Moka Logo
Spanduk Adalah? Pengertian, Jenis, Contoh, dan Manfaat Bagi Marketing

Tips Bisnis

Spanduk Adalah? Pengertian, Jenis, Contoh, dan Manfaat Bagi Marketing

7 min

by

Spanduk adalah alat promosi yang sering kita jumpai secara sadar maupun tidak sadar. Biasanya, spanduk terpasang di jalan-jalan, di depan toko, dan di acara-acara. Karena saking seringnya kita menjumpai spanduk, kita mungkin tidak terpikirkan lagi soal tujuan dan manfaatnya. Memang, apa fungsi spanduk?

Spanduk semestinya tidak hanya menarik perhatian masyarakat, tetapi juga berperan vital dalam strategi pemasaran. Strategi yang tepat dalam menggunakan spanduk dapat meningkatkan keuntungan bisnis secara signifikan. Bagi Anda yang juga bergelut di bisnis dan ingin merasakan manfaatnya, simak penjelasan di bawah ini!

Apa Itu Spanduk?

Spanduk adalah alat komunikasi visual yang dipasang secara horizontal maupun vertikal. Lokasi penempatannya bisa di jalanan, di depan toko, acara tertentu, dan sebagainya, bergantung tujuan dari pemasangan banner itu sendiri. Selain dipasang di area-area yang disesuaikan dengan kebutuhan, waktu pemasangannya pun mesti diperhatikan, misalnya saat menjelang hari raya tertentu, ketika toko mengadakan promo, atau saat sebuah acara akan menghadirkan bintang tamu ternama dari industri hiburan dunia.

Karena tingginya kebutuhan akan pemasangan banner, kini jenis spanduk ada banyak, mulai dari yang konvensional dan dipasang dengan tali di keempat sisinya hingga spanduk dengan besi penyangga. Desain spanduknya pun dapat bermacam-macam, bergantung permintaan pemasang banner, misalnya desain simpel atau minimalis sampai yang ramai sekalipun. Semuanya mesti disesuaikan dengan kebutuhan, baik untuk menyampaikan informasi, menawarkan promosi, memperkenalkan brand baru, dan lain sebagainya.

Fungsi Spanduk Adalah…

Honey, retail and shop with window and natural product, organic and fresh for shopping and farm food service. Store display, creative and small business, nutrition and healthy liquid gold with nature.

Penjelasan di atas sudah menyebutkan secara singkat mengenai fungsi dari spanduk. Supaya Anda lebih paham, perhatikan beberapa poin di bawah ini, yuk!

  • Media promosi brand

Fungsi pertama dari spanduk adalah untuk media promosi brand. Ini bisa berarti mempromosikan produk yang dijual oleh brand tersebut atau memperkenalkan brand baru ke masyarakat dengan tujuan membangun brand awareness. Anda mungkin tidak menyadari kehadiran banner sebagai media promosi yang begitu massif, tapi pesan yang disampaikan secara efektif akan teringat oleh masyarakat.

Perannya sebagai media promosi membuat spanduk efektif untuk meningkatkan kesadaran merek. Dengan visibilitas tinggi, spanduk dapat menjangkau audiens yang lebih luas. Pemilihan desain yang menarik dan pesan yang jelas tentunya mendukung spanduk menjadi alat komunikasi yang kuat dalam membangun identitas merek. Anda mungkin membutuhkan desainer hingga copywriter untuk mengemas pesan dan desain banner ini.

  • Alat untuk menyampaikan informasi

Spanduk berperan penting dalam menyampaikan informasi. Terkadang kita melihat spanduk yang memuat pengumuman acara, seperti konser musik, teater, hingga sejenis G20, bukan? Itu menandakan bahwa spanduk dapat digunakan untuk menyebarkan berbagai jenis informasi, termasuk memberikan keuntungan dalam menjangkau audiens secara efisien.

Menyampaikan informasi ini juga bisa dilakukan ketika Anda akan memperkenalkan brand baru. Sebab, pembaca menjadi mengetahui informasi bahwa ada merek baru yang akan atau sudah di-launching. Karena berfungsi untuk menyebarkan informasi, biasanya banner tidak hanya dipasang di satu tempat, melainkan di beberapa titik sekaligus agar jangkauannya meluas.

