Moka Logo
Best Seller Adalah? Arti, Ciri-ciri, Tips, dan Strategi Pemikat Konsumen

Tips Bisnis

Best Seller Adalah? Arti, Ciri-ciri, Tips, dan Strategi Pemikat Konsumen

7 min

by

Tulisan best seller tentu sudah akrab kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya, istilah ini disematkan pada berbagai macam produk, mulai dari buku, baju, hingga perlengkapan interior rumah. Label best seller artinya barang tersebut yang paling banyak terjual dari sebuah brand atau toko.

Namun, siapa sangka jika best seller juga bisa menjadi strategi marketing yang dijalankan oleh pelaku usaha? Lalu, sebenarnya apa pengertian best seller, apa ciri-ciri produk yang dapat disebut best seller, apa saja manfaat label ini untuk promosi, dan bagaimana tipsnya? Supaya tahu lebih lengkap, simak penjelasan di bawah bersama-sama!

Best Seller Artinya…

Best seller sebenarnya istilah yang disematkan hanya pada buku untuk menunjukkan bahwa produk tersebut memiliki angka penjualan yang paling baik di antara lainnya. Namun, berbeda dengan kondisi pada abad 20, kini istilah best seller juga dilekatkan pada produk yang berasal dari berbagai industri, mulai dari film, musik, serta barang-barang konsumsi lainnya.

Sebuah produk yang memiliki angka penjualan sangat baik biasanya disebabkan oleh beberapa macam alasan, mulai dari kualitas produk yang amat baik, strategi marketing yang optimal, hingga fenomena khusus seperti viral. Maka dari itu, produk yang tidak laris bukan berarti produk tersebut kualitasnya buruk.

Ciri-Ciri Produk Best Seller

Handwriting text writing Best Seller. Conceptual photo book or other product that sells in very large numbers Writing equipment and yellow note paper inside pocket of man work trousers

Meski ada banyak indikator yang menandakan sebuah produk diberi predikat best seller, berikut adalah deretan industri dengan angka penjualan tertinggi.

  • Produk fashion

Produk yang menempati urutan teratas karena banyak dibeli oleh masyarakat datang dari industri fashion. Memang sampai sekarang masih banyak orang yang lebih memilih membeli baju daripada barang lainnya, mulai dari pembelian untuk diri sendiri hingga diberikan kepada orang lain sebagai kado atau hampers.

Tingginya angka penjualan produk fashion juga diambil berdasarkan data dari e-commerce atau penjualan online sampai yang offline sekalipun. Selain itu, keberagaman produk yang terdapat dalam industri ini juga membuatnya dipahami jika menempati posisi teratas sebagai produk yang penjualannya tertinggi.

Meski begitu, para pelaku usaha di sektor ini juga mesti berhati-hati karena sistem pengembalian yang biasanya diterapkan dalam industri fashion. Lalu, meski peminatnya banyak sekali, pebisnis fashion pun harus sadar bahwa persaingannya sangat ketat, mengingat produk yang dijual bisa berangkat dari yang paling murah sampai paling mahal.

  • Produk F&B

Posisi berikutnya jatuh kepada produk-produk di industri F&B (Food and Beverage). Hal ini dapat dipahami karena kebutuhan pokok manusia adalah makan dan pakaian. Ditambah lagi, sektor ini tidak hanya mencakup makanan saja, melainkan juga minuman sehingga data penjualannya dapat lebih beragam lagi.

Karena tingginya daya beli produk F&B, tidak heran bila banyak pula orang yang mengincar sektor ini untuk memulai bisnis pertamanya. Sektor makanan dan minuman memang cenderung memiliki pelanggan setiap harinya dan modalnya pun bisa dimulai dari jumlah yang sangat terjangkau. Bahkan, Anda juga dapat menjual produk yang tahan lama, seperti frozen food atau instant food.

  • Produk kosmetik

Produk kosmetik dan perawatan kulit juga menjadi salah satu yang peminatnya sangat banyak di Indonesia. Jumlah penjualan di bidang ini secara global mencapai 483 miliar USD pada 2020 dan meningkat tajam hingga 511 miliar USD per tahun 2021. Angka ini bahkan diprediksi bisa menyentuh 716 miliar USD pada 2025 mendatang.

