Moka Logo
Mau Perkuat Eksistensi Bisnis di Media Sosial dengan Konten Microblog? Ini Caranya …

Tips Bisnis

Mau Perkuat Eksistensi Bisnis di Media Sosial dengan Konten Microblog? Ini Caranya …

4 min
SaminaSamina

Mau Perkuat Eksistensi Bisnis di Media Sosial dengan Konten Microblog? – Seperti yang kita tahu, internet adalah alat yang kita gunakan sehari-hari untuk mencari dan berbagi berbagai macam hal seperti, seperti mengunggah foto di Instagram, bercerita di Twitter, atau saat kita ingin berbincang dengan orang lain. Namun, kegunaan internet tentu lebih besar dari itu. 

Bagi Anda yang memiliki bisnis, internet dapat digunakan untuk memasarkan produk lewat konten-konten berkualitas, salah satunya adalah microblog. 

Apa Itu Microblog?

membuat content plan untuk microblog (3)

Mungkin Anda bertanya-tanya apa itu microblog. Secara singkat, microblog adalah kombinasi dari pesan instan dan blog yang memungkinkan Anda untuk mengunggah post atau konten kecil, seperti kalimat pendek, gambar, video, atau tautan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Hal ini dapat memberikan keuntungan pemasaran yang besar bagi bisnis Anda, lho!

Sementara itu, microblogging adalah kegiatan atau proses membuat microblog. Nah, dengan membuat dan menggunakan microblog, Anda dapat berbagi informasi yang relevan kepada pelanggan, berkomunikasi lewat edukasi, serta menjaga popularitas bisnis agar tetap stabil.

Selain untuk konsumen Anda, secara internal, menurut Harvard Business Review, microblog juga mampu meningkatkan produktivitas dengan memungkinkan karyawan untuk bertukar informasi dengan cepat dan mendorong solusi yang akan memakan waktu lebih lama. Menarik, bukan?


Kelebihan Microblog

membuat content plan untuk microblog (1)

Nah, apa saja sih kelebihan microblog? Untuk mengetahuinya, simak terus artikel ini sampai selesai, ya.

1. Dalam membuat microblog, Anda butuh waktu lebih sedikit untuk membuat konten yang singkat, padat, dan jelas manfaatnya.

2. Biasanya, apabila Anda mengunggah microblog di media sosial, engagement bisa lebih tinggi karena informasi yang disampaikan tidak bertele-tele alias straight to the point. Ini bisa jadi konten adaptif bagi pemilik bisnis dengan pelanggan dengan karakter yang ingin apa-apa serba cepat.

3. Dengan engagement tinggi dari konten microblog, Anda pun bisa membuka diskusi bermakna bersama para pelanggan. Dengan begitu, Anda pun bisa semakin dekat dengan pelanggan yang siapa tahu, loyalitasnya bisa semakin bertambah.

4. Kreativitas bisa bertambah karena ketika membuat microblog, Anda dituntut untuk bisa membuat berbagai macam konten yang memang dibutuhkan oleh pelanggan. Tak cuma edukasi, Anda juga bisa mempromosikan produk dan jasa lewat tipe konten ini, lho!

5. Branding bisnis bisa terbentuk lebih kuat, terutama bagi Anda yang ingin bisnisnya dikenal sebagai pemberi edukasi juga.


Apa Saja yang Dapat Diunggah di Microblog? 

caption atau deksripsi produk di media sosial (4)

Jika tidak mempunyai situs sendiri, jangan khawatir! Anda dapat gunakan platform media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, atau TikTok untuk mengunggah informasi menarik mengenai bisnis Anda. Selain dapat mencapai pelanggan lebih banyak, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membuat microblog. 

Selain foto atau video terkait dengan bisnis Anda, kalimat pendek yang berupa cara pemakaian, deskripsi, atau bahkan tips tentang produk Anda juga dapat diunggah untuk menjaga ketenaran bisnis Anda. 

Baca juga: Cara Efektif Membuat dan Memantau Konten Media Sosial Bisnis

Perlu diketahui, selain memberi arus informasi yang stabil kepada pelanggan, bisnis yang menggunakan microblog dapat menghasilkan konten hebat dengan mengoptimalkan kegunaan SEO dan SEM. 

Untuk bisnis-bisnis lokal, menggunakan microblog dapat memberikan banyak peluang untuk berbagi banyak hal seperti informasi-informasi tentang produk baru, promosi, dan lain-lain.