  • Penunjuk arah

Bukan hanya berfungsi sebagai media promosi maupun untuk menyampaikan informasi, spanduk juga dapat dijadikan sebagai penunjuk arah. Terkadang seseorang bisa tersesat ketika berkendara di daerah yang sepi atau minim pengguna jalan. Alih-alih menggunakan penunjuk arah berwarna hijau seperti yang ada di jalan raya, spanduk bisa jadi alternatif untuk rute di perkampungan.

Namun, spanduk yang ditujukan untuk kepentingan penunjuk arah mungkin perlu diletakan di posisi yang memiliki pencahayaan cukup terang. Lalu, jangan gunakan warna gelap untuk spanduk semacam ini. Anda boleh menggunakan warna putih untuk background spanduk dan pilihlah font yang tebal dan dapat terbaca dengan baik.

  • Meningkatkan estetika lapak

Siapa bilang spanduk adalah elemen perusak estetika tempat di sekitarnya? Banner yang didesain dengan baik juga bisa mempercantik lokasi. Gunakan desain kreatif dan warna yang menarik untuk memberikan nilai estetika pada toko atau lahan bisnis Anda. Terapkan juga desain indah ini saat akan mengadakan acara tertentu, misalnya 17 Agustus di balai desa atau Natalan di gereja.

Ingat bahwa bentuk spanduk itu ada berbagai macam. Selain memastikan desainnya bagus dan aesthetic, Anda mungkin perlu memilih bentuk yang paling sesuai dengan lokasi pemasangannya. Jika Anda ingin memasang spanduk cantik di toko, pilihlah standing banner yang warnanya sesuai dengan color palette toko Anda. Lalu, bubuhkan elemen dekoratif lainnya seperti bunga atau pita di sekitar spanduk.

Baca juga: Bagaimana Cara Memulai Usaha Percetakan Rumahan?

Jenis-Jenis Spanduk

Spanduk itu ada banyak jenisnya, persis seperti yang disebutkan di atas. Agar Anda punya banyak wawasan tentang macam-macam spanduk, simak beberapa poin berikut!

  • X-Banner

Jenis spanduk yang pertama adalah x-banner karena dipasang menggunakan tiang penyangga yang bentuknya seperti huruf x. Bahan dasar tiang penyangga biasanya terbuat dari pipa dan alumunium kecil supaya mudah dipindahkan dari tempat satu ke tempat lainnya. Spanduk jenis ini biasanya akan di-print dengan ukuran memanjang secara vertikal.

Keuntungan dari penggunaan x-banner adalah tiangnya dapat digunakan berulang kali, tinggal mengganti spanduknya saja. Sehingga, Anda bisa menjadikan x-banner ini sebagai sarana promosi di toko karena kemungkinan Anda harus memasang promo atau penawaran yang berganti setiap bulannya.

  • Y-Banner

Hampir mirip dengan x-banner, y-banner adalah model pengembangan dari jenis sebelumnya. Jika x-banner berarti spanduk dipasang pada tiang yang berbentuk huruf x, tiang penyangga y-banner ini sedikit lebih kompleks. Sebab, pada kaki-kaki huruf x ada pipa penghubung ke tiang penyangga yang menopang banner secara keseluruhan.

Penambahan tiang di kaki-kaki x-banner ini bertujuan untuk memperkuat tumpuan banner karena umumnya spanduk ini mudah jatuh saat terhempas angin. Dengan y-banner, spanduk Anda bisa lebih kokoh saat berdiri. Fleksibilitasnya juga sama seperti x-banner karena dapat dicopot dan digunakan kembali ketika berganti banner yang baru.

  • Roll-up banner

Roll-up banner adalah jenis spanduk berikutnya yang tak kalah modern dari dua jenis sebelumnya. Biasanya, spanduk ini juga memiliki alat penyangga supaya bisa diletakkan secara vertikal. Namun, metode meringkasnya jauh lebih sederhana karena Anda hanya perlu menggulungnya. Bisa dibilang, ini merupakan jenis spanduk yang sangat simpel dan mudah dibawa berpindah-pindah tempat. Namun, dari segi harga, mungkin roll-up banner akan lebih mahal dibandingkan dua jenis sebelumnya, mengingat kemampuannya yang bisa digulung secara praktis.

  • Mini X-banner

Tidak jauh berbeda dari x-banner, spanduk mini ini hanya memiliki perbedaan dari segi ukuran karena keduanya sama-sama disangga oleh tiang berbentuk x. Biasanya, ukuran mini x-banner itu mulai dari 26×38 cm atau bisa lebih kecil lagi. Tidak ada patokan ukuran yang pasti karena semuanya dapat disesuaikan dengan kebutuhan pembuat banner.

