk kembali membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan. Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri juga bahwa banyak merchant yang pada akhirnya gagal menghadirkan program ini karena berbagai alasan, salah satunya adalah ketika pelanggan tidak pernah menukarkan poin karena merasa reward atau hadiah penukaran yang ditawarkan tidak sebanding sehingga pada akhirnya poin yang pelanggan miliki tidak pernah ditukarkan.

Agar program loyalitas yang dihadirkan di dalam bisnis berhasil, Anda hanya membutuhkan 2 langkah mudah untuk membuat program loyalitas Anda sendiri, yaitu (1) menentukan poin loyalty dan (2) menentukan reward loyalty.

Baca Juga: Meningkatkan Penjualan Melalui Loyalty Program

Cara Menentukan Poin Loyalty

Untuk menentukan perolehan poin, Anda bisa menggunakan praktek yang umum dan banyak digunakan pada bisnis quick service restaurant (FnB) kebanyakan dengan mengambil 10% dari total transaksi pembelian;

Rp 1.000 x 10% = Rp 100 = 1 Poin

Maka setiap belanja 1000 rupiah, pelanggan akan mendapatkan 1 poin yang setara atau senilai 100 rupiah yang mana merupakan 10% dari nilai yang sudah dibelanjakan. Dengan penetapan poin ini jadi, ketika pelanggan menghabiskan sebesar 90.000 rupiah dalam satu kali transaksi, maka pelanggan akan mendapatkan 90 poin.

Agar pelanggan semakin tertarik dengan program loyalitas yang dihadirkan, Anda bisa memberikan poin tambahan misalnya saja sebesar 50 poin ketika pelanggan mendaftarkan diri untuk menjadi member program loyalitas. Jika sudah menetapkan pengaturan poin, maka Anda bisa memasukkan pengaturan ini ke Point Rule yang ada di fitur Loyalty Program MokaPOS seperti di bawah ini.

 

 

 

Cara Menentukan Reward Loyalty

Dalam menentukan reward yang bisa didapatkan oleh pelanggan, Anda harus mengetahui rata-rata jumlah pembelian yang dikeluarkan oleh setiap pelanggan terlebih dahulu. Agar lebih mudah, Anda bisa memeriksa rata-rata pembelian ini dengan melihatnya di Dashboard & Reports yang ada di Back-office MokaPOS.

Rata-rata pembelian ini penting agar Anda bisa menentukan kapan pelanggan bisa menukarkan poinnya dan berapa banyak yang harus ditukarkan. Idealnya, pelanggan bisa menukarkan poinnya setelah 2-3 kali pembelian agar mereka memiliki alasan untuk secepatnya kembali ke toko Anda, karena “sedikit lagi” sudah bisa mendapatkan/redeem reward.

Sebagai contoh, rata-rata pembelian adalah Rp 100.000, ini berarti pelanggan mendapatkan 100 poin setiap kali melakukan transaksi. Anda memberikan poin awal untuk pelanggan yang baru mendaftar sebesar 50 poin. Kemudian Anda ingin pelanggan dapat menukarkan poinnya setelah pembelian ke dua. Maka Anda bisa menetapkan reedem point terkecil sebesar 250 poin.

Sesuai dengan aturan yang sudah dibuat di awal, dimana 1 poin jika ditukar adalah setara Rp 100, maka penukaran 250 poin akan berhak mendapatkan diskon Rp 25.000. Selanjutnya Anda tinggal menambahkan opsi reward sesuai kelipatan yang menjadikan pilihan reward Anda lebih menarik. Setelah Anda menetapkan reward yang akan diberikan, Anda bisa memasukkan pengaturan ini ke dalam pengaturan Loyalty Program di Back-office dibagian Reward seperti di bawah ini.

Setelah selesai menetapkan dan mengatur Point Rule dan Reward untuk program loyalitas, kini Anda siap untuk menggaet pelanggan lebih banyak lagi untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Baca Juga: Cara Mempertahankan Pelanggan Setia Anda

 

 

Social Media Share :
Miky

Miky

Penulis di Blog Moka