Moka Logo
Bagaimana Moka Prime Bantu Kesuksesan Usaha? Ini Kelebihannya!

Info Produk

Bagaimana Moka Prime Bantu Kesuksesan Usaha? Ini Kelebihannya!

6 min

by

Setiap hal harus diperhatikan dalam berbisnis, salah satunya adalah meja kasir yang dapat memberikan tampilan berbeda. Kini Moka dengan inovasi baru, melahirkan sebuah device yang dapat mendukung operasional dan memberikan layanan berkelas untuk pelanggan anda yaitu Moka Prime! 

Apa Itu Moka Prime?

Moka Prime adalah versi upgraded dan terbaru dari kasir digital Moka yang sebelumnya. Jika pada versi terdahulu sistem point of sales Moka hanya memiliki satu tablet berwarna putih, Moka Prime justru berbeda. Sebab, teknologi baru ini telah dilengkapi dengan dual layar sentuh  dan desain yang terlihat lebih kokoh sekaligus berkelas.

Tak hanya dari segi penampilan fisiknya, tampilan antarmuka (user interface) pada teknologi baru Moka juga sudah lebih intuitif. Selain itu, hardware serta software yang ditawarkan oleh Moka Prime juga sudah lebih canggih. Kulik spesifikasi Moka Prime untuk bantu percantik outlet Anda di bawah ini.

Spesifikasi Moka Prime

Moka Prime memiliki layar sentuh full HD (FHD) berukuran 14.1” atau 35,8 cm sebagai layar primer untuk mengoperasikan aplikasi kasir online sebagai merchant. Dengan ukuran yang lebih besar, Anda pun bisa melihat lebih banyak menu dan fitur dalam sekali pandang. Sehingga, Anda dapat menemukan opsi yang dibutuhkan dan melayani konsumen dalam waktu lebih singkat. Namun, fitur utama Moka Prime tidak terbatas pada satu touch screen lebar saja.

Eksklusif untuk versi terbaru dari teknologi POS Moka, Moka Prime juga sudah lengkap dengan layar sentuh sekunder yaitu, sebesar 8” atau sekitar 20 cm. Touchscreen tambahan ini menghadap ke arah konsumen, sehingga mereka dapat mengoperasikannya untuk pengalaman belanja yang lebih baik.

Lantas, bagaimana dengan spesifikasi hardware dan software di dalam layar sentuh tersebut? Perlu diketahui bahwa Moka Prime memiliki RAM sebesar 4 GB, ROM 32 GB, baterai berkapasitas 2600 mAh, serta sistem operasi Android 13. 

Dengan spesifikasi terbaru sedemikian rupa, Anda pun bisa menjalankan aplikasi versi terbaru yang lebih canggih dan bahkan multitasking dengan lebih lancar tanpa harus mengkhawatirkan performa yang tersendat-sendat. Selain itu, baterai yang berkapasitas lebih besar juga memungkinkan Anda melayani pelanggan lebih lama, tepatnya selama 2 jam setelah dayanya terisi penuh.

Bahkan, spesifikasi canggih Moka Prime tak hanya berhenti sampai di hardware dan software-nya yang canggih. Alat kasir digital terbaru ini memiliki banyak dukungan konektivitas, contohnya WiFi, bluetooth, dan jaringan seluler 4G. Jadi, Anda punya lebih banyak opsi jaringan internet untuk mengoperasikan sistem kasir digital dengan lebih lancar di mana saja.

4 Kelebihan Utama Moka Prime

Sebagai terobosan terbaru dari Moka, Moka Prime memiliki sejumlah kelebihan yang hanya bisa ditemukan pada teknologi satu ini. Apa saja contohnya? Anda dapat menyimak selengkapnya melalui daftar berikut:

1. Desain yang lebih elegan

Nuansa toko merupakan salah satu elemen penting untuk menjaga kenyamanan konsumen serta reputasi bisnis. Untuk mewujudkan nuansa yang lebih nyaman, Anda bisa memasang alat-alat dengan tampilan dan warna yang kohesif atau senada dengan desain interior tempat usaha. Ya, bahkan termasuk mesin kasir yang digunakan. Misalnya, kalau Anda punya bisnis dengan nuansa interior yang modern, Anda dapat menggunakan mesin kasir dengan desain yang sleek dan futuristik.

Moka Prime merupakan rekomendasi terbaik untuk hal tersebut karena desain barunya jauh lebih elegan. Sebab, tablet layar sentuh yang digunakan pada alat baru ini memiliki warna  putih yang terlihat glossy saat terkena cahaya. 