Pertumbuhan industri kosmetik dan skincare ini tentu mendapat pengaruh dari Korea Selatan yang terdepan dalam hal perawatan kulit. Melalui drama Korea, produk-produk skincare mereka pun mulai dikenal. Kemudian, Indonesia mulai menghadirkan produk lokal terbaiknya, misalnya dari yang harganya murah sampai yang diklaim menggunakan bahan-bahan organik.

  • Barang elektronik

Selain tiga produk di atas, barang elektronik juga termasuk dalam jajaran barang yang penjualannya sangat tinggi. Artinya, kesadaran masyarakat akan kemajuan teknologi sudah semakin baik, terlebih sejak terjadinya pandemi Covid-19 yang membuat berbagai kegiatan harus berpindah menjadi online. Barang-barang elektronik yang dimaksud di sini meliputi gadget, laptop, komputer, kulkas, robot vacuum, dan masih banyak lagi lainnya.

Akan tetapi, untuk menjalankan bisnis di bidang ini, Anda perlu modal usaha yang cukup banyak. Semakin beragam produk yang Anda jual, daya beli masyarakat pun akan semakin naik. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan layanan purna-jual karena biasanya barang-barang elektronik membutuhkan maintenance. Belum lagi, ada kebijakan garansi yang mungkin perlu dikonsultasikan terlebih dahulu antara pembeli dan penjual.

Baca juga: Tingkatkan Penjualan dengan 5 Ide Promo Terlaris saat Single’s Day

Manfaat Label Best Seller untuk Bisnis

A library and a bestselling book

Dalam dunia bisnis yang penuh persaingan, label best seller artinya tidak hanya menjadi pengakuan atas kualitas produk, melainkan juga sebuah alat promosi yang efektif. Bagaimana maksudnya?

  • Mendorong penjualan

Memiliki produk dengan label best seller artinya memberi dampak pada total penjualan di toko Anda. Produk semacam ini sering menjadi kontributor utama untuk pemasukan bisnis, sebab biasanya ditempatkan di rak khusus yang memikat perhatian konsumen. Dengan begitu, konsumen akan menghabiskan waktu lebih lama di area ini.

Menampilkan label best seller pada produk Anda juga berpotensi meningkatkan minat dan kepercayaan konsumen yang nantinya tidak hanya meningkatkan penjualan produk tersebut, tapi juga produk-produk lain di katalog Anda. Produk ini bisa menjadi daya tarik utama yang menarik konsumen ke merek Anda dan meningkatkan penjualan secara keseluruhan.

  • Meningkatkan brand awareness

Produk yang mendapat label best seller dapat memengaruhi alam bawah sadar masyarakat untuk mulai mengenal brand Anda. Meningkatnya brand awareness ini tentu membuat produk Anda mudah dikenali dan dikaitkan dengan produk berkualitas. Hal semacam ini tentunya berperan sebagai strategi promosi merek Anda.

Menciptakan produk yang best seller itu ada banyak caranya, mulai dari mengetes pasaran lewat sample test sampai menggandeng influencer ternama untuk mempromosikan produk Anda. Dari berbagai cara promosi tersebut, Anda mungkin beruntung mengalami viral atau booming yang akan menarik lebih banyak lagi konsumen ke brand bahkan produk Anda.

  • Membuat reputasi bisnis lebih positif

Reputasi positif bisnis Anda sangat dipengaruhi oleh bagaimana pelanggan memandang produk Anda. Produk dengan label best seller tentunya telah terbukti dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan baik. Kepuasan yang dirasakan pelanggan terhadap produk ini menciptakan gambaran positif tentang bisnis Anda sehingga sangat penting untuk menjaga pelanggan setia dan menarik pelanggan baru.

Namun, menjalankan bisnis di era digital seperti sekarang ini, Anda tidak hanya butuh produk berkualitas tinggi untuk menghasilkan reputasi bisnis yang positif. Pelayanan yang ramah dan cepat juga bisa menjadi poin plus bagi bisnis Anda. Umumnya, pemilik usaha yang responsif akan lebih digemari oleh konsumen, khususnya generasi milenial dan generasi Z, sebab merekalah yang akrab dengan penggunaan teknologi untuk keperluan konsultasi dan pengaduan.

