Moka Logo
Entrepreneur adalah Pengusaha Sejati, Ini 7 Kuncinya

Tips Bisnis

Entrepreneur adalah Pengusaha Sejati, Ini 7 Kuncinya

3 min
YovitaYovita

Entrepreneur adalah istilah yang sering digunakan untuk menyebut pengusaha sukses. Biasanya, istilah ini muncul ketika seorang pengusaha diperkenalkan dalam acara seminar atau talkshow. Namun, ada juga yang menyebut bahwa pengusaha adalah seseorang yang berhasil membuka lapangan pekerjaan baru sehingga dapat membantu kesejahteraan banyak orang. Lalu, siapakah sebenarnya entrepreneur itu?


Definisi Entrepreneur

Entrepreneur adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Inggris. Arti harfiahnya berarti “seseorang yang mengatur, mengelola, dan menanggung risiko bisnis atau perusahaan”. Artinya, entrepreneur bukanlah sekadar orang yang menjalankan usaha. Seorang pengusaha harus memiliki kemampuan untuk memperhitungkan risiko bisnis agar dampak yang diterima bisa seminimal mungkin.

Baca juga: Langkah-Langkah Pengembangan Ide dan Peluang Usaha Meliputi 6 Hal Ini


Entrepreneur dan Pengusaha, Apakah Sama?

entrepreneur adalah - 1

Inilah pertanyaan yang paling sering ditanyakan. “Apakah entrepreneur itu berarti pengusaha?”.

Jika melihat definisi pada poin sebelumnya, entrepreneur memang bisa berarti pengusaha. Namun, seorang entrepreneur bukanlah sekadar pengusaha. Entrepreneur adalah individu yang bisa menemukan cara untuk meminimalkan risiko dan meningkatkan keuntungan lewat inovasi-inovasi baru yang belum pernah ada sebelumnya.


7 Kunci Jadi Entrepreneur Sukses

Apa yang harus Anda lakukan agar bisa menjadi pengusaha sukses? Menjadi entrepreneur adalah pekerjaan yang kompleks. Anda tidak sekadar memulai bisnis dan menjalankannya, tapi juga harus menemukan solusi untuk memecahkan suatu masalah. Untuk mengetahui apa saja yang diperlukan agar bisa menjadi seorang pengusaha sukses, mari simak poin-poin berikut.

1. Berani mengembangkan usaha

Entrepreneur adalah individu yang terus berinovasi. Ketika usaha yang dijalankannya berhasil, ia tak ragu untuk mengembangkannya agar dapat meraih lebih banyak peluang. Misalnya, seorang pengusaha yang berangkat dari bisnis offline di toko fisik, kemudian merambah ke dunia online agar bisa menjangkau lebih banyak konsumen. Tak lupa, ia juga memperhitungkan risikonya dan menyusun strategi jualan online terlebih dahulu.

2. Bisa membangun tim yang solid

Akan sulit untuk menjalankan usaha seorang diri, terlebih jika berharap usaha yang berjalan bisa berkembang. Sebab, dalam sebuah usaha yang sukses, ada banyak sekali pekerjaan yang harus dilakukan. Oleh karenanya, seorang pengusaha harus memiliki tim. Seorang entrepreneur akan sukses jika mampu membangun tim yang solid.

3. Berani menghadapi risiko

Seorang entrepreneur harus memiliki mindset “tidak boleh takut gagal”. Pengusaha harus berani dalam menghadapi risiko. Sebab, pada dasarnya, risiko akan selalu ada, tinggal bagaimana persiapan yang dilakukan untuk bisa meminimalisirnya. Dengan persiapan yang baik, risiko pasti dapat direduksi menjadi gangguan yang tidak berarti.

4. Mampu membangun jaringan

Dalam merintis usaha, Anda pasti perlu dukungan dari banyak orang. Selain dukungan dari orang-orang terdekat dan tim, untuk menjadi pengusaha sukses, Anda juga memerlukan relasi. Dengan membangun relasi, Anda berpeluang untuk membuka kesempatan baru. Entah itu kesempatan untuk berkolaborasi, maupun kesempatan untuk bertemu dengan investor.

Baca juga: Kemitraan adalah Kunci Sukses Usaha, ini Strateginya!

5. Mau memanfaatkan teknologi

Teknologi berkembang dengan begitu pesat. Setiap saat, muncul teknologi baru yang dapat menyederhanakan pekerjaan manusia. Dalam menjalankan usaha, tak ada salahnya untuk memanfaatkan teknologi. Misalnya, menggunakan aplikasi kasir Moka POS.

Aplikasi Moka POS memiliki fitur-fitur canggih untuk membantu Anda mengelola pembayaran, baik di toko offline maupun online. Tersedia juga fitur Manajemen Stok untuk pengelolaan stok yang lebih terstruktur.

6. Kenali target bisnis Anda

Untuk bisa menjadi pengusaha sukses, Anda harus benar-benar mengenali target bisnis. Pahami dengan baik sasaran usaha Anda. Kenali permasalahan yang dihadapi pasar dan bagaimana produk dari Anda dapat menyelesaikan masalah tersebut. Cara ini akan membantu usaha Anda berkembang dengan lebih banyak pelanggan.

7. Punya kemauan terus belajar

Jangan pernah berhenti belajar. Dunia bergerak dengan cepat dan perubahan pasti terjadi. Agar usaha Anda tetap relevan, selalu berpikiran terbuka dan pelajari keterampilan baru. Dengan begitu, Anda bisa menemukan cara yang lebih efisien dalam menjalankan usaha dan menjadi seorang pengusaha yang sukses.

Baca juga: Produktivitas adalah Kunci Sukses Bisnis, Ini 7 Tips Meningkatkannya


Dari sini, bisa kita simpulkan bahwa entrepreneur adalah seseorang yang mampu menghadirkan inovasi untuk mengatasi suatu permasalahan dan meminentrepreneur adalah - 1 imalisir potensi risiko. Mereka juga dapat beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan dan teknologi baru. Jadilah pengusaha sukses dengan dukungan solusi dari Moka POS, aplikasi kasir canggih yang menyediakan beragam fitur untuk memudahkan bisnis Anda. Pelajari detail selengkapnya di sini!

Aplikasi pos

 

Social Media Share :
Yovita

Yovita

Penulis di Blog Moka.