Moka Logo
Ini Fungsi MPOS dan Bedanya dengan POS Konvensional

Tips Bisnis

Ini Fungsi MPOS dan Bedanya dengan POS Konvensional

3 min

by

Apa yang ada di pikiran Anda saat mendengar kata “mesin kasir” dan “POS”? Mungkin Anda akan membayangkan mesin khusus berukuran besar dengan banyak metode input manual yang rumit. Tapi, tahukah Anda kalau sekarang Anda bisa mengoperasikan sistem POS di kasir dengan perangkat yang lebih mudah ditemukan? Ya, justru dengan berbekal smartphone atau tablet saja, Anda sudah bisa mengelola transaksi, lho. Semua itu berkat kehadiran teknologi MPOS. Penasaran? Yuk, kita pelajari definisi dan manfaatnya di sini!

Apa Itu MPOS?

MPOS atau singkatan dari Mobile Point of Sales adalah aplikasi kasir yang bisa diakses dari perangkat seluler. Maka dari itu, Anda memerlukan koneksi internet dari WiFi atau paket data provider layanan seluler untuk menggunakan semua fiturnya, mulai dari pencatatan transaksi hingga pemantauan inventaris.

Baca juga: Point of Sales adalah: Pengertian, Manfaat, dan Rekomendasinya

Perbedaan MPOS dengan POS Konvensional

Meski sama-sama termasuk dalam kategori POS, MPOS masih berbeda dengan sistem point of sales pada umumnya, lho. Agar lebih jelas, Anda bisa menyimak daftar perbedaannya di bawah ini:

1. Alat yang dibutuhkan

Pembeda pertama dari MPOS dan sistem POS biasa adalah perangkat yang bisa mengakses fiturnya. POS konvensional lebih mengandalkan sistem PC atau perangkat komputer berukuran besar. Sementara itu, sesuai namanya, Anda bisa menggunakan aplikasi MPOS dari smartphone atau tablet dengan sistem operasional Android, iOS, dan Windows.

2. Kemudahan pengoperasian

Sistem POS konvensional memerlukan pengetahuan teknis tentang teknologi untuk proses instalasi dan bahkan penggunaannya karena banyaknya kombinasi kunci yang harus Anda masukkan. Sementara itu, Anda bisa mengoperasikan MPOS dengan lebih mudah karena Anda cukup membaca petunjuk pada layar dan menekan tombol yang sesuai.

3. Portabilitas sistem POS

Karena POS biasa menggunakan komputer berukuran besar, Anda mungkin akan perlu bantuan dari jasa logistik untuk mengangkutnya ke tempat lain. Tapi, dengan sistem MPOS, Anda cukup membawa smartphone atau tablet yang sudah memiliki aplikasinya serta penyangganya. Jadi, bobotnya juga lebih ringan, dan Anda bisa hemat biaya pengangkutan.

Fungsi Utama MPOS untuk Bisnis

MPOS memiliki banyak fitur canggih yang bisa bantu mensukseskan bisnis Anda, lho. Simak semua fungsi dan manfaatnya di bawah ini, yuk:

1. Mempersingkat waktu transaksi

Saat memproses pembayaran dari pelanggan dengan MPOS, Anda cukup menekan ikon barang atau jasa yang dipilih pelanggan pada layar. Lalu, sistem akan menghitung rincian harga dan pajaknya secara otomatis, sehingga pelanggan bisa langsung membayar secara tunai maupun non-tunai. Setelah itu, transaksi pun selesai dalam waktu lebih singkat agar antrean tidak menumpuk. Praktis, kan?

Baca juga: Mengapa Mobile Payment Penting untuk Bisnis Anda?

2. Menerbitkan nota atau struk digital

Dengan sistem MPOS, Anda tidak perlu menghabiskan banyak kertas untuk mencetak struk atau nota pembayaran. Bagaimana bisa? Teknologi ini sudah dilengkapi dengan fitur untuk menerbitkan bukti pembayaran secara digital, dan salinannya akan masuk ke aplikasi keuangan atau bahkan email pelanggan. Jadi, Anda bisa ikut menjaga kelestarian lingkungan dengan menghemat kertas.

3. Menyimpan informasi pembeli

Selain memproses pembayaran secara digital dan cepat, MPOS juga bisa menjadi database untuk data pelanggan Anda. Fitur ini akan mempermudah Anda untuk merancang bahan promosi atau strategi marketing yang menggiurkan, mulai dari diskon eksklusif hingga rekomendasi produk yang lebih personal. Jadi, pelanggan pun akan lebih setia kepada brand Anda.

4. Pemantauan bisnis secara real-time

Kecanggihan MPOS tidak berhenti sampai di fitur untuk menyimpan informasi pembeli! Justru, teknologi ini juga memiliki sistem untuk memantau penjualan dan inventaris bisnis dari mana saja. Bahkan, informasi yang tertera akan diperbarui secara langsung agar selalu up-to-date. Hasilnya, Anda pun lebih gampang memonitor bisnis dan mengambil tindakan yang diperlukan.

Baca juga: Benarkah Audit adalah Peningkat Kredibilitas Bisnis? Ini Penjelasannya

Agar bisnis Anda semakin sukses di era digital yang serba cepat seperti sekarang, tidak ada salahnya menerapkan sistem MPOS untuk pembayaran, lho! Dengan adanya teknologi ini, Anda bisa memberikan pengalaman terbaik sekaligus membuat strategi yang lebih matang berdasarkan data historis.

Supaya efektif, Anda perlu perangkat Point of Sales yang mudah digunakan dan memiliki fitur analitik lengkap, contohnya dari Moka POS. Dengan Moka POS, Anda bisa memproses pembayaran dan bahkan memantau pergerakan stok dari satu aplikasi tablet yang intuitif saja, lho! Yuk, buktikan kemudahannya dengan menjadwalkan demo gratis di sini sekarang!

Social Media Share :