  • Meningkatkan daya saing di pasar

Menjalankan bisnis itu tidak melulu soal produk berkualitas saja, tapi Anda juga harus memahami bagaimana persaingan pasarnya. Jika Anda membuka usaha di bidang F&B, pahami bahwa pesaing Anda sudah sangat banyak sehingga kebutuhan untuk menciptakan produk yang enak dan unik itu wajib hukumnya. Nah, dalam hal ini, tag best seller artinya menambah daya saing produk Anda. 

Produk best seller dapat menarik perhatian konsumen dan menetapkan standar kualitas untuk produk serupa maupun standar bisnis Anda secara keseluruhan. Hal ini dapat membantu bisnis Anda tetap relevan dan kompetitif di tengah persaingan pasar. Sebab, keberhasilan produk menunjukkan kemampuan Anda dalam memenuhi dan memahami kebutuhan pasar.

Baca juga: Mengapa Stock Opname Bisnis Retail Penting untuk Usaha Anda?

Tips Promosi dengan Label Best Seller

Best seller text written with a typewriter.

Berulang kali sudah dijelaskan bahwa best seller tidak sekadar pengakuan untuk produk yang paling berkualitas, tapi juga bisa menjadi strategi promosi yang baik untuk bisnis. Begini tipsnya!

  • Identifikasi produk yang paling laku

Mengidentifikasi produk best seller sangat penting untuk menargetkan sumber daya dan upaya pemasaran yang lebih efektif. Misalnya, sebuah toko buku menggunakan data penjualan untuk mengetahui bahwa novel genre fantasi adalah yang paling laris. Mereka kemudian memutuskan untuk memasang iklan khusus untuk genre ini pada platform media sosial dan mempromosikannya di bagian terdepan toko.

Tentunya, proses identifikasi ini harus didasarkan pada total penjualan selama beberapa bulan. Padahal, Anda mungkin sudah membuang atau melupakan catatan penjualan di beberapa bulan sebelum sekarang. Namun, hal semacam ini bisa dipecahkan bila Anda menggunakan perangkat kasir cerdas seperti Moka Prime.

Moka Prime adalah mesin kasir dengan layar sentuh ganda yang akan membuat transaksi Anda sebagai petugas kasir dan pelanggan menjadi jauh lebih nyaman. Bahkan, layar untuk pelanggan juga bisa menampilkan kode QR untuk di-scan. Selain itu, menggunakan Moka Prime juga memudahkan Anda melakukan proses identifikasi karena catatan analitik penjualan tersimpan rapi selama berbulan-bulan lamanya.

  • Buat kategori khusus best seller

Membuat kategori khusus untuk produk best seller akan memudahkan pelanggan dalam menemukan apa yang populer dan dicari oleh banyak orang. Bahkan, tak jarang, konsumen baru pun akan membeli produk best seller karena percaya dengan kategori yang diakui oleh pelanggan-pelanggan sebelumnya.

Meski begitu, pembuatan kategori ini mungkin terasa sedikit menantang untuk bisnis yang baru mulai. Sebab, produk yang mereka launch belum banyak jenisnya dan kemungkinan memerlukan waktu selama beberapa bulan untuk menetapkan kategori best seller. Jadi, Anda mesti bersabar sembari tetap berinovasi memunculkan produk-produk baru.

  • Tunjukkan kategori best seller di tempat yang mudah terlihat

Posisi produk best seller juga memengaruhi daya belinya. Untuk itu, tempatkan produk-produk terpilih ini di daerah yang strategis dan menarik perhatian, baik itu toko online maupun offline. Contohnya, sebuah restoran berhasil meningkatkan penjualan menu terpopulernya dengan menampilkan daftar menu best seller pada halaman utama situs web mereka.

Bukan hanya menjadikan tampilan toko online menjadi lebih menarik dengan etalase best seller di bagian teratas, toko offline juga harus melakukan cara yang sama dengan menaruh produk-produk terbaik di section khusus yang lokasinya ada di bagian depan. Dengan cara ini, menu terlaris menjadi lebih menonjol dan menarik bagi pelanggan yang datang.

