Moka Logo
4 Tips Mudah Menjalankan Usaha Waralaba

Tips Bisnis

4 Tips Mudah Menjalankan Usaha Waralaba

3 min
GradyGrady

4 Tips Mudah Menjalankan Usaha Waralaba – Sebuah waralaba adalah jenis bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh individu (franchisee) tapi dioperasikan oleh suatu merek dagang tertentu yang dapat Anda lihat secara nasional ataupun internasional.

Banyak toko dan restoran yang Anda lihat setiap hari adalah waralaba : Indomaret, Alfamart, Pizza Hut, Ace Hardware, dan ribuan lainnya.

Ketika Anda membeli hak untuk membuka waralaba, Anda membeli hak untuk menggunakan sistem bisnis yang sudah terbukti, dengan harga, produk, dan teknik pemasaran. Anda juga membeli hak untuk merek tersebut,  Anda mendapatkan akses penuh terhadarap merek dagang perusahaan termasuk logo, slogan, dan signage-apa saja yang harus dilakukan dengan merek tersebut.

Baca juga: 4 Langkah Mudah dan Praktis Tingkatkan Bisnis Lewat Waralaba

Usaha waralaba atau franchise adalah salah satu cara dalam membuka usaha yang dapat dipertimbangkan bagi para pemula bisnis karena Anda tidak perlu repot memikirkan cara membuka usaha, semua sudah dipersiapkan dengan matang oleh pihak yang empunya waralaba, Anda hanya perlu menjalankan usaha tersebut dan meraih keuntungan.

Dengan banyakanya merek dan pilihan yang beredar dipasaran, akan menjadi tantangan tersendiri dalam memilih waralaba yang dapat Anda jalankan. Bagaimana Anda memilih salah satu? Berikut adalah 3 tips dalam memilih waralaba untuk dijalankan sebagai usaha Anda.

4 Tips Mudah Menjalankan Usaha Waralaba

1. Mengeksplorasi Minat Anda

fashion designer - desain pakaian - toko baju - pengusaha (1)

Segala sesuatu yang dilakukan dengan senang hati tanpa ada paksaan atau tuntutan tertentu pasti akan mendatangkan kebahagiaan bagi yang menjalankan.

Begitupun dengan menjalankan usaha waralaba. Banyak sekali peluang usaha yang bermodalkan kecil dan mungkin akan membuat Anda tergiur dalam menjalankannya, tetapi balik lagi kepada minat dan keinginan Anda.

Contohnya apabila minat Anda pada bidang makanan atau kue maka pilihan yang tepat untuk Anda jalankan yaitu dengan membuka waralaba yang bergerak di bidang kuliner. Jangan membuka suatu usaha dibidang yang tidak Anda minati karena hanya akan membuang waktu dan tenaga serta modal dan Anda akan setengah hati dalam menjalankannya.


2. Memilih usaha waralaba Yang Menguntungkan

Ubah Gerai Kecil Jadi Bisnis Franchise, Ini 4 Rahasia Sukses Hi Fries (3)

Dalam proses ini Anda harus benar-benar teliti dan seksama dalam memilih merek waralaba yang akan Anda jalankan. Apakah sebuah produk waralaba tersebut memiliki jumlah calon pembeli yang banyak?

Semakin banyak calon pembeli yang dapat Anda perkirakan, semakin bagus juga merek dagang tersebut untuk Anda jalankan.

Baca juga: 11 Bisnis Waralaba Paling Menguntungkan di Indonesia

Jangan asal memilih suatu merek dagang hanya karena Anda tergiur dengan modal yang kecil sedangkan minat pasar tidak besar dengan produk tersebut, hal tersebut dapat membuat usaha Anda berhenti ditengah jalan karena tidak laku dan bisnis pun tidak akan berkembang dengan baik.


3. Siapkan modal yang cukup

modal bisnis - tips mengembangkan umkm - dana darurat - akuntansi

Bagi para pemula bisnis, biasanya modal menjadi salah satu kendala utama dalam memulai dan menjalankan usaha. Sampai sekarang, belum ditemukan solusi yang mudah dalam mengatasi masalah ini. Namun, ada banyak sekali peluang usaha modal kecil yang memungkinkan pelaku bisnis sukses walau tidak memiliki modal sama sekali pada awal Anda menjalankan usaha.

Salah satu caranya adalah dengan mengajukan pinjaman modal usaha ke Moka Capital, solusi pendanaan bisnis hingga Rp2 miliar.

Moka Capital memiliki 3 layanan utama yang dapat Anda manfaatkan, yakni Moka Capital Lending di mana Anda bisa mengajukan pendanaan kepada mitra P2P Lending yang telah bekerja sama, mencari investor dengan sistem bagi hasil lewat Moka Capital Investment, serta memanfatakan pendanaan kilat 2 hari dari Moka Capital Fast Loan.

Lihat bagaimana Kozi Coffee memanfaatkan Moka Capital untuk mengembangkan bisnis dan menambah cabang usahanya pada artikel ini.


4. Manfaatkan aplikasi kasir untuk permudah operasional usaha

Kisah Sukses Vancelia Wiradjaja Franchise Xing Fu Tang Indonesia - aplikasi kasir Moka

Usaha waralaba yang Anda jalani tentu akan bisa berkembang lebih pesat apabila Anda menggunakan teknologi aplikasi kasir mumpuni yang dapat mengerjakan hal-hal, seperti:

  • Memantau semua cabang waralaba kapan pun, di mana pun. Hanya lewat device saja! Tentu hal ini akan menghemat waktu Anda sebagai pemilik usaha bukan?
  • Mencatat laporan keuangan secara otomatis. Kini, tak ada lagi pencatatan manual yang membuang-buang waktu.
  • Mengelola inventaris atau bahan baku yang dimiliki sehingga Anda tak perlu sering-sering ke gudang. Juga, Anda bisa mengetahui kapan saat yang tepat untuk restok bahan baku.
  • Menganalisis penjualan secara komprehensif guna mengetahui mana produk yang paling laku, mana cabang yang harus ditingkatkan lagi performanya, dan seterusnya.

Apa aplikasi kasir yang tepat yang dapat menjawab semua kebutuhan di atas? Jawabannya adalah aplikasi kasir Moka. Apabila Anda tertarik untuk mencoba Moka, Anda bisa mendapatkan free trial 14 hari untuk membuktikan langsung bagaimana kemudahan yang ditawarkan aplikasi Moka dapat membuat bisnis Anda lebih #MajuDenganPasti.

Social Media Share :
Grady Laksmono

Grady Laksmono

Co-Founder of Moka.