Lalu, untuk apa membuat banner jika ukurannya tidak terlihat dari jauh? Penggunaan mini x-banner itu umumnya untuk men-display menu makanan dari sebuah restoran atau untuk menampilkan promo tertentu yang sedang berlangsung. Anda bisa mencontoh metode ini jika memiliki toko atau bisnis.

Contoh Spanduk untuk Promosi

Ada berbagai macam contoh spanduk yang digunakan untuk mempromosikan bisnis. Anda bisa coba melakukan tiga cara berikut ini supaya dapat semakin menarik perhatian konsumen.

  • Spanduk dengan kode QR

Pasanglah spanduk dengan kode QR yang bisa mengarahkan konsumen untuk mengunjungi situs challenge atau tebak-tebakan. Dari sana Anda dapat menawarkan hadiah menarik jika mereka berhasil memperoleh poin tertentu. Dengan begitu, konsumen bisa semakin tertarik dengan brand Anda, begitu pula para calon pelanggan yang jadi aware dengan keberadaan bisnis Anda.

Spanduk dengan kode QR ini tidak harus dipajang di outlet bisnis Anda, melainkan juga bisa ditempelkan di jalan-jalan yang sudah diizinkan dipasangi banner. Pasang juga di area rekreasional supaya pengunjung situs semakin luas. Pada akhirnya, semakin banyak orang lagi yang mengetahui eksistensi bisnis Anda.

  • Spanduk desain minimalis

Anda mungkin pernah melihat spanduk yang tidak mempunyai desain aneh-aneh, melainkan hanya sepenggal kata atau kalimat saja. Nyatanya desain banner yang semacam ini justru mampu memikat perhatian pengguna jalan atau masyarakat yang sedang melewati spanduk tersebut. Ditambah lagi, zaman sekarang orang sudah jarang yang memperhatikan pemandangan sekitar karena semua aktivitas rasanya terburu-buru. Spanduk adalah untuk memancing rasa ingin tahu konsumen, jadi dengan desain minimalis ini mungkin bisa Anda terapkan untuk memancing rasa ingin tahu mereka.

  • Spanduk kreatif

Spanduk tidak hanya bisa dibuat untuk memuat informasi yang monoton saja, Anda juga bisa mendesain banner kreatif yang dipadukan dengan teknik pencahayaan tertentu atau memperlihatkan desain 3D. Untuk mendapatkan spanduk kreatif semacam ini, Anda mungkin perlu merekrut ahli desain yang mengerti tentang tata letak pemasangan lampu dan sebagainya. Mungkin Anda memerlukan seorang desainer yang mengerti tentang desain interior. Pastikan pesan yang ingin Anda utarakan sampai melalui banner tersebut.

Baca juga: 9 Tips Bisnis Usaha Percetakan dan Rincian Modal Usaha

Strategi Mempromosikan Bisnis dengan Spanduk

Paper shopping bags against blurred store entrance

Salah satu manfaat spanduk memang untuk mempromosikan bisnis. Akan tetapi, bagaimana cara memaksimalkan manfaatnya agar strategi promosi Anda efisien?

  • Tentukan ukuran spanduk yang tepat

Hal pertama yang mesti Anda perhatikan ketika akan menggunakan spanduk sebagai media promosi adalah memperhatikan ukurannya. Pastikan spanduk yang Anda pasang ini bisa dibaca dengan baik meskipun diletakkan cukup jauh dari posisi target market Anda. Penentuan ukuran spanduk pun harus disesuaikan dengan budget yang Anda miliki, ya. Jangan sampai Anda terlalu memaksakan diri untuk mempromosikan bisnis lewat banner, tapi justru tidak mendapat keuntungan yang sebanding dari pengeluaran tersebut.

  • Buat desain dengan ilustrasi menarik

Tidak hanya ukuran, desain yang menarik tentunya dapat menyita perhatian masyarakat meskipun mereka sedang berada di jalanan. Anda bisa pilih tema ilustrasi yang pas sesuai citra bisnis Anda, misalnya gunakan konsep kartun kalau toko Anda memang menjual mainan anak-anak. Opsi lainnya, Anda bisa menggunakan ornamen Jepang jika Anda adalah pemilik restoran Jepang.

