Moka Logo
Micro Influencer Adalah: Pengertian, Kelebihan, dan Contoh Kerja Sama

Tips Bisnis

Micro Influencer Adalah: Pengertian, Kelebihan, dan Contoh Kerja Sama

3 min
JordhiJordhi

Bekerja sama dengan micro influencer adalah salah satu strategi marketing yang paling efektif di era digital ini, terlebih lagi bagi Anda yang memiliki bisnis online. Namun, apa pengertian dari micro influencer dan bagaimana kelebihan serta kekurangannya? Berikut ulasan lengkapnya!


Micro Influencer adalah Influncer dengan Followers 10.000-100.000

Micro influencer adalah influencer yang memiliki 10.000 hingga 100.000 followers di halaman media sosialnya. Micro influencer berada satu tingkat di atas nano influencer dan tiga tingkat di bawah mega influencer yang merupakan tingkatan influencer tertinggi dengan jumlah pengikut hingga jutaan users.

Micro influencer biasanya memulai karirnya dari nano influencer. Konsistensinya dalam menghasilkan konten-konten yang menarik dan sesuai dengan niche-nya membuat jumlah pengikut micro influencer terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Baca juga: 23 Kata-Kata Promosi Jualan Makanan Cemilan dan Tipsnya


Kelebihan dan Kekurangan Micro Influencer

micro influencer adalah - 3

Anda perlu mempertimbangkan matang-matang sebelum kolaborasi. Kelebihan dan kekurangan micro influencer adalah sebagai berikut:

1. Lebih dekat dengan para followers-nya karena masih belum terlalu banyak

Bagi para pengikutnya, seorang micro influencer adalah bagaikan teman. Para pengikutnya merasa memiliki keterikatan karena sering berinteraksi langsung dengan sang influencer. Sang influencer pun juga menganggap para pengikutnya di media sosial sebagai teman, komunitas, atau support system.

Di sisi lain, jumlahnya yang terbatas mungkin kurang menarik minat pihak brand yang ingin produknya diketahui oleh sebanyak-banyaknya warganet. Sehingga, jika itu adalah objektif Anda, micro influencer kurang cocok untuk Anda.

2. Engagement rate yang lebih tinggi namun reach yang cukup rendah

Kedekatan yang terbangun antara micro influencer dan pengikutnya menciptakan engagement yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan micro influencer lebih interaktif dengan para pengikutnya di media sosial. Meskipun demikian, jumlah reach untuk setiap post promosi micro influencer juga masih terbatas. Hal ini dipengaruhi oleh jumlah followers-nya yang masih terbatas.

3. Konten yang lebih unik dan kreatif

Micro influencer adalah influencer yang suka  membuat konten yang lebih kreatif karena sesuai dengan karakteristiknya. Para pengikut micro influencer pun biasanya merupakan audiens dengan niche tertentu. Oleh karena itu, tidak jarang micro influencer menghasilkan konten promosi yang menarik untuk audiens dengan tipe tertentu saja.

Baca juga: 20 Contoh Kalimat Promosi Bisnis Online yang Paling Menarik


Tips Memilih Micro Influencer

Agar tujuan promosi bisnis online Anda bisa tercapai, tips memilih micro influencer adalah sebagai berikut:

1. Pastikan audiensnya sesuai dengan target pasar Anda

Audiens dari micro influencer adalah  niche dan spesifik. Jadi, Anda harus riset terlebih dahulu apakah sudah sesuai dengan target pasar produk Anda. Misalnya, jika Anda menjual produk kesehatan, mungkin bisa bekerja sama dengan micro influencer yang fokus pada topik gaya hidup sehat, bukan dengan influencer kuliner.

2. Diskusikan konten yang akan dihasilkan

Micro influencer biasanya memiliki kreativitas yang tinggi. Mereka bisa menghasilkan konten promosi native yang menarik sehingga para pengikutnya dapat tetap menikmati konten tersebut. Namun, kreativitas ini juga bisa menutup pesan yang ingin Anda sampaikan dalam materi promosi. Oleh karena itu, sebaiknya Anda berdiskusi dengan sang influencer untuk menghasilkan konten yang terbaik untuk audiens dan juga untuk target pasar Anda.

3. Cek bagaimana engagement dari para pengikutnya

Engagement rate yang tinggi merupakan keunggulan dari micro influencer. Namun, itu bukan berarti semua micro influencer  adalah saluran yang memiliki engagement rate yang baik. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggunakan platform pengecekan engagement rate untuk mengetahui siapa saja micro influencer yang dengan nilai engagement rate tertinggi.


Contoh Ide Kerja Sama Micro Influencer

micro influencer adalah - 1

Berikut ini contoh ide kerja sama dengan micro influencer yang bisa Anda terapkan:

  1. Bekerja sama dengan micro influencer di bidang entrepreneurship untuk menjual kelas cara memulai bisnis online Anda.
  2. Membuat konten honest review dengan para beauty vlogger tentang produk makeup Anda.
  3. Mengajak micro influencer menjadi host pada live shopping produk-produk fashion Anda.

Baca juga: Strategi Promosi yang Efektif dan Efisien untuk Usaha Anda

Itu dia ulasan tentang micro influencer untuk menambah wawasan Anda tentang dunia influener. Jadi, kini Anda bisa menentukan strategi promosi yang sesuai dengan bisnis online Anda. Selain memanfaatkan jasa micro influencer, Anda juga bisa menggunakan aplikasi kasir Moka POS untuk membuat strategi promosi Anda jadi lebih sukses.

Moka POS dapat memberikan data penjualan dengan lengkap dan mudah dipahami, sehingga strategi promosi Anda akan jadi lebih komprehensif. Tak hanya itu, Moka POS juga dilengkapi fitur loyalty program, sehingga Anda bisa memberikan penawaran spesial kepada para pelanggan setia bisnis Anda. Jadi, pastikan Anda menggunakan Moka POS untuk aplikasi kasir Anda!

Social Media Share :
Jordhi

Jordhi

Penulis di Blog Moka