Moka Logo
Cara Mudah Membuat Short URL untuk Tingkatkan Pemasaran

Tips Bisnis

Cara Mudah Membuat Short URL untuk Tingkatkan Pemasaran

3 min
JordhiJordhi

Penggunaan short URL atau URL singkat sangatlah penting bagi pemilik toko online. Dalam dunia digital, alamat website yang teramat panjang bisa menjadi merepotkan bagi para pengguna internet. Masalah ini bisa diselesaikan dengan menggunakan URL singkat. Namun, apa itu URL singkat dan bagaimana fungsi serta cara membuatnya? Ayo simak ulasan di bawah ini!


Apa itu Short URL?

URL adalah uniform resource locator atau bisa juga disebut sebagai alamat suatu website. Dalam dunia internet, URL ini bisa diibaratkan seperti alamat rumah. Dengan membuka suatu URL, Anda bisa mengakses satu website yang spesifik.

Biasanya sebuah website memiliki alamat URL yang cukup panjang, tergantung konten apa yang sedang diakses oleh pengguna. Terlebih lagi jika website tersebut menyematkan tracker UTM untuk mengetahui tingkat traffic sebuah website. Jika pengguna ingin membagikan URL atau link website tersebut, maka URL-nya akan sangat panjang. Oleh karena itu, hadirlah short URL.

Baca juga: Panduan Cara Membuat Toko Online untuk Pebisnis Pemula

Short URL adalah versi singkat dari sebuah URL. URL yang lebih singkat ini dapat memudahkan para pengguna internet untuk membagikan link suatu website, termasuk toko online. Jika Anda adalah seorang pemilik toko online, maka Anda bisa dengan mudah menaruh URL singkat di halaman media sosial Anda tanpa perlu khawatir URL-nya terlalu panjang. Sehingga, URL singkat ini sangatlah bermanfaat dalam dunia digital marketing.


Fungsi Short URL

1. Memudahkan share link 

Jika Anda tidak menggunakan URL singkat, maka URL Anda akan terlampau panjang sehingga orang-orang akan kesulitan untuk membagikan URL toko Anda. Apalagi jika orang-orang ingin membagikan URL via Twitter yang memiliki keterbatasan dalam jumlah karakter. Selain itu, URL yang lebih pendek juga bisa memudahkan orang lain untuk mengingatnya. Apalagi jika Anda menggunakan URL singkat dengan frasa khusus.

2. Memudahkan orang-orang untuk mengakses landing page Anda

Landing page berperan penting dalam mengkonversi viewer menjadi buyer pada toko online Anda. Untuk itu, salah satu cara membuat landing page Anda jadi lebih aksesibel bagi semua pengguna internet, adalah dengan menggunakan URL singkat.

3. Membantu Anda mengetahui jumlah pengakses URL

Seringkali platform penyedia jasa URL singkat juga menawarkan layanan tracker untuk mengetahui berapa banyak orang yang mengakses short URL Anda. Contohnya seperti Bitly yang menyajikan berapa banyak jumlah klik dalam satu periode waktu tertentu. Jadi, Anda bisa mengukur seberapa efektif cara pemasaran Anda dengan menggunakan URL singkat.

Baca juga: 9 Strategi Meningkatkan Penjualan Bisnis Online di TikTok


Cara membuat Short URL

Short URL 1

Untuk mempersingkat URL atau link suatu website, Anda bisa menggunakan beberapa platform seperti Bitly, TinyURL, dan masih banyak lagi.

Sebagai contoh, berikut ini cara membuat short URL di Bitly dan TinyURL.

Cara membuat URL singkat dengan Bitly sangatlah mudah, yaitu:

  1. Buat akun terlebih dahulu. Bitly menyediakan beberapa pilihan akun, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Anda bisa pilih sesuai kebutuhan saja.
  2. Setelah buat akun, copy URL yang ingin Anda buat URL singkat-nya. Kemudian klik tombol Create di halaman Bitly Anda. Setelah itu, paste URL Anda pada kolom yang tersedia. Kemudian, klik Create.
  3. Setelah itu, akan muncul halaman yang menampilkan URL singkat yang baru Anda buat. Anda bisa edit bagian belakang link tersebut sesuai dengan kebutuhan.
  4. Anda bisa langsung klik copy untuk menyematkan URL singkat sesuai dengan kebutuhan.

Cara membuat short URL dengan TinyURL pun tak kalah mudah, yaitu:

  1. Anda harus membuat akun TinyURL terlebih dahulu. Anda bisa pilih akun gratis maupun berbayar.
  2. Jika sudah memiliki akun, copy URL yang ingin Anda gunakan, lalu paste pada kolom yang bertuliskan  Enter a long URL to make a TinyURL. Klik Make TinyURL.
  3. Untuk melihat short URL yang sudah Anda buat, Anda bisa klik menu My URLs. Pada menu tersebut Anda bisa memberikan nama tersendiri pada URL singkat Anda seperti pada Bitly.
  4. Jika sudah sesuai dengan kebutuhan, klik copy untuk menggunakan short URL Anda.

Baca juga: 8 Strategi Jualan Online untuk Usaha Agar Unggul di Online Commerce

Itu dia pengertian, fungsi, dan cara membuat short URL. Pemanfaatan short URL ini merupakan salah satu cara membuat landing page toko online Anda jadi lebih aksesibel, sehingga lebih mudah meningkatkan penjualan di toko online Anda.

Untuk semakin meningkatkan penjualan toko online Anda, jangan lupa untuk menggunakan aplikasi kasir Moka POS. Sebab, Moka POS dilengkapi dengan beragam fitur yang dapat meningkatkan loyalitas pelanggan, ketepatan dalam memproses transaksi, kemudahan dalam memproses pembayaran, hingga akses permodalan. Jadi, pastikan Anda menggunakan aplikasi kasir Moka POS untuk bisnis Anda!

 

Social Media Share :
Jordhi

Jordhi

Penulis di Blog Moka