Moka Logo
Franchise Kopi Kenangan: Modal Biaya, Syarat, Keuntungan, & Cara Daftar

Tips Bisnis

Franchise Kopi Kenangan: Modal Biaya, Syarat, Keuntungan, & Cara Daftar

7 min

by

Angka konsumsi kopi di Indonesia telah naik empat kali lipat per 2019-2020 menjadi sekitar 4,8 juta karung kopi berukuran 60 kg. Tingginya konsumsi kopi ini didominasi oleh pasar anak muda yang mulai beralih dari teh ke kopi atau yang baru mengenal kopi lokal. Hal ini kemudian merembet ke banyaknya jumlah coffee shop yang mengutamakan bahan baku dari biji kopi lokal.

Salah satu coffee shop yang akrab di kalangan anak muda adalah Kopi Kenangan yang dirintis sejak 2017. Sebagai salah satu kedai kopi dengan konsep grab and go pertama, Kopi Kenangan berhasil mencuri perhatian konsumen. Akhirnya, dari 700 cup yang terjual, kini sudah ada ratusan outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Apakah Anda termasuk yang tertarik untuk franchise Kopi Kenangan?

Kelebihan Franchise Kopi Kenangan

Traditional Vietnamese, Thai Ice coffee with coffee beans on a wooden background

Kopi Kenangan sebagai brand coffee shop tentu memiliki alasan tersendiri hingga bisnis ini bisa bertahan melewati berbagai tantangan. Berikut adalah lima kelebihannya jika Anda franchise di sini.

  • Bisa balik modal dalam waktu relatif lebih singkat

Pebisnis pasti punya target masing-masing untuk balik modal. Dalam hal ini, Kopi Kenangan menawarkan keuntungan yang menarik karena tenggat waktu balik modalnya relatif lebih singkat. Jika bisnis-bisnis lain biasanya membutuhkan waktu 6-24 bulan untuk balik modal, nyatanya Kopi Kenangan hanya butuh waktu 3 bulan saja.

Coba bayangkan, mereka berhasil menjual 700 cup kopi dalam sehari di awal masa pendiriannya. Belum lagi, konsep store mereka adalah grab and go sehingga bisnis tidak membutuhkan banyak modal untuk sewa tempat maupun untuk keperluan fasilitas pelanggan. Inilah mengapa, franchise Kopi Kenangan menjadi sangat menarik di kalangan pelaku usaha.

  • Brand recognition yang tinggi

Tidak hanya menawarkan keuntungan yang besar dalam waktu cepat, Kopi Kenangan juga sudah memiliki brand recognition yang tinggi. Artinya, bisnis ini sudah dikenal oleh masyarakat luas dan hal semacam ini penting untuk meningkatkan pemasukan serta jumlah dana yang diinvestasikan ke dalamnya.

Selain memperbanyak store-nya di dalam negeri, Kopi Kenangan juga telah mendirikan cabangnya di Singapura dan Malaysia. Hal ini tentu membuat masyarakat semakin mengetahui dan mengenali eksistensi dari coffee shop ini. Pada akhirnya, Kopi Kenangan tidak lagi mengutamakan konsep grab and go, melainkan juga menyediakan fasilitas seperti WiFi yang membuat pelanggan betah.

Dengan berbagai inovasi yang mereka wujudkan demi meningkatkan kenyamanan pelanggan, Kopi Kenangan berhasil menarik tokoh terkemuka untuk berinvestasi di saham mereka. Tiga tokoh terkemuka yang namanya tercatat sebagai investor Kopi Kenangan, di antaranya Jay-Z (rapper ternama asal Amerika), Serena Williams (petenis terkenal AS), dan Eduardo Saverin (salah satu pendiri Facebook).

  • Quality control yang baik

Salah satu keunggulan berbisnis di Kopi Kenangan adalah jaminan quality control yang tidak perlu diragukan lagi. Hal ini disebabkan oleh sistem kerja sama yang berbasis non-franchise. Artinya, setiap store Kopi Kenangan yang dibuka di berbagai titik tidak dimiliki oleh individu atau perseorangan yang biasanya membuat kualitasnya berbeda dari masing-masing cabang.

Sistem seperti itu tidak diterapkan oleh Kopi Kenangan hingga saat ini. Akan tetapi, para pelaku usaha yang tertarik untuk terlibat dalam bisnis kopi legendaris ini bisa mengambil bagiannya dengan cara menjadi investor seperti yang dilakukan oleh Jay-Z, Serena Williams, Eduardo Saverin, dan banyak lagi lainnya.

