Moka Logo
Bisnis Kopi Merupakan Kombinasi antara Usaha Pelayanan & Produk

Tips Bisnis

Bisnis Kopi Merupakan Kombinasi antara Usaha Pelayanan & Produk

4 min
YovitaYovita

Bisnis kopi merupakan kombinasi antara usaha usaha pelayanan dan produk berkualitas. Hingga kini, demam kopi melanda masyarakat Indonesia sebagai akibat dari pandemi Covid-19. Masyarakat menggemari kopi sebagai teman untuk bekerja di rumah atau sekadar bersantai.

Demam ini masih berlanjut hingga pandemi telah menurun dengan menjamurnya kafe, baik dalam bentuk besar dengan tempat luas atau dalam skala lebih kecil seperti warung kopi.

Hal ini terjadi karena bisnis kopi merupakan kombinasi antara usaha pelayanan dan produk kualitas, sesuai dengan permintaan masyarakat yang ingin merasakan kopi dengan biji kopi kualitas premium. Lalu, mengapa bisnis kopi merupakan kombinasi usaha yang menguntungkan? Dan bagaimana cara menarik perhatian orang agar tertarik membeli produk kopi yang Anda tawarkan?

Baca Juga:  8 Tips Meningkatkan Usaha Kuliner yang Dilakukan Wirausaha


Bisnis Kopi Merupakan Kombinasi antara Usaha yang Menguntungkan!

 

Jenis kopi 2 - Bisnis Kopi Merupakan Kombinasi antara UsahaDengan meningkatnya minat masyarakat terhadap kopi, bisnis kopi bisa dibilang sedang menjadi sektor usaha yang menggoda dan menguntungkan. Namun, bukan karena itu saja, terdapat beberapa faktor tambahan yang membuat bisnis ini bisa jadi sumber pendapatan utama Anda.

1. Pasar luas

Salah satu faktor bisnis kopi dapat mendatangkan keuntungan dalam waktu singkat adalah jangkauan pasar yang luas. Saat ini, kopi merupakan jenis minuman yang digemari oleh semua kalangan, mulai dari menengah ke bawah hingga ke atas. Belum lagi minat terhadap kopi yang menjangkau ke semua umur,  banyak remaja hingga orang dewasa yang menaruh minat terhadap kopi. 

Sehingga, banyak jenis kopi menjadi incaran konsumen sesuai dengan selera. Misalnya, kalangan senior atau orang tua biasanya cenderung menyukai rasa yang lebih pahit, sementara anak muda menyukai kombinasi antara kopi dengan susu dan bahan lain untuk menambah kekayaan dari rasa kopi itu sendiri.

Ditambah lagi, bisnis kopi mampu menjangkau jarak yang luas, mulai dari seluruh bagian negeri hingga ekspor ke luar negeri. Hal ini terjadi karena produk kopi Indonesia sudah menjangkau pasar internasional sehingga muncul peluang produk Anda dapat menjangkau konsumen di belahan negara lain.

2. Omzet mudah didapat

Karena jangkauan pasar yang sudah sangat luas, bisa dipastikan kalau omzet dari bisnis kopi akan mudah didapat. Di sinilah Anda bisa memanfaatkan pasar yang luas ini untuk memasarkan produk dalam berbagai cara.

Anda bisa membuka bisnis kafe sendiri untuk konsumen yang ingin meminum kopi sambil melakukan aktivitas lain, seperti bekerja atau sekedar bersantai langsung di tempat. Sebagai cara lain, bisa juga memasarkan produk secara online lewat e-commerce untuk pelanggan lintas daerah.

Itulah kenapa pada akhirnya bisnis kopi merupakan kombinasi antara usaha pelayanan dan produk berkualitas. Anda harus menyeimbangan antara pelayanan yang prima, namun tetap menjaga kualitas produk untuk mempertahankan konsumen, baik yang langsung datang ke kafe maupun konsumen online.

