Moka Logo
7 Inspirasi Bisnis Baru Pasca Lebaran, Ambil Peluangnya Yuk!

Tips Bisnis

7 Inspirasi Bisnis Baru Pasca Lebaran, Ambil Peluangnya Yuk!

3 min
JordhiJordhi

Sedang butuh inspirasi bisnis baru pasca lebaran? Bulan Ramadan biasanya menjadi momen bagi orang-orang untuk membuka usaha. Namun sejatinya, membuka bisnis baru pasca lebaran juga jadi inspirasi dan peluang tersendiri.

Ditambah pasca lebaran, sebagian besar Anda mungkin mendapatkan suntikan dana lebih. Entah itu dari penjualan bisnis musiman selama Ramadan maupun dari sumber lainnya seperti THR.

Dengan prospek yang tidak kalah menarik. Berikut inspirasi bisnis baru pasca lebaran yang patut Anda coba.


Inspirasi Bisnis Baru Pasca Lebaran

Bisnis oleh-oleh

Apabila setiap lebaran Anda melakukan aktivitas mudik, bisnis oleh-oleh atau jasa titip oleh-oleh bisa jadi inspirasi bisnis baru pasca lebaran.

Meski sifatnya musiman, bisnis oleh-oleh jadi peluang emas yang bisa Anda jalankan pasca lebaran. Anda bisa menawarkan produk khas dari daerah Anda baik itu barang konsumtif maupun koleksi.

Seperti yang Anda tahu, beberapa produk daerah tidak bisa dibeli secara online dan harus dibeli langsung di tempat.

Bisnis produk kecantikan

Inspirasi bisnis baru pascalebaran 3

Menurut data pada kuartal 3 tahun 2021, industri kosmetik di Indonesia tumbuh 5,59%. Hal ini pun ditandai dengan maraknya merek-merek kosmetik lokal yang mulai beredar di pasaran.

Peningkatan ini bisa Anda jadikan sebagai inspirasi bisnis baru pasca lebaran yang menguntungkan.

Anda bisa memulainya terlebih dahulu sebagai dropshipper atau reseller. Apabila sudah memiliki modal dan pengetahuan yang cukup, Anda bisa membangun brand sendiri.

Bisnis jasa inspeksi mobil dan cuci kendaraan

Inspirasi bisnis baru pascalebaran 4

Sama seperti kosmetik, pasar mobil bekas selama 2 tahun belakangan mengalami kenaikan. Hal ini dipicu karena kemampuan daya beli dan juga kebutuhan akan kendaraan pribadi.

Apabila Anda memiliki kemampuan dalam menginspeksi mobil, hal tersebut bisa jadi inspirasi bisnis baru pasca lebaran.

Di samping menjadi inspektur mobil, Anda juga bisa membuka jasa cuci kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Hal tersebut karena penggunaan kendaraan bermotor yang tidak pernah habis di Indonesia dan sudah tentu permintaan terhadap cuci kendaraan pun tetap ada.

Bisnis pakaian sehari-hari tetap jadi inspirasi bisnis baru pasca lebaran

Bisnis pakaian adalah bisnis yang tidak pernah mati tergantung bagaimana Anda memposisikan brand pakaian Anda.

Anda bisa memulainya sebagai reseller atau dropshipper. Jika sudah memiliki cukup modal, Anda bisa membuat brand sendiri.

Bukan hanya itu, sejatinya tahun 2022 menjadi peluang terbaik Anda apabila ingin membuka bisnis pakaian sehari-hari.

Hal ini, karena di tahun 2022 orang-orang mulai kembali beraktivitas seperti sedia kala setelah sebelumnya melakukan aktivitas terbatas seperti WFH.

Sehingga permintaan terhadap pakaian sehari-sehari seperti pakaian kerja berpotensi meningkat.

Bisnis koleksi dan hobi

Inspirasi bisnis baru pascalebaran 2

Biasanya pasca lebaran, orang-orang cenderung impulsif untuk membeli barang-barang tersier seperti mainan atau barang-barang hobi lainnya.

Anda bisa memanfaatkan momen tersebut menjadi peluang bisnis baru pasca lebaran. Anda bisa menjual alat olahraga seperti sepeda, atau  mainan hobi seperti plastic model kit, diecast, figure, atau bahkan sneakers.

Pastikan juga Anda memahami tren dari hobi tersebut. Misal, pasca lebaran tren hobi apa yang saat itu sedang digemari. Misal, sneakers A dan perusahaan B akan mengeluarkan produk baru pasca lebaran.

Baca juga: 6 Cara Antisipasi Lonjakan Pemesanan Saat Lebaran 2022

Bisnis buku pendidikan

Di Indonesia, penyelenggaraan Ujian Tertulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (UTBK-SBMPTN) biasanya dilakukan pada pertengahan tahun.

Di tahun ini, penyelenggaraan UTBK-SBMPTN dilakukan pada pertengahan bulan Mei 2022 hingga Juni 2022. Momen ini pun bisa Anda jadikan sebagai inspirasi bisnis baru pasca lebaran.

Tidak sedikit siswa sekolah yang mencari buku pendidikan seperti buku kisi-kisi, pembahasan soal, dan bank soal menjelang ujian sekolah maupun SBMPTN.

Baca juga: Perbedaan KOL dan Influencer adalah: Keahlian dan Karakter Followers

Bisnis hewan kurban

Iduladha atau lebaran kurban biasanya hadir dua bulan setelah lebaran Idulfitri. Momen ini pun bisa Anda manfaatkan untuk membuka bisnis hewan kurban.

Meski terhitung masih lama, Anda bisa mempersiapkannya jauh-jauh hari. Misal, mencari vendor peternakan, jasa transportasi, hingga mencari lokasi penjualan.

Mengapa dilakukan jauh-jauh hari? Hal ini karena biasanya vendor akan mematok harga lebih tinggi ketika Iduladha semakin dekat. Sehingga apabila dilakukan jauh hari, Anda bisa mendapatkan hewan kurban terbaik dengan harga terbaik.

Baca juga: 16 Inspirasi Ucapan Selamat Ramadan dalam Bahasa Inggris


Itulah beberapa inspirasi bisnis baru pasca lebaran yang mudah dicoba dan mungkin bisa Anda lakukan dalam waktu dekat.

Satu yang perlu diingat adalah bagaimana cara Anda berjualan. Saat ini cara jualan yang efektif adalah melalui jualan online. Apalagi jika Anda belum memiliki modal cukup untuk menyewa tempat.

Anda juga bisa memanfaatkan platform jualan online untuk memaksimalkan aktivitas jualan online Anda salah satunya menggunakan GoStore.

GoStore merupakan platform jualan online yang mampu menghubungkan dan memunculkan produk Anda ke berbagai platform seperti Facebook, Instagram, dan Google. Dengan begitu, Anda bisa meraih pelanggan lebih banyak.

Jika Anda sudah siap menjalankan inspirasi bisnis baru pasca lebaran yang sudah dijelaskan tadi, jangan lupa untuk gunakan GoStore segera untuk maksimalkan jangkauan pelanggan Anda.

Social Media Share :
Jordhi

Jordhi

Penulis di Blog Moka