Moka Logo
Fungsi Penting Software Minimarket dan Rekomendasi Terbaiknya

Tips Bisnis

Fungsi Penting Software Minimarket dan Rekomendasi Terbaiknya

3 min

by

Anda yang memiliki bisnis toko kelontong atau retail pastinya pernah mengalami masalah seperti ini: kesulitan melacak jumlah stok produk saat ini, data penjualan yang berceceran, dan repotnya menuliskan laporan transaksi secara manual karena tidak adanya sistem otomatis. Tapi, jangan berkecil hati dulu! Berkat kemajuan teknologi zaman sekarang, sudah ada software minimarket yang akan membantu pengelolaan Anda supaya lebih praktis. Bagaimana bisa? Yuk, kita pelajari seluk-beluknya di sini!

Apa Itu Software Minimarket?

Singkatnya, software minimarket adalah aplikasi komputer yang bisa membantu pemilik usaha mengelola data keuangan, mencatat penjualan, dan memantau pergerakan stok secara otomatis. Meski namanya mengandung unsur minimarket, jenis usaha lain seperti toko kelontong grosiran atau apa pun yang termasuk dalam kategori retail tetap bisa menggunakannya.

Baca juga: Point of Sales adalah: Pengertian, Manfaat, dan Rekomendasinya

Fungsi Software Minimarket

Fungsi utama dari software minimarket adalah untuk mempermudah proses pengelolaan transaksi, penjualan, dan inventaris. Hal ini tidaklah mustahil berkat banyaknya fitur otomatis yang akan menghemat waktu Anda agar tidak perlu mengerjakan tugas manual secara berulang. 

Dengan demikian, Anda bisa langsung menyelesaikan transaksi dengan pelanggan untuk mengurangi antrean, dan uang dari pelanggan akan langsung tercatat masuk dalam pembukuan. Anda pun akan punya lebih banyak waktu untuk memikirkan strategi bisnis.

Fitur Utama Software Minimarket

Apa saja fitur yang terdapat dalam software minimarket? Jawabannya sangat beragam, tapi berikut adalah fitur yang paling sering ada:

1. Pencarian barang

Fitur pertama yang paling lazim ditemukan dalam software minimarket adalah pengelolaan barang. Di menu ini, Anda bisa mencari barang yang sudah ditambahkan sebelumnya untuk mengubah detailnya, memasukkan produk baru, atau menarik produk tertentu dari pasaran.

2. Informasi pelanggan

Tak hanya menyimpan data produk, software minimarket juga bisa menampung informasi pribadi pelanggan seperti nomor handphone dan riwayat belanja mereka. Fitur ini akan sangat membantu Anda merancang banyak promo menarik, mulai dari SMS marketing sampai loyalty card.

Baca juga: 6 Cara Promosi yang Menarik Agar Konsumen Terus Berdatangan!

3. Pelaporan otomatis

Berkat adanya software monitoring, Anda tidak perlu mencatat setiap transaksi secara manual lagi. Misalnya, saat Anda menerima pembayaran dari pelanggan, transaksinya akan langsung terekam dalam laporan yang bisa diunduh kapan saja. Begitu juga dengan saat Anda menghabiskan uang untuk membeli barang baru.

4. Inventory monitoring

Untuk mengatasi risiko kehilangan atau kekurangan stok barang, software minimarket sudah memiliki fitur otomatis untuk merekam perubahan jumlah barang. Fiturnya tersedia pada saat Anda menerima kiriman baru maupun ketika ada pelanggan yang membelinya. Jadi, Anda bisa mengetahui kapan Anda harus mengisi ulang stoknya dan seberapa banyak.

Baca juga: Apa Itu Daftar Inventaris dan Mengapa Pebisnis Perlu Memilikinya?

Rekomendasi Software Minimarket

Kini, di Indonesia sudah ada banyak software minimarket yang berkualitas dan mudah digunakan untuk pemula. Apa saja contohnya? Anda bisa mendapatkan rekomendasinya di sini:

1. Moka POS

Rekomendasi pertama yang patut Anda pertimbangkan adalah dari Moka POS. Sebagai aplikasi yang ramah pemula, Anda bisa mengakses semua fitur penting dari software minimarket Moka POS cukup dengan beberapa kali tap saja pada tablet Android atau iOS. 

Sistem POS satu ini mendukung pengelolaan stok, data pelanggan, perhitungan total penjualan serta pajaknya. Tidak perlu khawatir semua datanya akan hilang jika koneksi internet terputus, sebab Moka POS mendukung penggunaan offline dan teknologi cloud untuk pembuatan back up-nya.

2. EQUIP

Selain Moka POS, Anda juga bisa mencoba software minimarket EQUIP. Selain menawarkan harga yang relatif terjangkau, kelengkapan fitur di EQUIP sangat bersaing dengan aplikasi lainnya. Mulai dari pencatatan pemesanan hingga rekapitulasi perubahan jumlah stok, Anda bisa melakukan semuanya dengan efektif.

3. Majoo

Software minimarket yang terakhir dalam daftar rekomendasi ini adalah Majoo. Sama seperti kedua aplikasi sebelumnya, Majoo memiliki banyak fitur yang bisa Anda akses secara online maupun offline melalui tablet Android atau iOS. Semua fitur ini akan membantu Anda mencatat penjualan dan pergerakan stok secara otomatis.

Software minimarket adalah salah satu investasi jangka panjang yang bisa bantu mengembangkan bisnis retail Anda. Maka dari itu, pastikan Anda memilih aplikasi yang lengkap dan mudah digunakan, contohnya Moka POS. Anda tidak perlu kesulitan mendokumentasikan setiap transaksi dan bahkan merancang promosi untuk pelanggan karena semua datanya sudah otomatis tersedia di satu dashboard rapi. Jika Anda tertarik mencoba kemudahannya, tunggu apa lagi? Jadwalkan demo gratis dengan klik link ini sekarang, yuk!

Social Media Share :