Moka Logo
Cara Sukses Bangun Bisnis Rice Bowl Rumahan agar Untung

Tips Bisnis

Cara Sukses Bangun Bisnis Rice Bowl Rumahan agar Untung

3 min

by

Beberapa dari Anda mungkin sudah familier dengan istilah rice bowl atau nasi yang dikemas dalam mangkuk, lengkap dengan topping lauk di atasnya. Menu yang satu ini jadi favorit masyarakat karena dinilai cukup praktis, baik saat Anda menyantapnya langsung di kedai atau dibawa pulang. Melihat animo warga tersebut, tidak ada salahnya jika Anda mulai berpikir untuk memulai bisnis rice bowl rumahan. Seperti apa peluang dan cara membangunnya? Simak di sini, yuk!

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Rice Bowl Rumahan

Saat Anda berpikir untuk membuka bisnis rice bowl murahan, hal ini bisa dipahami. Sebab, usaha yang satu ini tidak butuh modal terlalu banyak, khususnya jika bahan baku yang Anda pilih juga terjangkau, seperti ayam, jamur, tempe, atau sayur-mayur. Selain itu, Anda pun tidak dituntut memiliki kemampuan khusus karena teknik memasaknya cenderung sederhana.

Namun, bisnis rice bowl rumahan berpotensi memiliki daya saing yang amat ketat karena banyak orang menjajal untuk berjualan produk serupa. Untuk itu, Anda mesti jeli dalam melihat peluang supaya bisnis dapat tetap menonjol di tengah persaingan. Misalnya, Anda bisa mengutamakan kualitas bahan premium apabila yang lain belum melakukan terobosan ini.

Rincian Modal Awal Bisnis Rice Bowl Rumahan

Grains of rice in a wooden bowl and ingredients for a vegetarian recipe – healthy eating concept

Sebenarnya, modal awal bisnis ini berbeda-beda, bergantung dari lokasi toko, kualitas bahan dan alat, serta skala bisnis yang ingin Anda bangun. Berikut estimasi kasarnya.

  1. Bahan baku (mencakup beras, daging, sayuran, dan bumbu) : Rp2 jt-Rp5 jt;
  2. Peralatan memasak (kompor, panci, wajan, pisau dapur, dll) : Rp1 jt-Rp3 jt;
  3. Paket kemasan (paper bowl, sendok, garpu, tisu) : Rp500 rb-Rp1 jt;
  4. Biaya pemasaran (iklan di medsos, brosur, dll) : Rp500 rb-Rp2 jt;
  5. Biaya operasional : Rp500 rb-Rp1 jt.

Total estimasi modal yang Anda perlukan untuk memulai bisnis rice bowl rumahan adalah sekitar Rp4,5 juta hingga Rp12 juta.

Tips Membangun Bisnis Rice Bowl Rumahan

a bowl of rice vegetables and an egg on a table

Ada sederet tips bagi Anda yang ingin membangun bisnis rice bowl rumahan. Berikut tiga poinnya yang mesti Anda simak!

1. Tentukan konsep yang ingin dibuat

Anda mungkin sudah tahu akan berjualan rice bowl, tapi konsep hidangan tetap perlu untuk membatasi jenis produk yang Anda jual. Misalnya, Anda ingin menghadirkan bisnis rice bowl rumahan dengan bahan-bahan vegan pertama di kota itu. Semakin unik konsep yang Anda buat, semakin tinggi potensi pula daya jualnya.

2. Pilih target pasar yang spesifik

Setelah tahu konsep jualan Anda, pastikan juga bahwa Anda sudah melakukan riset pasar. Tindakan yang satu ini penting untuk menentukan strategi promosi dan harga jual produk. Dengan marketing yang tepat, Anda bisa menghemat anggaran karena bisa menyasar tepat ke target market Anda.

3. Promosi masif di media sosial

Berkaitan dengan poin sebelumnya, promosi yang Anda lakukan untuk memperkenalkan bisnis rice bowl rumahan itu harus dilakukan dengan cara yang sesuai perkembangan zaman dan target market. Oleh karena itu, memasarkan produk Anda di media sosial bisa menjadi langkah terbaik karena menghemat budget dan punya market share yang lebih luas lagi.

Strategi Mengembangkan Bisnis Rice Bowl Rumahan

Setelah mencontoh beberapa tips di atas, akan lebih baik jika Anda juga terus mengupayakan perkembangan bisnis dengan melakukan beberapa strategi berikut.

1. Pertahankan konsistensi kualitas

Satu hal yang penting dalam menjalankan bisnis F&B adalah menjaga konsistensi kualitas. Hal ini sangat krusial, terutama ketika Anda sudah mulai membuka banyak cabang atau franchise. Sebab, jika Anda luput memprioritaskan quality control, kini pelanggan bisa membuat rating bisnis Anda menurun drastis di platform digital.

2. Pantau dan latih karyawan secara berkala

Selain kualitas bahan, manajemen sumber daya manusia juga sangat penting dalam bisnis. Supaya seluruh karyawan bisnis Anda bisa melayani pelanggan dengan baik dan merata, cobalah melakukan upaya pelatihan karyawan secara berkala.

Jangan lupa juga untuk menerapkan sistem kasir modern seperti Moka POS yang dapat mempercepat transaksi jual beli. Software ini tak hanya memperpendek antrean bisnis rice bowl rumahan Anda, tapi juga bisa mencatat arus kas sehingga memudahkan pengelolaan keuangan.

Memulai bisnis rice bowl rumahan memang punya kelebihan dan kekurangan sendiri. Namun, dengan bantuan kasir canggih nan modern, Anda dapat memaksimalkan pemasukan dan promosi ke konsumen yang mendukung digitalisasi. Yuk, sukseskan bisnis rumahan Anda dengan software yang mendukung seperti Moka POS!

Social Media Share :