Moka Logo
Cash Register Adalah Teknologi yang Menguntungkan, Maksudnya?

Tips Bisnis

Cash Register Adalah Teknologi yang Menguntungkan, Maksudnya?

3 min

by

Memproses setiap transaksi secara manual, terutama pada masa-masa sibuk, hanya akan menghabiskan waktu. Bayangkan, Anda harus menghitung uang tunai kembalian dan mencatat transaksi satu per satu, sedangkan antrean di depan meja kasir semakin bertambah. Tidak menutup kemungkinan waktu menunggu yang terlalu lama akan membuat pelanggan tidak sabaran dan beralih ke bisnis lain. Namun, cash register adalah solusi teknologi yang bisa membantu Anda di kondisi seperti itu karena kecanggihannya. Yuk, simak selengkapnya di sini!

Apa Itu Cash Register?

Cash register adalah alat elektronik yang juga dikenal sebagai mesin kasir. Sebab, mesin ini sering digunakan untuk menghitung uang dan mencatat transaksi pembelian untuk dicetak dalam bentuk struk kertas. Umumnya, cash register terdiri dari sebuah laci uang (cash drawer) untuk menyimpan uang dan tombol keyboard untuk melakukan penghitungan.

Baca juga: 10 Ciri Mesin Kasir yang Cocok untuk Restoran

Fungsi Cash Register

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kegunaan utama dari cash register adalah untuk menghitung total harga dari sebuah belanjaan secara otomatis. Kemudian, sebagai bukti transaksi, mesin cash register akan mencatat semua barang serta harganya untuk dihitung secara otomatis. Selain itu, cash register juga berguna untuk menyimpan uang di dalam laci karena sudah ada kuncinya, sehingga tidak mudah diambil pihak tak bertanggung jawab.

Jenis-jenis Cash Register

Kini, jenis cash register sangat beragam. Anda bisa menemukan mesin yang paling sederhana hingga yang sudah memanfaatkan teknologi terbaru dan canggih. Simak tipe-tipenya di bawah ini:

1. Electronic cash register

Jenis cash register yang paling sering ditemui di zaman sekarang adalah mesin kasir yang menggunakan daya listrik, atau electronic cash register. Biasanya, cash register ini terdiri dari komputer dan sebuah scanner inframerah. Pengguna hanya perlu mengarahkan cahaya inframerah dari scanner pada barcode kemasan.

2. Point of Sales

Seiring dengan berkembangnya teknologi sistem operasional komputer dan gadget lainnya, kini sudah ada banyak cash register yang terintegrasi dengan sistem Point of Sales (POS). Prinsip dasarnya tidak berbeda jauh dengan cash register elektronik, tapi jenis cash register ini punya fitur yang lebih lengkap: pemantauan stok, database pelanggan untuk promo, laporan penjualan, dukungan cloud, dan lainnya.

Baca juga: Point of Sales adalah: Pengertian, Manfaat, dan Rekomendasinya

3. Cash register manual

Terakhir, ada cash register yang paling sederhana dan bisa dibilang merupakan pendahulu dari dua jenis sebelumnya: cash register manual. Jenis mesin kasir ini biasanya tidak dilengkapi dengan monitor komputer seperti mesin kasir POS atau elektronik. Jadi, untuk mengoperasikannya, Anda perlu mengetahui fungsi dari setiap kombinasi tombol pada keyboard.

3 Kelebihan Cash Register vs Mesin Hitung Manual

Ternyata, cash register punya banyak kelebihan yang tidak terdapat pada mesin hitung manual biasa. Seberapa canggih, memangnya? Anda bisa mempelajari detailnya sebagai berikut:

1. Bisa mencari nama dan kode barang

Salah satu pembeda utama antara mesin hitung manual dan cash register adalah kemudahan fitur pencariannya. Dengan cash register, Anda bisa menemukan sebuah barang berdasarkan nama, kode serial, atau nomor SKU-nya. Metode ini lebih praktis daripada mesin hitung manual yang tidak dilengkapi dengan fitur tersebut.

2. Bisa mencatat transaksi secara otomatis

Keunggulan yang kedua dari cash register dibandingkan dengan mesin hitung manual adalah fitur rekapitulasi transaksi secara otomatis. Karena semua data barang dan harga sudah tersimpan di sistemnya, sistem mesin cash register akan otomatis menghitung total nominal yang harus dibayarkan tanpa Anda perlu menghitung secara manual.

3. Bisa memantau stok barang

Berkaitan dengan kelebihan pertama cash register yang sudah disebutkan, Anda bisa menggunakan teknologi tersebut untuk memantau pergerakan stok barang. Sebab, Anda cukup mencari kodenya di komputer, lalu Anda akan langsung menemukan hasilnya. Lebih canggihnya lagi, sistem cash register akan memperbarui setiap penambahan dan pengurangan secara langsung, sehingga Anda tidak perlu berbuat apa pun.

Baca juga: 5 Manfaat Aplikasi Gudang untuk Manajemen Inventaris Bisnis Anda

Ternyata, cash register adalah alat yang sangat menguntungkan karena kelengkapan fiturnya. Agar mesin ini terus menguntungkan bisnis Anda dalam jangka panjang, sebaiknya Anda memilih perangkat yang berkualitas dari sumber terpercaya. Misalnya, Anda bisa mendapatkan sistem POS atau hardware untuk mesin kasir elektronik dari Moka POS. 

Semua alat yang ditawarkan oleh Moka POS sudah menggunakan teknologi terkini, seperti integrasi dengan Android dan iOS. Jadi, bisnis Anda tidak akan kalah saing di era digital! Yuk, temukan produk yang Anda butuhkan di sini atau buat jadwal demo gratis untuk mengetahui kemudahan sistem POS-nya!

Social Media Share :