Moka Logo
Manajemen Bisnis: Fungsi dan Komponen Perencanaannya

Tips Bisnis

Manajemen Bisnis: Fungsi dan Komponen Perencanaannya

3 min

by

Sebagai pemilik usaha, proses perencanaan bisnis memang penting. Akan tetapi, pengelolaan usaha yang baik juga tak kalah penting untuk menjamin bahwa sebuah usaha itu berjalan dengan sebagaimana mestinya. Artikel ini akan menjelaskan apa itu manajemen bisnis, bagaimana manfaat dan fungsinya untuk usaha, apa saja komponen yang termasuk di dalamnya.

Apa Itu Manajemen Bisnis?

Berbeda dengan perencanaan bisnis, manajemen bisnis adalah proses yang jauh lebih detail dan terperinci. Pasalnya, business management ini mencakup kegiatan perencanaan, menjalankan, dan mengontrol jalannya sebuah usaha. Maka dari itu, bisa dibilang bahwa aktivitas manajemen bisnis itu sangat penting untuk menentukan masa depan perusahaan.

Baca juga: Manajemen Persediaan untuk Bisnis: Definisi, Fungsi, Metode

Fungsi Manajemen Bisnis

Bicara soal fungsi manajemen bisnis, ada banyak sekali manfaat melaksanakan kegiatan ini. Berikut kelima fungsi business management yang dapat Anda rasakan selaku pemilik usaha.

  1. Planning

Melengkapi penjelasan di awal, proses manajemen bisnis itu termasuk kegiatan perencanaan usaha atau planning. Dalam kegiatan ini, selaku pemilik usaha, Anda harus menetapkan rencana-rencana atau goals-goals yang ingin dilaksanakan dan dicapai di masa mendatang.

  1. Organizing

Proses berikutnya yang tak kalah penting dalam business management adalah pengelolaan atau organizing. Setelah menyusun langkah-langkah yang akan dilakukan, penting sekali untuk membagi tugas tersebut ke karyawan bisnis Anda, sesuai dengan jobdesk mereka.

  1. Staffing

Staffing adalah proses yang juga penting, sebab bagaimana bisa Anda merencanakan dan menjalankan rencana-rencana tersebut apabila tidak ada orang yang melakukannya? Itulah mengapa proses rekrutmen ini menjadi begitu diperlukan.

  1. Directing

Masih berhubungan dengan proses organizing, directing atau pengarahan menjadi salah satu cara untuk mengontrol jalannya operasional bisnis. Selain memberikan tugas ke anak buah Anda, penting juga bagi seorang pemilik usaha untuk memantau pekerjaan mereka.

  1. Controlling

Nah, masih berhubungan dengan keempat fungsi di atas, dalam menjalankan manajemen bisnis, perlu adanya proses controlling. Agenda ini dilakukan supaya Anda bisa memantau kinerja sumber daya manusia dalam perusahaan, pemasukan dan pengeluaran bisnis, serta bagaimana respons konsumen terhadap bisnis yang Anda jalankan.

Baca juga: Budget adalah Kunci Kelancaran Keuangan Bisnis, Mengapa?

4 Komponen Manajemen Bisnis

Manajemen bisnis memang bukanlah proses yang mudah karena melibatkan banyak sekali pihak di dalamnya. Berikut adalah beberapa contoh departemen yang terlibat dalam business management.

  1. Manajemen pemasaran

Sesuai namanya, manajemen pemasaran adalah proses pengelolaan yang dilakukan pada bidang marketing. Pemasaran bisnis yang baik itu harus bisa menarik minat konsumen potensial sehingga pemasukan perusahaan naik.

  1. Manajemen SDM

Komponen berikutnya yang ada dalam rangkaian manajemen bisnis adalah manajemen Sumber Daya Manusia (SDM). Proses manajemen ini tentunya melibatkan banyak hal, mulai dari rekrutmen karyawan sampai penggajian staf Anda.

  1. Manajemen operasi

Berkaitan dengan komponen sebelumnya, manajemen operasi adalah proses yang dilakukan untuk memantau sejauh mana kegiatan operasional bisnis Anda telah berjalan. Pengelolaan ini meliputi pemantauan terhadap proses produksi, distribusi, quality control, dan pengembangan produk.

  1. Manajemen keuangan

Komponen terakhir yang bisa dibilang menjadi bagian terpenting atau tonggak akhir eksistensi bisnis adalah manajemen keuangan. Seperti yang kita ketahui bersama, bisnis didirikan dengan modal tertentu dan untuk mencapai suatu keuntungan tertentu. Itulah mengapa hitungan finansial menjadi sangat penting di sini.

Baca juga: 5 Manfaat Aplikasi Gudang untuk Manajemen Inventaris Bisnis Anda

Tips Perencanaan untuk Manajemen Bisnis

Menjalankan manajemen bisnis itu memang tidak semudah teori yang ada pada penjelasan-penjelasan artikel ini, tapi bukan berarti itu hal yang mustahil. Berikut tips supaya Anda bisa melakukan business management sesuai rencana.

  1. Tentukan target bisnis secara spesifik

  2. Buat strategi sejelas mungkin

  3. Catat sumber daya yang diperlukan

  4. Terapkan SOP untuk mencapai target

Salah satu alat yang dapat membantu Anda menjalankan manajemen bisnis adalah Customer Relationship Management (CRM). CRM memungkinkan Anda untuk menjalin hubungan yang lebih baik dengan pelanggan, memahami kebutuhan mereka, dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang CRM, kunjungi artikel kami tentang topik ini di sini!

Dengan perencanaan yang matang dan penggunaan alat yang tepat, Anda dapat mengelola bisnis dengan lebih efektif dan meningkatkan peluang kesuksesan. Ingatlah bahwa manajemen bisnis adalah perjalanan yang terus berubah dan Anda dituntut untuk fleksibel saat menghadapinya. Tetap berfokus pada tujuan Anda, terus belajar, dan terus berkembang untuk mencapai kesuksesan dalam dunia bisnis yang kompetitif!

Social Media Share :