Anda juga dapat memperluas informasi tentang acara yang bisnis Anda akan hadiri sehingga menarik calon pelanggan untuk datang hadiri acara tersebut. 

Mengunggah penghargaan atau sertifikasi yang diterima oleh karyawan atau bisnis Anda juga dapat membantu meningkatkan kredibilitas bisnis Anda sehingga dapat dipercaya oleh target pelanggan bisnis Anda.

Jika tidak ada ide apa yang akan diunggah, lakukan sesi brainstorming dengan karyawan Anda. Jika belum mendapatkan ide, tanyakan kepada audiens Anda tentang apa saja informasi yang ingin mereka baca. 

Untuk mendapatkan informasi tambahan, jangan lupa lakukan riset tentang apa yang dilakukan oleh pesaing bisnis Anda untuk membuat rencana konten yang dapat menyaingi bisnis-bisnis serupa. 

Baca juga: Kompetitor Meniru Produk Anda? Ini 10 Hal yang Bisa Dilakukan


4 Cara Membuat Konten Microblog 

laptop - menulis - penghasilan pasif - microblog

Platform media sosial tentu dapat membuat bisnis Anda semakin maju. Namun, untuk membuat konten Anda lebih menarik dibanding bisnis yang serupa, tentu butuh usaha lebih. Jangan khawatir, ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

1. Konsepkan Konten Microblog

Untuk membuat microblog, Anda harus membuat konsep seperti apa konten yang dapat dibuat. Misalnya, mulai dari topik, visual, font style, font size, warna, hingga gambar apa saja yang akan Anda gunakan dalam membuat konten bisnis Anda.

2. Beri pertanyaan di akhir konten

Jika sudah menentukan konsep microblog Anda, pastikan apa yang akan Anda unggah dapat menarik engagement dari pelanggan Anda. Salah satu cara untuk melakukan hal itu adalah sisipkan pertanyaan di akhir unggahan Anda. Cara ini dinilai efektif untuk memancing jawaban baik dari pelanggan lama maupun yang baru.

Baca juga: 10 Podcast untuk Belajar Bisnis dari Nol

3. Berikan informasi menarik dan bermanfaat

Tanyakan kepada diri Anda apakah konten yang akan Anda unggah menarik atau bermanfaat tidak bagi orang lain? Dalam membuat konten yang menarik, cobalah selipkan tips and trik atau informasi menarik seputar produk Anda supaya pelanggan bisa lebih penasaran.

4. Pilih aplikasi yang akan Anda gunakan

Tentu dalam membuat konten, Anda bisa menggunakan aplikasi desain yang dapat diunduh secara gratis. Aplikasi desain yang dapat Anda gunakan adalah antara lain Adobe Photoshop atau Canva. Anda juga dapat gunakan aplikasi yang lebih sederhana seperti Powerpoint, Google Slides, dan Keynote. 

Agar konten yang Anda buat konsisten, pilihlah satu aplikasi dengan template relevan yang bisa Anda gunakan secara terus-menerus. 

5. Upload di media yang tepat

Kebanyakan microblog di-upload di media sosial Instagram, terutama di feed. Nah, apakah Anda sudah menentukan di mana Anda akan meng-upload konten Anda? Jika bingung, Instagram bisa menjadi pilihan yang paling pas!

Baca juga: 11 Akun YouTube untuk Belajar Bisnis Online Gratis

Jangan lupa, satu konten yang sudah Anda upload tersebut, bisa Anda distribusikan atau promosikan di kanal-kanal lainnya agak exposure bisa lebih meningkat!

Nah, itu dia penjelasan mengenai microblog yang perlu diketahui. Bagaimana, tertarik kah untuk membuat konten microblog dan mempublikasikannya di media sosial? Semoga bisa menjadi inspirasi bagi Anda untuk mempromosikan produk dan jasa lewat konten-konten menarik, ya!

Setelah tahu bagaimana cara membuat microblog, yuk tingkatkan juga traffic penjualan usaha Anda lewat GoStore!

GoStore merupakan platform terbaru dari Gojek yang dapat Anda gunakan untuk membuat website toko online pribadi dan terhubung dengan berbagai media sosial, seperti Instagram, Facebook, dan Google Shopping. GoStore akan mempermudah transaksi penjualan Anda di berbagai kanal berbeda dan dapat Anda akses secara langsung lewat Back Office Moka.

Tertarik untuk tahu lebih banyak mengenai GoStore? Klik halaman ini, yuk!

Social Media Share :
Samina

Samina

Penulis di Blog Moka.