Moka Logo
Teknologi untuk Mengembangkan Usaha Kecil Menengah

Tips Bisnis

Teknologi untuk Mengembangkan Usaha Kecil Menengah

2 min
GradyGrady

Zaman sekarang yang penuh dengan teknologi dan semua orang diwajibkan untuk mengetahui perkembangan teknologi terbaru agar tidak terlalu ketinggalan zaman. Pemanfaatan teknologi pun banyak dilakukan dalam banyak bidang, seperti bidang kesehatan, industri, maupun bidang usaha. Nah usaha yang dilakukan di Indonesia menurut survei yang dilakukan, sampai tahun 2011 masih dalam skala kecil dan menengah. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, dari kesalahan manajemen hingga kesalahan dalam memasarkan produk usaha.

Memasarkan Lewat Internet

Faktor penghambat berkembangnya usaha ada banyak hal, salah satunya adalah pemasaran. Hal yang mungkin dilakukan saat ini adalah menggabungkan teknologi dengan pemasaran, untuk menuai hasil yang lebih optimal. Contohnya pemanfaatan internet untuk meningkatkan daya beli konsumen terhadap produk UKM. Peningkatan ini bisa dilakukan dengan seringnya UKM melakukan promosi online, tapi hal ini harus mempertimbangkan dana yang ada. Untuk promosi online yang bisa dilakukan UKM akan dijabarkan sebagai berikut :

1. Memiliki website sendiri merupakan suatu hal wajib bagi pemilik UKM, hal ini akan mempermudah konsumen untuk melihat produk yang dijual UKM, dan keuntungan lainnya adalah, produk yang tertera pada website tidak hanya dilihat oleh beberapa orang, melainkan banyak orang dari seluruh dunia, yang harus diperhatikan dalam pembuatan website adalah biaya pembuatannya. Untuk membuat website yang ciamik, membutuhkan skill yang lumayan tinggi, untuk itu bisa menyewa jasa pembuatan website, atau jika UKM masih belum mempunyai dana yang tinggi untuk promosi, bisa menggunakan blog. Blog sama hampir sama seperti website, hanya saja blog bersifat free atau gratis.

2. Promosi melewati sosial media itu penting, karena semua orang saat ini hampir setiap hari membuka sosial media, sosial media juga salah satu peran penting untuk memperkenalkan produk UKM

Memasarkan Lewat Media Lain

Promosi yang paling afdol saat ini adalah menggunakan media internet, tapi promosi produk UKM tidak terbatas hanya dalam satu media, untuk lebih mengenalkan produk ke dalam satu segmen, atau suatu golongan, UKM bisa mempromosikan melewati bazar atau festival yang notabene akan banyak orang yang mengikuti acara tersebut dan hal ini sangat cocok untuk mengenalkan produk UKM ke masyarakat awam.

 

Social Media Share :
Grady Laksmono

Grady Laksmono

Co-Founder of Moka.