Menjadi investor di sebuah unicorn coffee shop pertama di Indonesia ini akan membuat Anda bebas ribet dari keperluan mengelola usaha. Namun, Anda tetap memperoleh keuntungan yang maksimal dari penanaman modal di tempat ini. Di sisi lain, nama Kopi Kenangan juga akan tetap baik di mata konsumen karena kualitas produk dan pelayanannya tetap terjaga berkat sistem yang sentral.

  • Adanya inovasi digital yang unik

Tumbuh kembang sebuah bisnis tentu tidak bisa hanya bergantung pada satu aspek saja, misalnya kualitas produk. Akan tetapi, Anda juga harus memperhatikan aspek-aspek lain, seperti kualitas pelayanan, tingkat kepuasan konsumen, kemudahan akses, dan lain sebagainya. Itulah yang selalu menjadi prioritas Kopi Kenangan.

Seiring dengan kemajuan teknologi yang kian pesat, Kopi Kenangan memanfaatkan hal ini untuk meng-upgrade layanan yang disediakannya ke platform digital. Selain memiliki website yang komprehensif untuk menampilkan menu, kisah, dan lowongan kerja di Kopi Kenangan, mereka juga mengembangkan aplikasi yang dapat meningkatkan daya beli konsumen. Bagaimana maksudnya?

Aplikasi Kopi Kenangan membuat pelanggan dapat memesan minuman dari tempat lain, lalu mengambilnya ke store tanpa perlu mengantre. Konsumen juga akan memperoleh Kenangan Points yang dapat dikumpulkan untuk mendapat cashback di periode pembayaran selanjutnya. Bahkan, ada free voucher untuk ulang tahun hingga priority access ke produk baru dan sebagainya.

  • Variasi produk yang beragam

Komitmen Kopi Kenangan dalam menciptakan kenangan manis di ingatan para konsumen benar-benar dilakukan dengan cara memberikan variasi produk yang beragam. Kedai ini kini telah memiliki berbagai varian menu, mulai dari coffee, non-coffee, tea based, dan lain-lain. Kopi Kenangan juga menyediakan aneka roti untuk membuat perut nyaman sebelum Anda meminum kopi.

Inovasi terus mereka lakukan hingga lahirlah Kenangan Blend atau biji kopi Nusantara pilihan yang dapat dipilih oleh customer saat akan membeli minuman. Kenangan Blend ini mencampurkan dua jenis kopi, arabika dan robusta, dari Kopi Mandailing, Flores, dan Dampit. Bukan hanya itu, Kopi Kenangan juga menawarkan merchandise yang beragam sekaligus berkualitas.

Baca juga: Cyclo Coffee & Apparel: Coffee Shop-nya Komunitas Sepeda

Kekurangan Franchise Kopi Kenangan

Glass of cola with ice on a black background. Close-up.

Setiap usaha pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Walaupun Kopi Kenangan sudah berusaha memberikan yang terbaik, tetap ada catatan yang perlu Anda pertimbangkan seperti berikut.

  • Persaingan yang ketat dari brand kopi susu lain

Tingginya peminum kopi di Indonesia tentu naik beriringan dengan banyaknya coffee shop yang mulai beroperasi. Berdasarkan data per 2019 lalu, sudah ada hampir 3.000 gerai kedai kopi di seluruh tanah air. Angka tersebut kemungkinan sudah meningkat lagi dua kali lipatnya per tahun 2024 ini, mengingat pertumbuhannya hampir tiga kali lipat dari 2016 ke 2019.

Banyaknya kedai kopi yang bermunculan, baik dalam skala lokal maupun nasional, tentu membuat Kopi Kenangan harus bekerja ekstra dalam meningkatkan produk, layanan, maupun inovasi agar tidak tergencet laju dari kedai kopi lainnya. Ditambah lagi, kedai-kedai kopi kompetitor kini juga tak hanya menyajikan menu minuman saja, melainkan sudah mulai merambah ke snacks hingga makanan berat lainnya.

Idealisme kini menjadi hal yang sulit diperoleh jika sebuah bisnis ingin bertahan di antara ribuan kedai kopi lain. Sebuah kedai tentu akan kalah pamor bila hanya menyajikan menu minuman, alih-alih menawarkan minuman + WiFi + (mungkin juga) makanan. Kelengkapan produk yang dijual, kenyamanan outlet, merchandise, dan lainnya pasti akan menjadi faktor bisnis bisa bertahan.

