Moka Logo
Packaging adalah: Pengertian, Jenis, dan Contoh Desainnya

Tips Bisnis

Packaging adalah: Pengertian, Jenis, dan Contoh Desainnya

3 min
SaminaSamina

Packaging adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika Anda menjalankan sebuah bisnis yang produknya berbentuk barang. Packaging atau biasa disebut dengan kemasan menjadi salah satu peran penting untuk melindungi barang Anda dan juga merepresentasikan brand Anda.

Dalam membuat packaging juga tidak bisa sembarangan. Packaging adalah suatu hal yang mempengaruhi citra dari produk Anda. selain itu, packaging bisa menjadi daya tarik untuk barang Anda. Untuk memahami apa itu packaging beserta jenis dan contohnya, simak artikel ini!

Definisi Packaging adalah Sebagai Berikut 

 

Packaging adalah material yang membungkus produk. Fungsinya melindungi dan memudahkan konsumen membawa produk tersebut. Selain itu, packaging juga bisa disebut desain kreatif yang mencampur bentuk, struktur, material, warna, beserta elemen-elemen desain lainnya dengan informasi produk sehingga barang tersebut dapat dipasarkan.

Packaging bisa menjadi ciri khas dari produk yang Anda tawarkan. Ibarat kata, packaging adalah garda terdepan dari produk tersebut karena ketika orang melihat sebuah barang, hal yang pertama kali mereka lihat adalah kemasan atau packaging.

Oleh sebab itu, semakin menarik packaging yang Anda buat, semakin menambah nilai plus dari produk yang Anda jual.

Baca juga: 6 Standar Packaging Box yang Aman 

Packaging adalah Fungsi Packaging 

Beberapa brand mungkin tidak memperhatikan packaging. Mereka tidak menyadari bahwa packaging juga salah satu peran penting untuk citra produk Anda. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari packaging!

1. Sebagai pelindung produk 

Fungsi utama dari packaging atau kemasan memang untuk melindungi produk Anda dari gangguan luar. Dengan begitu, kualitas dari produk Anda akan tetap terjaga.

2. Daya tarik pembeli

Packaging bisa meningkatkan minat pembeli karena ketika seseorang membeli barang, hal yang pertama dilihat secara fisik adalah kemasan atau packaging. Jadi, jika packaging Anda menarik, bisa menjadi daya tarik pembeli.

3. Sebagai sarana promosi

Siapa sangka packaging juga bisa menjadi sarana promosi yang efektif. Anda bisa mencantumkan alamat dan hal-hal lain yang berguna untuk kebutuhan promosi.

4. Menciptakan prestige dari pembeli 

Kemasan yang menarik menambah kebanggan tersendiri bagi si pembeli. Bahkan tak banyak yang menjadikan kemasan tersebut sebagai hal yang mereka ingin miliki.

Jenis Packaging 

Agar lebih paham mengenai packaging yang pas untuk produk Anda, berikut ini adalah beberapa jenis packaging yang perlu Anda ketahui!

1. Packaging primer 

Packaging primer adalah kemasan utama dari produk tersebut. Bisa dibilang merupakan kemasan yang melekat pada produk tersebut. Biasanya packaging primer adalah packaging untuk barang-barang eceran. Sebagai contohnya sabun, pasta gigi, minuman botol, dan lain sebagainya.

2. Packaging sekunder

Packaging sekunder adalah kemasan yang melindungi beberapa produk yang biasanya juga sudah menggunakan packaging primer. Produk yang ada di dalamnya biasanya lebih dari satu. Misalnya 1 pak kopi atau 1 pak rokok.

3. Packaging delivery

Packaging yang satu ini biasanya digunakan untuk kebutuhan pengiriman. Jadi, packaging ini bisa berisi beberapa produk dengan packaging primer maupun sekunder.

Baca juga: 7 Cara Packing Barang agar Aman Sampai di Pelanggan 

Contoh Packaging untuk Inspirasi Anda 

Setelah mempelajari packaging adalah elemen penting dalam bisnis dan jenis-jenisnya, berikut ini adalah contoh packaging.

1. Packaging kotak vertikal

Packaging adalah 2

Jenis packaging ini bisa digunakan untuk produk makanan ataupun barang. Jika Anda berjualan biji kopi atau kopi bubuk, packaging seperti ini juga cocok untuk diterapkan. Kotak vertikal akan mempertegas kesan ringkas dan gagah.

2. Packaging dengan pesan personal

Packaging adalah 3

Jika Anda melayani pesanan online, Anda bisa kreasikan packaging dengan menambahkan pesan personal. Selain itu, bungkus juga produk Anda dengan teknik yang unik sehingga saat menerima paket, konsumen merasa senang.

3. Botol unik

packaging adalah

Jika Anda menjual produk minuman, maka Anda bisa mencoba menggunakan packaging botol yang unik. Pastikan juga desain label produk Anda unik dan menarik.


Itu tadi adalah definisi packaging adalah beserta contohnya. Selain memperhatikan packaging produk, Anda juga harus memperhatikan beberapa faktor lainnya agar jualan online Anda bisa berjalan dengan lancar. Salah satunya untuk mengatur keuangan dalam jualan online Anda dengan Moka POS.

Moka POS adalah aplikasi kasir online yang dapat Anda andalkan untuk kelancaran bisnis dan usaha Anda. Moka POS juga memiliki fitur-fitur menarik lainnya yang memudahkan Anda untuk mengatur transaksi pada bisnis Anda. Yuk, andalkan aplikasi kasir Moka POS dan gunakan fitur-fitur canggihnya GRATIS selama 14 hari!

 

Social Media Share :
Samina

Samina

Penulis di Blog Moka.