  1. Menyediakan layanan transaksi yang lebih berkelas

Tahukah Anda bahwa Moka Prime bisa membantu Anda memberikan pelayanan yang  terdepan kepada konsumen? Kuncinya, ada di layar kedua nya dimana kasir bisa langsung meminta customer feedback survey secara langsung. Sehingga Lantas, apa yang bisa Anda tampilkan pada touch screen sekunder yang berukuran lebih kecil? Jawabannya sangat beragam! Contohnya, Anda dapat meminta kritik dan saran dari konsumen, lalu mereka hanya perlu menekan tombol tertentu. 

Selain itu, Anda juga bisa menampilkan kode QR yang dapat di-scan oleh pelanggan dengan kamera smartphone mereka untuk menyelesaikan transaksi mereka. Jadi, Anda tidak perlu mencetak kode tersebut dengan kertas yang terpasang di mesin EDC agar lebih ramah lingkungan dan tidak perlu menginput nominal transaksi secara manual untuk menghindari kesalahan penginputan dan lebih praktis.

3. Bisa tetap beroperasi meski internet dan listrik padam

Pernahkah Anda merasa khawatir saat menggunakan sistem POS digital di saat pasokan listrik atau jaringan internet sedang terganggu? Mungkin saja, Anda takut aplikasi tersebut tidak dapat beroperasi tanpa listrik maupun internet, sehingga Anda harus mempertimbangkan kemungkinan menghentikan pelayanan untuk sementara. Tapi, Anda tidak perlu mencemaskan hal tersebut saat menggunakan Moka Prime!

Apa rahasianya? Koneksi seluler Moka Prime sudah terintegrasi dengan jaringan seluler 4G. Dengan demikian, Anda sama sekali tidak perlu takut koneksi internet pada tablet akan ikut terputus saat terjadi pemadaman listrik. Ya, bahkan ketika router WiFi Anda tidak bisa berfungsi tanpa aliran listrik. Selain itu, baterai tanam dan fitur Offline Mode dapat membantu Anda mengoperasikan outlet bebas hambatan. 

Hasilnya, aplikasi kasir akan terus beroperasi. Berkat kelebihan ini juga, Anda bisa terus menerima dan memproses pembayaran dari konsumen sampai akhir jam operasional.

Fitur Unggulan Terbaru Moka Prime

Berkaitan dengan semua kelebihan yang sudah disebutkan, Moka Prime memiliki sejumlah fitur baru yang hanya ada pada sistem POS satu ini. Berikut adalah daftar lengkapnya:

1. Customer feedback

Tahukah Anda kalau sekarang Anda bisa mengumpulkan penilaian dari konsumen secara real-time, tepatnya setelah mereka selesai membayar? Ya, hal ini tidak lagi mustahil dengan Moka Prime! Jika dahulu Anda harus menunggu konsumen meninggalkan toko dan mengisi formulir evaluasi pelayanan melalui media lain, kini Anda hanya perlu meminta mereka melakukan satu hal sederhana selagi mereka ada di toko. Rahasianya, ada di fitur customer feedback.

Setelah melunasi pembayaran, konsumen akan melihat menu yang menanyakan bagaimana pengalaman mereka selama berbisnis dengan Anda. 

Terlepas dari opsi yang dipilih, feedback mereka akan langsung masuk ke sistem toko, dan Anda dapat menganalisis seberapa banyak pelanggan yang memberikan respons positif. Jadi, Anda bisa segera menjadikan hasil penilaian tersebut sebagai batu loncatan awal untuk meningkatkan kualitas customer service.

2. Dukungan pembayaran QRIS

Berkat adanya fitur pembayaran dengan scan kode QR pada Moka Prime, kini Anda bisa mendukung lebih banyak metode pembayaran cashless untuk bisnis Anda! Lebih praktisnya lagi, sistem ini juga sudah mendukung implementasi QRIS yang ditetapkan oleh Bank Indonesia. 

Bagaimana cara kerjanya? Setelah mengkonfirmasi bahwa pelanggan ingin membayar pesanan atau barang mereka dengan QRIS, Anda cukup menekan tombol pembayaran menggunakan kode QR di layar sentuh primer. Kemudian, mereka bisa melihat nominal yang harus dibayarkan serta kode QR untuk di-scan dengan aplikasi mobile banking atau e-wallet mereka pada touch screen sekunder di bagian bawah mesin kasir. Praktis, kan?

3. Tampilan promo

Selain mempermudah alur pembayaran, Anda juga dapat menggunakan Moka Prime untuk mendorong penjualan dan brand awareness, lho! Bagaimana bisa? Inilah fungsi dari fitur unggulan Moka Prime yang lainnya, yaitu tampilan promo. Sesuai namanya, Anda dapat menunjukkan informasi tentang promosi yang sedang berjalan saat ini pada layar sekunder yang menghadap ke pelanggan.

