Moka Logo
Team Building: Manfaat, Contoh, dan Cara Membangunnya

Tips Bisnis

Team Building: Manfaat, Contoh, dan Cara Membangunnya

3 min

by

Pernahkah Anda menyadari bahwa anggota tim Anda tidak saling mengenal satu sama lain? Kalau sudah seperti ini, Anda butuh inisiatif team building. Sebab, suasana yang kurang bersahabat dan interaksi yang canggung bisa menghambat kelancaran komunikasi saat bekerja sama, padahal elemen ini sangat perlu untuk menjaga produktivitas. Tapi, bagaimana cara melakukannya? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Team Building?

Pada dasarnya, team building adalah proses membangun kekompakan sebuah tim dengan memperkuat hubungan antar anggotanya. Untuk mewujudkan hal ini, biasanya proses team building melibatkan banyak kegiatan kasual atau berwawasan yang mendorong interaksi antara setiap personel.

Baca juga: Pelayanan Prima adalah Alasan Konsumen Sukai Bisnis Anda, Ini Tipsnya!

Manfaat Team Building Bagi Bisnis

Rutin mengadakan kegiatan team building bisa menguntungkan bisnis Anda dari berbagai aspek, lho! Apa maksudnya? Anda bisa mengetahui manfaat utama dari aktivitas ini di bagian berikut:

1. Meningkatkan efektivitas dan produktivitas tim

Karena kegiatan team building pada umumnya menitikberatkan kesempatan untuk bersantai dan belajar bersama, tim Anda akan merasa lebih termotivasi untuk bekerja setelah rileks sejenak. Pada saat yang bersamaan, mereka bisa mempelajari kemampuan baru untuk menghemat waktu kerja.

Baca juga: Produktivitas adalah Kunci Sukses Bisnis, Ini 7 Tips Meningkatkannya

2. Memperkuat hubungan antara rekan kerja

Pada ajang seperti team building, mereka akan merasa lebih santai dan terbuka untuk mengungkapkan beberapa hal tentang hobi serta kehidupan pribadi mereka. Di akhir acara, mereka bisa semakin mengenal semua orang, terutama yang sering berinteraksi dalam latar pekerjaan.

3. Mendorong kreativitas dan inovasi

Saat pegawai sedang bersantai dan mengamati lingkungan sekitar di tengah team building, mereka bisa menemukan banyak ide dengan lebih mudah. Selain itu, bekal berupa ilmu baru dari kegiatan team building juga bisa memandu mereka menemukan solusi yang unik.

Baca juga: 8 Tips Inovasi Bisnis Agar Usaha Anda Berkembang Pesat

4. Meningkatkan kepuasan kerja

Pada akhirnya, ketiga manfaat yang sudah disinggung sebelumnya bisa membuat pegawai semakin puas dengan lingkungan kerja mereka. Apa rahasianya? Ketika mereka bisa berinteraksi dengan rekan kerja secara lebih leluasa dan mampu menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efisien, pegawai Anda akan semakin betah di tempat kerja mereka.

Contoh Cara Membangun Kekompakan Tim

Dengan kemudahan yang ditawarkan oleh kecanggihan zaman sekarang, ada banyak ide kegiatan team building yang bisa Anda terapkan. Ini dia beberapa contoh yang sangat praktis:

Baca juga: 7 Tips Buat Karyawan Lebih Bahagia di Kantor

1. Workshop bersama

Kalau Anda ingin mengajak semua anggota tim belajar kemampuan baru bersama-sama, tidak ada salahnya Anda menjadwalkan waktu untuk ikut kegiatan workshop. Misalnya, Anda bisa mengundang orang-orang ikut workshop memasak, membuat kerajinan tangan, atau belajar bahasa asing baru untuk percakapan sehari-hari.

2. Analisis studi kasus bersama

Ada juga aktivitas team building yang bisa mengasah kemampuan berpikir secara kreatif, yaitu dengan mengadakan sesi study case bersama-sama. Pilihlah satu studi kasus yang relevan dengan pekerjaan atau setidaknya berkaitan dengan tren terkini untuk dianalisis. Kemudian, ajak semua anggota tim Anda saling menanggapi pendapat masing-masing orang.

3. Makan siang bersama

Di sela-sela kesibukan kerja pun, Anda tetap bisa memupuk kekompakan tim, kok. Caranya, ajak semua anggota tim berkumpul di kantin untuk menikmati bekal masing-masing, atau pada saat tertentu, Anda bisa mentraktir mereka makan di restoran tertentu. Lalu, manfaatkanlah kesempatan ini untuk bertanya tentang kehidupan sehari-hari, hobi, atau apa pun yang tidak berkaitan dengan pekerjaan agar suasana lebih santai.

Cara Mengukur Kesuksesan Team Building

Lantas, bagaimanakah Anda bisa mengukur apakah kegiatan yang dilaksanakan sudah cukup efektif? Mudah sekali, Anda cukup membandingkan output kinerja tim dibandingkan sebelumnya dan target dari aktivitas team building. Contohnya, Anda bisa melihatnya dari segi penjualan, jumlah tugas yang diselesaikan, atau kepuasan kerja berdasarkan hasil survei.

Hasil evaluasi terhadap kesuksesan team building Anda akan lebih akurat dan terarah jika Anda menggunakan data yang lengkap. Untuk mempermudah akses data tersebut demi referensi masa depan, tentunya Anda perlu satu tempat terpadu untuk menyimpannya. Contohnya, Anda bisa menggunakan fitur Manajemen Karyawan dari Moka POS.

Akurasi dan keamanan data dengan fitur ini semakin terjamin karena sudah dilengkapi dengan PIN dan pelaporan yang komprehensif secara real-time, mulai dari hasil penilaian hingga durasi kerja mereka. Ingin tahu seberapa mudahnya? Yuk, jangan ragu-ragu untuk menjadwalkan demo gratis dengan Moka POS sekarang!

Social Media Share :