Moka Logo
Apa Beda FIFO dengan LIFO dalam Manajemen Stok Produk?

Tips Bisnis

Apa Beda FIFO dengan LIFO dalam Manajemen Stok Produk?

3 min

by

“Lebih baik kirim barang yang masuk paling duluan atau terakhir, ya? Bingung!” 

Kalau Anda pernah mengalami dilema ini saat sedang mengurus stok barang di gudang, tenang dulu karena Anda sama sekali tidak sendirian! Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan mengetahui perbedaan metode FIFO LIFO dan contoh penerapannya. Jadi, Anda tidak perlu membuang stok barang dan uang secara sia-sia. Penasaran? Yuk, pelajari selengkapnya di sini!

Apa Itu FIFO?

FIFO adalah kependekan dari First In, First Out. Sesuai namanya, prinsip utama dari metode manajemen stok satu ini adalah menjual barang yang pertama kali memasuki gudang. Jadi, semakin awal urutan barang masuk ke gudang penyimpanan, semakin pendek pula durasinya menetap di lokasi tersebut.

Apa Itu LIFO?

Berbeda dengan FIFO, LIFO (Last In, First Out) adalah sistem manajemen stok yang memprioritaskan penjualan barang dari urutan paling belakang dulu. Dengan kata lain, produk yang masuk paling terakhir ke gudang akan dijual atau diedarkan lebih awal.

Kelebihan FIFO

Beberapa kelebihan utama dari metode FIFO adalah kemudahan untuk mencegah risiko berkurangnya kualitas bahan baku barang karena produk akan segera dijual ke pasar setibanya di gudang. Selain itu, metode pencatatan ini lebih mudah karena urutannya persis mengikuti kronologi tibanya barang di gudang. Maka dari itu, FIFO cocok untuk produk dengan usia pakai yang lebih pendek.

Baca juga: Pentingnya Mengelola Inventaris Bagi Bisnis UKM

Kelebihan LIFO

Dengan metode LIFO, Anda bisa menghemat pengeluaran pajak bisnis Anda, lho. Sebab, uang yang Anda keluarkan untuk membeli produk yang paling terakhir masuk gudang bisa dianggap sebagai biaya penjualan. Pada akhirnya, laba kotor Anda akan semakin berkurang, dan begitu juga dengan total pajak yang harus dibayarkan. Maka dari itu, Anda bisa menggunakan metode ini untuk barang yang tidak mudah rusak jika disimpan terlalu lama.

Manfaat Metode FIFO LIFO

Terlepas dari metode yang Anda pilih, mengetahui prinsip dasar FIFO LIFO dan perbedaannya akan menguntungkan bisnis sesuai penjelasan berikut:

1. Menghemat biaya produksi barang

Kalau Anda memahami cara kerja metode FIFO LIFO untuk mengelola barang, Anda bisa memperkirakan jumlah barang yang sebaiknya dibeli atau dibuat agar tidak mudah rusak. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak uang untuk proses produksi agar budget tetap aman.

2. Mengurangi stok berlebih di gudang

Setiap produk yang mendekam di gudang tidak akan menghasilkan uang selama belum terjual. Tentunya, ini akan menjadi masalah jika Anda memiliki stok barang mati. Dengan menerapkan FIFO LIFO secara tepat, Anda bisa mengikis jumlah stok produk yang bisa menghasilkan kerugian dan mencegah kerusakan barang akibat melewati masa pakai.

3. Meningkatkan arus kas

Masih berkaitan dengan poin yang sebelumnya, FIFO LIFO yang diterapkan dengan efektif bisa membuat cash flow atau arus kas Anda jadi lebih sehat. Sebab, Anda bisa segera meningkatkan penjualan dari produk yang masuk ke gudang.

4. Meningkatkan kepuasan pelanggan

Setiap pelanggan tentunya ingin segera menerima produk yang mereka incar dalam kondisi baik. Untuk menjawab keinginan tersebut, FIFO LIFO bisa memastikan bahwa kualitas barang yang dijual akan tetap bagus hingga tiba ke tempat konsumen.

Baca juga: 4 Rahasia Meningkatkan Pelayanan Berkualitas untuk Bisnis UKM

Contoh Penerapan FIFO LIFO

Bingung sebaiknya bisnis Anda menerapkan FIFO atau LIFO? Tenang, Anda bisa mendapatkan solusinya di bagian ini! Karena FIFO mengutamakan barang yang sampai ke gudang duluan, bisnis yang menjual produk pangan seperti buah-buahan, sayur, roti, kue, dan produk olahan susu sering menerapkan metode ini. 

Sementara itu, manajemen stok dengan LIFO akan sering Anda jumpai pada toko wine dan pakaian. Sebab, wine akan semakin berkualitas seiring dengan durasi penyimpanannya. Lalu, untuk pakaian, Anda bisa menjual model yang sedang populer saat ini terlebih dahulu agar untung.

Baca juga: 7 Tips Menggunakan Aplikasi Stok Barang Gratis untuk Bisnis Kuliner

Kunci dari keberhasilan penerapan FIFO LIFO untuk pengelolaan stok produk Anda adalah pengawasan secara rutin terhadap pergerakan barang. Agar lebih mudah, Anda tidak perlu memantau gudang dengan datang langsung ke lokasi setiap saat, kok

Justru, Anda bisa menggunakan teknologi untuk manajemen stok, seperti yang ditawarkan oleh Moka POS. Dengan fitur ini, Anda bisa mengawasi perubahan stok semua barang yang tercatat secara real-time cukup dari layar gadget. Praktis, kan? Yuk, buktikan sendiri kemudahannya dengan menjadwalkan demo gratis dari sekarang!

Social Media Share :