Contohnya, Anda bisa menggunakan fitur tersebut untuk mempromosikan diskon, bundle, atau bahkan cashback pada pembelian produk tertentu. Bahkan, Anda juga dapat menerapkannya untuk pembayaran menggunakan metode tertentu atau ajang yang mengharuskan pelanggan membuat konten tentang bisnis Anda di media sosial untuk mendapatkan barang gratis.

Meski demikian, penggunaan fitur canggih ini tak hanya terbatas untuk promosi terbatas. Misalnya, kalau Anda memiliki varian menu atau barang yang baru saja dirilis, Anda dapat memperkenalkannya secara visual dan singkat melalui layar sentuh tambahan Moka Prime. Jadi, konsumen bisa mendapatkan informasi tersebut secara langsung.

Jenis Usaha yang Cocok Menggunakan Moka Prime

Ingin tahu apakah bisnis Anda cocok menggunakan Moka Prime? Pada dasarnya, Moka Prime adalah solusi kasir digital yang diciptakan khusus untuk menjawab kebutuhan bisnis berskala menengah hingga besar atau usaha franchise

Jadi, apa pun sektor bisnis Anda, Anda bisa menggunakannya selama memenuhi syarat tersebut! Berikut adalah contoh penggunaannya di berbagai bidang usaha:

1. Bisnis kuliner

Apakah Anda menjalankan restoran atau kafe dengan lebih dari satu cabang? Jika iya, Moka Prime akan sangat membantu pengelolaan semua cabang bisnis Anda! Dengan fitur untuk memfilter performa penjualan dan feedback konsumen di setiap lokasi outlet, Anda dapat mengevaluasi cabang mana saja yang memerlukan peningkatan hanya melalui satu menu. Jadi, Anda tak perlu jauh-jauh mendatangi lokasi tertentu.

Selain itu, Moka Prime juga membantu Anda melihat stok menu makanan dan minuman yang tersedia, mengelola reservasi tempat duduk konsumen, dan juga mengumpulkan masukan dari konsumen tentang layanan yang mereka terima secara real-time agar restoran Anda semakin berkembang. 

2. Bisnis retail

Jika Anda punya bisnis retail seperti supermarket, toko pakaian, atau toko lainnya yang menjual barang-barang fisik untuk pelanggan individual, Anda bisa menggunakan Moka Prime untuk mengecek stok barang di gudang lewat tablet layar sentuh saja. 

Tak sampai di sana saja, Moka Prime juga dapat membantu Anda menerima pembayaran pelanggan secara cashless, meminta kritik dan saran mereka tentang kualitas barang maupun pelayanan staf toko Anda, serta mengecek angka penjualan di setiap toko cabang. Sehingga, teknologi ini sangat ideal jika bisnis Anda sudah berekspansi ke berbagai lokasi.

3. Bisnis jasa

Untuk Anda yang memiliki bisnis jasa seperti salon kecantikan, bengkel all-in-one, terapi pijat, travel agent, dan sebagainya, Moka Prime juga cocok untuk operasional usaha Anda! Sebab, di samping mengelola jadwal reservasi pelanggan, Anda juga dapat menggunakan teknologi ini untuk mendukung pembayaran menggunakan QRIS agar transaksi lebih cepat selesai. 

Di penghujung transaksi, pelanggan juga bisa memberikan kritik dan saran terkait seberapa baik pelayanan bisnis Anda tanpa perlu menunggu lama. Dari sana, Anda pun dapat memeriksa jumlah feedback positif dan pemasukan setiap outlet cabang cukup melalui satu menu saja agar proses evaluasi jadi lebih praktis.

4. Bisnis pariwisata

Terakhir, kalau Anda memiliki bisnis yang bertujuan mendukung perjalanan para pelanggan seperti rental kendaraan, atraksi hiburan, dan penginapan, Anda dapat mempersingkat waktu transaksi menggunakan Moka Prime! Kuncinya ada di fitur pembayaran cashless dengan kode QR untuk membeli tiket atau melunasi pembayaran sewa kendaraan maupun kamar. 

Sebab, konsumen hanya perlu scan kode QR di layar sekunder dengan kamera smartphone, dan mereka bisa menikmati fasilitas yang ditawarkan! Lalu, Anda juga dapat mengumpulkan feedback tentang kualitas layanan di akhir transaksi, dan bahkan memfilter penilaian di setiap cabang untuk membantu perancangan strategi bisnis

Sudah tahu seperti apakah kecanggihan Moka Prime dan kegunaannya untuk bisnis Anda? Anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk meningkatkan alur pelayanan bisnis supaya lebih canggih. Apalagi, ada promo terbatas yang ditawarkan oleh Moka supaya Anda bisa menghemat pengeluaran bisnis saat membeli alat dan sistem POS terbaru. Yuk, dapatkan unit mesin kasir digital terbaru dari Moka sekarang dengan mengklik link ini!

Social Media Share :