  • Sertakan promosi yang menarik

Produk best seller artinya dipercaya oleh banyak orang dan telah menjadi daya tarik tersendiri. Akan tetapi, tidak ada salahnya bagi pemilik usaha untuk memberikan penawaran spesial pada produk-produk terlaris itu supaya dapat semakin meningkatkan total penjualan. Supaya tetap memperoleh keuntungan, Anda dapat menerapkan sistem ini saat hari-hari tertentu saja.

Promosi tambahan di section best seller juga boleh Anda terapkan di e-commerce. Sebuah toko pakaian online yang meluncurkan kampanye ‘Beli 1 Gratis 1’ untuk kategori produk best seller terbukti sukses besar sehingga meningkatkan penjualan secara keseluruhan dan mengundang lebih banyak lalu lintas ke situs web mereka.

  • Jangan lupakan ajakan untuk membeli

Kadang-kadang pembeli tahu dan tertarik dengan produk terlaris dari brand Anda. Namun, mereka tidak mengerti bagaimana langkah yang harus dilakukan setelahnya. Ini wajar karena setiap promosi harus diakhiri dengan kalimat penutup berupa ajakan bagi konsumen untuk membeli produk tersebut (dikenal dengan istilah CTA atau Call to Action).

Penggunaan CTA yang efektif sangat penting dalam promosi. Misalnya, sebuah situs jual beli online menggunakan CTA seperti “Dapatkan Sekarang – Stok Terbatas!” pada halaman produk best seller mereka. Strategi ini mendorong konsumen untuk melakukan transaksi pembelian secara cepat  sebelum direbut oleh pelanggan lainnya.

  • Lengkapi dengan layanan yang berkualitas

Seiring perkembangan zaman yang semakin canggih, konsumen pun makin mengerti bahwa produk tidak cukup bagus saja, melainkan juga harus memiliki layanan pelanggan yang baik. Layanan pelanggan berkualitas adalah kunci untuk mempertahankan pelanggan. Dengan begini, bisnis Anda akan sustain atau bertahan dalam jangka waktu lama.

Kebutuhan akan layanan pelanggan yang sigap dibarengi dengan kemajuan teknologi. Sebagai contoh, sebuah perusahaan elektronik menawarkan layanan konsultasi produk gratis melalui WhatsApp atau aplikasi chat yang didesain khusus pada website mereka. Hal ini tentu dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan membantu membangun loyalitas mereka.

  • Kumpulkan masukan pelanggan secara berkala

Bisnis yang baik adalah yang terus beradaptasi dan berinovasi. Artinya, Anda harus terus menciptakan produk-produk baru dan mengimbangi sistem penjualan Anda dengan teknologi terkini. Dengan begitu, Anda jadi bisa menciptakan kategori best seller dan keluhan pelanggan pun dapat ditampung dalam satu wadah terpadu.

Mendengarkan feedback pelanggan penting untuk peningkatan kualitas, bahkan pembaruan produk atau layanan. Contohnya, sebuah aplikasi memanfaatkan ulasan pengguna untuk meningkatkan fitur pada versi berikutnya. Mereka juga mengadakan survei berkala untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan pengguna demi memastikan bahwa aplikasi tetap relevan dan diminati.

Baca juga: Advertising adalah Strategi Promosi, Ini 5 Tips Efektifnya!

 

Ada banyak cara untuk meningkatkan total penjualan dalam bisnis Anda, salah satunya dengan memasang tag best seller. Meski begitu, tidak bisa dibenarkan jika best seller artinya hanya sebatas materi promosi. Label ini tetap harus menunjukkan keberhasilan penjualan produk tersebut, apapun alasannya.

Untuk mempermudah Anda mengidentifikasi produk mana yang paling terlaris, gunakan Moka Prime. Moka Prime adalah perangkat kasir canggih dengan dua layar sentuh untuk penjual dan pembeli. Sistemnya juga dapat mencatat penjualan produk Anda untuk keperluan pembuatan kategori best seller. Tunggu apa lagi? Kembangkan bisnis Anda dengan Moka Prime!

Social Media Share :