  • Pengelolaan bisnis tidak terbuka untuk umum

Seperti yang dijelaskan di awal, Kopi Kenangan memang tidak membuka opsi franchise seperti bisnis F&B lainnya. Hal ini disebabkan oleh keinginan Kenangan Group dalam menjaga kualitas produk (quality control). Dengan menerapkan model kerja sama yang tertutup, Kenangan Group dapat menerima, mengolah, dan mewujudkan modal dari investor menjadi produk yang terjamin.

Model kerja sama semacam ini bisa menjadi poin plus maupun negatif, bergantung bagaimana Anda melihatnya. Ketika sebuah bisnis menawarkan franchise secara terbuka, artinya seseorang memiliki hak kelola terhadap outlet-nya, mulai dari pemilihan karyawan, sewa tempat, hingga strategi marketing yang dipakai. Jika begini, kualitas toko mungkin akan berbeda satu dengan lainnya meskipun jumlah cabang mungkin bisa diperluas sebanyak-banyaknya.

Akan tetapi, kerja sama non-franchise juga memiliki poin positifnya sendiri. Sebab, Kenangan Group dapat memperoleh modal bisnis semaksimal mungkin dari para investor, lalu mengolahnya dalam bentuk inovasi produk, layanan, platform, hingga penyewaan outlet. Metode ini mungkin terkesan lebih lambat dan tertutup, tapi pertumbuhannya terpadu dari cabang satu dan lainnya.

  • Keuntungan dipengaruhi oleh persediaan biji kopi

Sebagai bisnis F&B yang menu utamanya adalah coffee-based, Kopi Kenangan tentu mengandalkan keuntungannya dari ketersediaan biji kopi mereka. Biji kopi pilihan Kenangan Group berasal dari Banjarnegara, Jawa Tengah yang terbukti memiliki kandungan kafein cukup rendah, yakni 0,8-1,5 persen saja.

Selain itu, biji kopi Banjarnegara yang mereka pilih juga telah mendapat pengakuan sebagai biji kopi terbaik dalam Festival Kopi Nusantara tahun 2017. Itulah mengapa, tidak hanya diincar oleh Kenangan Group saja, biji kopi tersebut juga menjadi target pencarian oleh para penikmat kopi lokal maupun internasional.

Karena pamor biji kopinya sendiri diminati oleh cukup banyak orang, tidak heran bila kekhawatiran akan persediaannya pun muncul. Ditambah lagi, keuntungan bisnis ini terletak pada ketersediaan biji kopi tersebut. Namun, dengan sistem kerja sama yang non-franchise dan pengalamannya yang sudah lebih dari 7 tahun, mestinya Anda tidak perlu ragu lagi untuk menjadi investor di sini.

Baca juga: Bisnis Kopi Merupakan Kombinasi antara Usaha Pelayanan & Produk

Rincian Modal Franchise Kopi Kenangan

Masih konsisten dengan prinsip kerja sama yang non-franchise, Kenangan Group tidak pernah mengutarakan berapa rincian modal franchise Kopi Kenangan. Bahkan, saham kopi pun belum dibuka untuk publik karena perusahaan belum menggelar IPO (Initial Public Offering) seperti unicorn-unicorn lainnya.

Akan tetapi, jika Anda tetap tertarik untuk ambil bagian dalam kepemilikan saham Kopi Kenangan, Anda dapat menghubungi manajemen Kenangan Group secara langsung untuk membicarakan soal hal itu. Sebagai gambaran, pada 2021 lalu, Kopi Kenangan berhasil mendapatkan pendanaan seri C tahap pertama senilai Rp1,3 triliun hingga membuatnya menjadi unicorn F&B pertama di Indonesia.

Perkiraan Keuntungan Franchise Kopi Kenangan

Keuntungan franchise Kopi Kenangan tentu tidak bisa dipatok atau diperkirakan, mengingat sistem kerja sama yang diterapkan di sini adalah non-franchise. Namun, Anda bisa memperoleh gambaran mengenai omzet yang diperoleh Kopi Kenangan setiap bulannya.

Dengan harga produk rata-rata Rp20 ribuan, brand kopi ini bisa mendapatkan 1,5 juta cup pembelian per bulannya. Dari data tersebut, diperkirakan Kenangan Group akan menghasilkan nominal Rp30 miliar setiap bulan dari seluruh gerai yang ada.