Saat mendesain banner, pastikan ukuran gambar yang dipakai berukuran cukup besar sehingga tidak pecah ketika spanduk di-print. Jika Anda membuat desain sendiri, pilihlah gambar yang formatnya PNG dibandingkan dengan JPG. Namun, apabila Anda menyerahkan urusan banner ini ke ahlinya, seorang desainer pasti sudah mengerti harus menggunakan resolusi gambar seperti apa.

  • Perhatikan pemilihan warna untuk spanduk

Desain semestinya berkaitan dengan warna. Maka, sulit rasanya sebuah banner dikatakan memiliki ilustrasi yang baik apabila pemilihan warnanya kurang cocok. Untuk mendapatkan pilihan warna terbaik saat membuat spanduk, Anda bisa konsultasikan dengan desainer mengenai color palette bisnis Anda. Dari sana Anda dapat menggunakan keseluruhan warna tersebut atau memakai sebagiannya saja. Untuk desain spanduk minimalis, Anda mungkin hanya perlu dua warna yang kontras seperti hitam dan putih atau merah dan putih.

  • Pastikan logo dan informasi penting mudah terlihat

Dalam membuat spanduk, hal yang penting adalah informasi tersampaikan secara jelas dan pembaca tahu siapa pemberi informasi tersebut. Misalnya, jika Anda adalah pelaku usaha yang bergelut di bidang F&B, cantumkan menu makanan yang sedang promo dan jangan lupa bubuhkan logo restoran Anda di sana. Pastikan logo tersebut mudah ditangkap dan dimengerti oleh pengguna jalan yang lewat atau pengunjung acara atau mal tertentu. Anda bisa menaruhnya di bagian tengah atas dan buat ukurannya agak lebih besar.

  • Gunakan penulisan singkat, padat, dan jelas

Bukan hanya ilustrasi yang penting dalam membuat banner, pemilihan font dan ukurannya pun perlu dipertimbangkan dengan baik. Pastikan Anda hanya menuliskan kalimat yang singkat, padat, dan jelas sehingga ukuran font bisa diperbesar dan spanduk pun dapat lebih terbaca dengan baik. Agar Anda mampu memutuskan kalimat terbaik yang akan dicantumkan dalam spanduk, hire copywriter yang berpengalaman untuk hal ini. Tarif yang mereka kenakan biasanya bisa bergantung pada jumlah kata. Jadi, pastikan Anda mempertimbangkan sesuai budget, ya!

  • Pilih material spanduk yang tidak mudah rusak

Spanduk untuk promosi biasanya perlu ditempatkan di luar ruangan. Karena itu, tidak heran bila Anda harus memilih material banner yang tidak mudah rusak. Sebab, kemungkinan besar spanduk ini akan dilanda terik matahari dan juga hujan lebat. Material spanduk yang buruk biasanya membuat tulisan atau elemen gambar yang ada di permukaannya cepat memudar, bahkan mungkin juga robek. Anda mungkin perlu memberi lubang pada permukaan spanduk agar tidak cepat roboh ketika dihempas angin.

  • Pasang spanduk di tempat yang strategis

Terakhir, perhatikan lokasi dan posisi pemasangan spanduk Anda. Jika ingin terbaca dengan baik oleh masyarakat, Anda dapat meletakkannya di titik-titik pemberhentian, misalnya dekat lampu merah, di area yang sering terkena macet, atau di wilayah yang dekat dengan palang kereta api. Tinggi rendahnya spanduk juga mesti diperhatikan. Jika rata-rata tinggi bangunan di sekitarnya cukup menjulang, Anda mungkin perlu memasang spanduk yang lebih tinggi daripada ketika memasangnya di sekitar area perumahan.

Baca juga: 6 Cara Promosi Produk Unik yang Bisa Memikat Banyak Pelanggan

Spanduk adalah media promosi bisnis yang penting, tetapi ini tentu bukan cara satu-satunya. Anda dapat mempertahankan pelanggan dengan menyediakan metode pembayaran yang canggih seperti Moka Prime. Dengan dua layar sentuh interaktif, tampilan outlet Anda jadi terkesan minimalis dan lebih profesional bersama Moka Prime. Tentunya, ini juga akan meningkatkan kenyamanan pelanggan selama bertransaksi di tempat Anda. Maksimalkan strategi marketing Anda dengan spanduk dan mesin kasir digital dari kami!

Social Media Share :