Baca Juga: Entrepreneur adalah Pengusaha Sejati, Ini 7 Kuncinya


Cara Menarik Orang agar Bisnis Kopi Semakin Laris

kopi kenangan 3 - Bisnis Kopi Merupakan Kombinasi antara Usaha

Agar bisnis kopi Anda menjangkau pasar yang lebih luas dan semakin laris, terdapat sejumlah langkah yang bisa dilakukan. Berikut langkah-langkah tersebut:

1. Beri pelayanan yang baik 

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan selalu memberikan pelayanan terbaik. Tiap konsumen memiliki preferensi pelayanan tersendiri dan pastikan bahwa Anda selalu memberikan pelayanan semaksimal mungkin. Lalu, dengarkan setiap saran yang pelanggan berikan karena saran tersebut dapat berguna untuk perkembangan bisnis.

Selain itu, pastikan bahwa stok kopi selalu tersedia setiap saat, baik untuk di kafe maupun untuk konsumen yang membeli secara online. Hal itu bertujuan untuk menjaga kepuasan pelanggan sehingga mereka akan mengingat bisnis Anda sebagai bisnis yang selalu menjaga ketersediaan stok barang. Jadi, mereka dapat membeli produk kopi Anda kapan pun.

2. Tentukan harga yang terjangkau

Selain mempertahankan kualitas pelayanan, pastikan Anda juga memberikan harga yang terjangkau. Sehingga, pelanggan akan betah untuk menjadi konsumen yang setia dan selalu membeli produk Anda secara reguler.

Tambahkan juga sejumlah promo untuk konsumen baru atau reward seperti souvenir untuk konsumen loyal. Dengan begitu, mereka akan merasa dihargai dan mungkin akan mempromosikan produk Anda kepada kerabat atau kenalan mereka.

3. Perhatikan konsep kedai

Setelah menentukan harga, pastikan konsep kedai kopi yang akan dibangun sudah sesuai dengan target pasar Anda. Misalnya, anak muda cenderung menyukai konsep kedai dengan desain yang eye catchy dilengkapi dengan board game untuk menemani mereka minum kopi bersama teman-teman.

Sementara itu, kalangan pekerja bisanya lebih menyukai konsep kedai yang sederhana namun dengan pelayanan prima, seperti Wi-Fi kencang atau teknologi tinggi untuk meningkatkan kenyamanan mereka selama di kedai.

4. Bisnis kopi merupakan kombinasi antara usaha memberikan produk berkualitas

Konsumen yang sudah mengkonsumsi kopi dalam waktu lama biasanya dapat membedakan kualitas biji kopi yang digunakan. Karena itulah, pastikan Anda selalu memberikan produk yang berkualitas untuk meningkatkan kepuasan konsumen. Dengan begitu, mereka juga akan menjadi sarana pemasaran karena tidak segan merekomendasikan produk Anda kepada relasi mereka.

5. Siapkan sistem pembayaran yang efisien

Mengingat bisnis kopi merupakan kombinasi antara usaha dan pelayanan, pastikan usaha Anda didukung dengan pelayanan yang efisien. Dalam hal ini, efisien mencakup pelayanan yang tanggap dan cepat. Tidak ketinggalan menyediakan sistem pembayaran yang menerima berbagai jenis pembayaran, termasuk transaksi digital, mengingat masyarakat mulai mengurangi kebiasaan membawa uang cash dan menggantinya dengan uang digital.

Untuk memudahkan konsumen yang membawa uang digital, gunakan aplikasi kasir online dari Moka POS yang menerima semua jenis pembayaran digital. Selain manajemen per meja dapat dilakukan dengan mudah, Moka POS juga memiliki fitur split bill untuk memudahkan konsumen yang datang bersama teman-temannya namun ingin membayar pesanan mereka sendiri-sendiri.


Begitulah tips yang bisa Anda terapkan untuk mengembangkan bisnis kopi Anda. Ingatlah bahwa bisnis kopi merupakan kombinasi antara usaha dengan layanan prima dan produk berkualitas baik. Jadi, pastikan keduanya selalu Anda perhatikan dengan baik. Dengan begitu, bisnis kopi Anda akan punya daya saing tinggi sehingga konsumen tertarik untuk membeli kopi berkualitas yang Anda jual.

Point of Sale

Social Media Share :
Yovita

Yovita

Penulis di Blog Moka.