Moka Logo
Kepuasan Pelanggan: Manfaat, Faktor Penentu, dan Cara Mengukurnya

Tips Bisnis

Kepuasan Pelanggan: Manfaat, Faktor Penentu, dan Cara Mengukurnya

3 min

by

Pelanggan yang merasa senang dengan layanan dan kualitas produk dari bisnis Anda akan sangat menguntungkan, lho! Mereka akan bersedia merekomendasikan usaha Anda kepada lebih banyak orang. Hasilnya, berkat kepuasan pelanggan, daya saing Anda akan semakin tinggi. Namun, untuk mewujudkan hal tersebut, Anda harus mengetahui tingkat kepuasan mereka terlebih dahulu. Bagaimana cara mengukurnya? Yuk, kita simak di sini!

Apa Itu Kepuasan Pelanggan?

Sederhananya, kepuasan pelanggan adalah seberapa senang seorang konsumen dengan pelayanan atau produk yang Anda berikan kepada mereka. Dengan kata lain, aspek ini mengukur seberapa baik Anda bisa memenuhi ekspektasi pelanggan tentang barang dan jasa dari bisnis Anda.

Manfaat Kepuasan Pelanggan bagi Kesuksesan Usaha

Kepuasan pelanggan yang tinggi membawa sejumlah manfaat bagi kesuksesan jangka panjang bisnis Anda, contohnya sebagai berikut:

 

1. Menjaga customer retention rate

Tingginya kepuasan pelanggan juga bisa membantu Anda mempertahankan customer retention rate atau persentase jumlah pelanggan setia. Bahkan, tidak menutup kemungkinan Anda juga bisa meningkatkannya. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi kesuksesan karena semakin banyak pelanggan setia Anda, semakin stabil pula arus pemasukan Anda.

Baca juga: Mana yang Lebih Penting, Pelanggan Baru atau Setia?

2. Meningkatkan penjualan

Pada akhirnya, kepuasan pelanggan bisa menghasilkan penjualan yang lebih tinggi, lho. Apa alasannya? Ketika pelanggan setia Anda merasa diapresiasi dengan layanan berkualitas dan pelanggan baru semakin tertarik dengan reputasi positif Anda, pendapatan Anda pun ikut meningkat. Hasil ini juga yang akan membantu Anda mencetak lebih banyak keuntungan.

Faktor Penentu Kepuasan Pelanggan

Lalu, apa saja yang menentukan seberapa bagus tingkat kepuasan pelanggan? Temukan jawabannya dengan mempelajari bagian ini:

1. Kualitas dan kecepatan layanan

Seberapa cepat Anda bisa melayani pelanggan dengan baik akan sangat berpengaruh bagi kepuasan mereka. Sebab, tidak ada seorang pun pembeli yang ingin menunggu terlalu lama untuk menerima bantuan, apalagi kalau masalah mereka bersifat mendesak dan menyangkut keuangan.

Baca juga: 4 Rahasia Meningkatkan Pelayanan Berkualitas untuk Bisnis UKM

2. Kualitas produk atau jasa

Selain aspek customer service itu sendiri, Anda juga perlu memperhatikan kualitas dari barang dan jasa yang ditawarkan karena hal ini juga bisa berdampak pada kepuasan pelanggan. Ketika pelanggan Anda sering protes karena barang yang sering rusak atau jasa yang kurang profesional, mereka tidak akan merasa puas dengan bisnis Anda.

3. Harga yang ditetapkan

Harga jual yang tepat bisa menentukan apakah pelanggan akan berbisnis dengan Anda atau kompetitor lain. Alasannya, harga yang terlalu tinggi akan membuat pelanggan berpikir dua kali untuk menghabiskan uang. Di sisi lain, harga yang kelewat rendah menyiratkan bahwa kualitas produk Anda tidak terlalu bagus.

4. Strategi pemasaran bisnis

Tahukah Anda bahwa konten pemasaran bisa menentukan kepuasan pelanggan? Ketika Anda menawarkan klaim atau janji yang fantastis, pelanggan akan memiliki ekspektasi yang tinggi. Namun, saat ekspektasi tersebut tidak terpenuhi, konsumen Anda akan merasa kecewa dan bisa mengajak orang lain untuk memilih brand pesaing.

Baca juga: 7 Strategi Pemasaran Online yang Belum Banyak Diketahui

5. Pengalaman berbelanja

Fasilitas tambahan seperti ketersediaan layanan perakitan, pengantaran, dan bahkan gratis ongkos kirim bisa menciptakan pengalaman berbelanja yang positif. Pada akhirnya, strategi ini bisa meningkatkan rasa puas pelanggan Anda untuk berbisnis dengan brand Anda sekali lagi.

Cara Mengukur Kepuasan Pelanggan

Untuk mengukur kepuasan pelanggan, ada berbagai cara yang bisa Anda coba dengan mudah. Berikut adalah beberapa di antaranya:

    • Kuesioner kepuasan pelanggan: angket dengan skala penilaian dari 1-5 atau 1-10 untuk layanan pelanggan;
    • Analisis lost customer: menganalisis alasan mantan konsumen berpindah ke brand lain;
  • Ghost shopping: menunjuk seseorang untuk menjadi pembeli dari produk Anda dan produk pesaing, kemudian melaporkan hasil observasi masing-masing brand kepada Anda.

Menganalisis dan bahkan mempertahankan kepuasan pelanggan di era digital seperti sekarang sudah lebih praktis berkat adanya bantuan teknologi, lho! Contohnya, ada menu analitik yang merekam semua informasi secara real-time. Nah, Anda bisa menikmati kemudahan tersebut dari fitur Manajemen Pelanggan yang ditawarkan oleh Moka POS! 

Dengan dashboard analitik dan monitoring yang intuitif, Anda bisa lebih mudah menganalisis seberapa puas pelanggan dengan produk dan layanan Anda cukup dari satu jendela saja. Tertarik mencobanya? Yuk, coba sekarang secara gratis dengan menjadwalkan demo bersama Moka POS di sini!

Social Media Share :