Jika Anda setidaknya memiliki ⅛ dari total saham Kopi Kenangan, penghasilan kotor Anda setiap bulannya bisa mencapai Rp3,7 miliar per bulan. Kemungkinan laba bersihnya adalah di atas angka Rp1,2 miliar.

Syarat Menjadi Franchise Kopi Kenangan

Perlu ditekankan sekali lagi, Kenangan Group tidak membuka program franchise Kopi Kenangan karena ini akan menyulitkan pemilik utama brand ini untuk mengontrol kualitas produk, layanan, dan sistem yang diterapkan pada masing-masing gerai. Itulah mengapa, pelaku usaha yang berminat bergabung disarankan menjadi pemilik modal melalui jalur proposal ke manajemen Kenangan Group.

Syarat menjadi pemilik saham di perusahaan ini tentu belum pernah diungkapkan sendiri oleh pihak Kenangan Group. Pasalnya, meski mereka telah menjadi unicorn F&B pertama di Indonesia, Kopi Kenangan belum mengumumkan pembelian saham oleh publik. Dengan begitu, tidak sembarang orang bisa menjadi bagian di dalamnya. Anda mesti menempuh cara-cara khusus supaya dapat bergabung menjadi pemilik saham.

Baca juga: 8 Kedai Kopi Minimalis untuk Inspirasi Coffee Shop Anda

Cara Daftar Franchise Kopi Kenangan

Coffee-Make coffee from the machine at home

Penjelasan di atas sudah menyebutkan beberapa kali bahwa Kopi Kenangan memang tidak membuka kerja sama dalam bentuk franchise. Namun, ada dua cara yang bisa Anda lakukan.

  • Model joint venture

Ketertarikan Anda untuk menjadi bagian dalam bisnis F&B Kopi Kenangan ini bisa Anda salurkan dalam bentuk joint venture. Artinya, Anda memiliki sebagian saham di perusahaan tersebut sehingga Anda bisa memperoleh pendapatan pasif setiap bulannya. Tanpa perlu memikirkan pengelolaan outlet, Anda tetap mendapatkan bagi hasil dari omzet yang diperoleh Kopi Kenangan.

Model joint venture ini memiliki sederet keuntungan karena Anda tidak harus memiliki aset properti atau sewa tempat untuk menjalankan aktivitas bisnis. Cukup siapkan modal yang cukup untuk membeli sebagian saham yang ditawarkan oleh brand tersebut. Sehingga, bisa dibilang, Anda boleh menjalin kerja sama joint venture dengan beberapa merek sekaligus.

  • Model cloud kitchen

Beda halnya dengan joint venture, cloud kitchen lebih menitikberatkan pada kepemilikan lahan atau bangunan yang bisa dimanfaatkan untuk bisnis. Dalam hal ini, Kopi Kenangan mungkin akan menyewa tempat milik Anda sehingga mereka harus membayarkan biaya sewa setiap bulan atau setiap tahun. Dari sana Anda akan mendapatkan pendapatan rutin.

Untuk memulai kerjasama cloud kitchen dengan Kenangan Group, Anda dapat menunggu mereka melirik tempat Anda atau dengan cara menjemput bola. Sehingga, Anda mungkin bisa mengontak mereka terlebih dahulu untuk menawarkan tempat Anda. Jika mereka cocok dengan ruko atau tempat yang Anda tawarkan, dapatkan keuntungan rutin setiap bulannya.

Franchise Kopi Kenangan tetap bisa dilakukan walaupun bentuk kerjasamanya dalam bentuk joint venture dan cloud kitchen. Di atas sudah disebutkan deretan kelebihan yang dapat menjadi bahan pertimbangan Anda untuk memulai bisnis bersama mereka, mulai dari kesempatan balik modal dalam waktu cepat, brand recognition tinggi, quality control yang baik, inovasi digital, hingga variasi produk yang beragam.

Inovasi digital yang dimaksud di sini adalah Kopi Kenangan menerapkan teknologi cerdas untuk mesin kasir mereka seperti Moka POS. Moka POS adalah kasir cerdas yang dapat menerima pembayaran dari berbagai sumber hingga mencatat transaksi secara otomatis. Dengan begini, laporan keuangan bisnis akan lebih terkendali. Yuk, jadwalkan demo gratis untuk mengembangkan bisnis lebih pesat lagi!

Social Media Share :