Moka Logo
Rahasia Vilo Gelato Bangun Bisnis Sukses dengan Passion

Cerita Sukses

Rahasia Vilo Gelato Bangun Bisnis Sukses dengan Passion

3 min

by

Menjalankan bisnis memang tidak mudah. Ada banyak hal yang mesti dipersiapkan, dikembangkan, dan direncanakan untuk perkembangannya di masa mendatang. Tapi, ada satu cara untuk membuat prosesnya lebih lancar, yaitu dengan memilih bidang usaha yang sesuai passion Anda, seperti halnya Vilo Gelato. Supaya Anda bisa percaya diri membangun bisnis sesuai kemampuan, simak kisah dan tips suksesnya langsung di bawah ini!

Sekilas tentang Vilo Gelato

Vilo Gelato adalah salah satu brand gelato dari Indonesia yang didirikan oleh Jennike Veronika bersama dua teman lainnya. Jennike mengakui bahwa pada awalnya, ia memang sangat menyukai dan sering mencoba berbagai varian ice cream bersama teman-temannya tersebut. Dari pengalaman tersebut, ia mengatakan bahwa sebagian besar rasa ice cream yang dicicipinya cenderung terlalu manis dan selalu menggunakan bahan-bahan impor. Dari situlah ia memiliki keinginan untuk menemukan resep ice cream yang pas.

Pembagian perannya yaitu Jennike mengurus operasional dan riset, sedangkan teman lainnya mempersiapkan desain menu dan outlet sehingga menghasilkan kesan yang nyaman. Setelah mematangkan business plan, berdirilah outlet pertama mereka di Taman Ratu Indah, Grand Ville, Jakarta Barat pada 2017 lalu. Kini mereka sudah punya banyak sekali cabang di Bandung, Surabaya, Bekasi, Bogor, dan banyak lagi lainnya. Jennike dan segenap timnya juga selalu membuka peluang kerja sama pada orang yang memang punya visi misi serupa dengan mereka.

Baca juga: Contoh Katalog Online yang Bagus untuk Menu Digital Bisnis F&B

5 Rahasia Sukses Vilo Gelato

Sebagai usaha F&B yang telah berdiri sejak 2017 dan terbukti survive saat masa pandemi Covid-19, Vilo Gelato membagikan rahasia sukses menurutnya. Berikut lima tips yang dapat Anda ikuti!

1. Utamakan konsistensi dan kualitas

Jennike Veronika dan co-founder lainya memang tidak mempunyai background sebagai koki di dapur. Awal mula mereka terjun ke bisnis ini hanya diawali dengan kesukaan terhadap ice cream, ditambah dengan tekad dan nekat yang kuat. Meski begitu, mereka tidak asal dalam mengembangkan varian gelato yang dijual.

Dengan berbagai usaha dan kegagalan yang mereka alami di awal, misalnya resep yang gagal, justru membuat semangat mereka mempelajari artisan gelato semakin membara. Mereka kemudian mendalaminya melalui YouTube dan platform online lain. Berkat usaha yang konsisten itulah, mereka bisa menghadirkan kualitas gelato yang disenangi oleh banyak konsumen tanah air.

2. Adaptasi adalah kunci utama

Pada masa pandemi Covid-19, bisnis gelato ini sempat mengalami penurunan tajam yang membuat Jennike berpikir inovatif, yakni mengemas gelato dalam cup-cup kecil sehingga pembeli tetap bisa menikmati sajian gelato darinya. Solusi ini kemudian membuahkan 70 reseller yang tersebar di berbagai kota dengan nominal order mencapai Rp20 juta.

Meski pandemi sudah berakhir, Jennike masih menerapkan konsep penjualan serupa. Sehingga, konsumen yang datang ke outlet resmi mereka bisa langsung memilih varian rasa gelato yang telah tersaji dalam jar kaca. Konsep ini juga dinilai lebih praktis. Jadi, pada dasarnya, mereka tidak menutup diri terhadap perubahan karena adaptasi adalah kunci utama supaya bisnis bisa bertahan.

3. Perkuat konsep bisnis sesuai kebutuhan pelanggan

Sejak awal berdirinya, Jennike bersama teman dekatnya selalu berkomitmen untuk menciptakan tempat menikmati ice cream yang nyaman. Berangkat dari hal tersebut, tidak heran bila konsep utama kafe mereka adalah suasana yang homey dan enak dipandang mata. Bahkan, mereka juga menyediakan berbagai permainan yang bisa dipinjam saat sedang menikmati gelato.

4. Manfaatkan kekuatan inovasi dan kolaborasi

Jennike memahami bahwa tak semua pelanggan hanya ingin menikmati gelato ketika berkunjung ke outlet mereka. Itulah mengapa Vilo Gelato kini berinovasi dengan menghadirkan makanan berat, hampers, kids meal, snack, hingga wacko (gelato dalam bentuk stick). Mereka juga rutin berkolaborasi dengan berbagai brand lokal maupun internasional setiap bulannya.

5. Pertimbangkan teknologi yang cocok

Rahasia berikutnya yang membuat Vilo Gelato semakin memiliki sistem pengelolaan andalan adalah dengan menerapkan teknologi canggih seperti Moka Prime. Ini merupakan salah satu produk Moka yang dapat membuat tampilan kasir bisnis Anda menjadi lebih elegan berkat dual touch screen untuk tim kasir sekaligus pelanggan. Sehingga, konsumen bisa memindai kode QR, mengetahui promo yang sedang berlangsung, atau memberikan feedback melalui layar ini.

Baca juga: Mau Mulai Bisnis F&B? Simak Caranya Di Sini!

Mengelola bisnis memang tidak mudah, tapi Anda bisa mengikuti kesuksesan Vilo Gelato dengan menerapkan beberapa tips di atas. Jangan lupa untuk mengaplikasikan teknologi terkini seperti Moka Prime supaya pengelolaan bisnis lebih mudah dan pelayanan terhadap pelanggan ditingkatkan. Mari, raih kesuksesan usaha bersama Moka!

Social Media Share :