Moka Logo
5 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan saat Imlek, Apa Saja?

Tips Bisnis

5 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan saat Imlek, Apa Saja?

3 min
JordhiJordhi

5 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan saat Imlek, Apa Saja? –  Selain ada makanan khas yang membawa keberuntungan, ternyata ada juga makanan yang tidak boleh dimakan saat Imlek karena dianggap mampu membawa kesialan di tahun tersebut.

Pada dasarnya, menurut kepercayaan budaya Tionghoa segala sesuatu memiliki tanda yang bisa memengaruhi keberuntungan dan kesialan orang tertentu yang menggunakan tanda tersebut. Salah satunya makanan.

Seperti makanan berikut ini yang wajib dihindari untuk dimakan saat perayaan Imlek.

5 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan saat Imlek, Apa Saja?

1. Bubur Jadi Makanan yang Tidak Boleh Dimakan saat Imlek

Bagi orang Indonesia bubur adalah santapan terenak untuk memulai hari. Bubur sering kali jadi makanan untuk sarapan atau ketika sedang sakit.

Namun, pandangan ini berbeda bagi kepercayaan Tionghoa. Bagi mereka bubur merupakan bentuk pengharapan buruk atas kemakmuran.

Menurut kepercayaan, bubur dianggap mampu membawa kemalangan karena zaman dahulu rakyat Tiongkok yang miskin hanya makan bubur dan dicap sebagai bentuk kemiskinan.

Memakan bubur di tahun baru Imlek dipercaya akan memberikan kesialan sepanjang tahun. 

Baca juga: Butuh Slogan untuk Bisnis Makanan Anda? Cek Tipsnya di Sini!

2. Jangan Sarapan dengan Daging di Awal Tahun Baru

daging - sembako

Menurut kepercayaan Tionghoa, di malam tahun baru para dewa memberikan rahmat atau kasih kepada seluruh makhluk termasuk hewan.

Sehingga apabila Anda membunuh hewan termasuk ayam, sapi, kambing, kerbau, dan babi maka diyakini mampu memberikan kemurkaan pada para dewa.

Jika Anda terpaksa memakan daging, ada ketentuan lain yang harus Anda patuhi. Ikan misalnya. Anda tidak boleh memakan ikan tanpa kepala atau ekor.

Bagi etnis Tionghoa, kepala dan ekor melambangkan keseimbangan dan perjalanan. Tanpa ada kepala dan ekor, perjalanan kehidupan Anda diyakini tidak terarah dan cenderung sial.

Sedangkan apabila Anda memakan ayam, hindari untuk memakan sayap karena sayap ayam sering dilambangkan sebagai bentuk kemiskinan.

Selain itu, sayap ayam juga diyakini dapat membawa terbang keberuntungan yang akan Anda dapatkan di tahun tersebut.

Baca juga: 5 Tips Jalankan Bisnis Berdasarkan Kecocokan Shio Macan Air

3. Makanan Serba Putih dan Hitam Dilarang

Keju, susu, tahu, dan nasi jadi makanan yang tidak boleh dimakan saat Imlek tiba. Alasannya karena makanan-makanan tersebut berwarna putih.

Warna putih dan hitam bagi kepercayaan Tionghoa melambangkan kematian sehingga apa pun yang berhubungan dengan warna putih mampu memberikan kesialan di tahun tersebut.

4. Makanan Pahit Melambangkan Penderitaan

Anda juga tidak boleh makan makanan pahit ketika malam tahun baru Imlek karena mampu mendatangkan penderitaan di sepanjang tahun.

Bahkan, baik orang yang menyajikan maupun memakannya diyakini akan hidup menderita dan penuh cobaan sepanjang tahun.

Oleh karena itu tidak heran jika makanan Imlek didominasi oleh makanan manis seperti permen, kue keranjang, atau buah-buahan.

Baca juga: Mau Cuan di Tahun Macan? Coba 21 Ide Bisnis Cemilan Ini!

5. Makanan Berkulit Tajam dan Keras Tidak Boleh Dimakan Saat Imlek

5 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan saat Imlek - nanas

Makanan berkulit tajam juga jadi makanan selanjutnya yang tidak boleh dimakan saat Imlek. Salah satunya kepiting dan lobster.

Bukan hanya kulitnya yang keras, kepiting dan lobster juga dilarang dimakan karena cara mereka berjalan ketika hidup.

Lobster yang memiliki kebiasaan jalan mundur diyakini mampu memberikan kemunduran dalam hidup. Sedangkan kepiting mampu menghalangi Anda ketika ingin bergerak maju.

Buah-buahan yang berkulit tajam pun jadi pantangan pada saat Imlek. Seperti nanas, nangka, dan salak. 

Makanan berkulit tajam diyakini mampu memberikan kesulitan dalam hidup pada satu tahun ke depan.


Budaya Makan Lainnya yang Tidak Boleh Dilakukan saat Imlek

inspirasi foto makanan yang enak - mie

Melansir Delish, selain makanan ada juga budaya dan tata krama makanan yang pantang dilakukan ketika perayaan Imlek.

  1. Pertama, Anda harus menyisakan sedikit makanan di piring Anda atau makanlah dengan porsi yang lebih sedikit karena diyakini mampu memberikan rezeki yang berlimpah selama setahun.
  2. Kedua, jangan menaruh sumpit di atas mangkuk karena dianggap mampu memberikan duka selama satu tahun.
  3. Ketiga, makanlah pisang secara utuh. Jangan diblender atau dipotong karena mampu membawa kesialan.
  4. Terakhir, makanlah mie terpanjang. Mie yang panjang melambangkan panjang umur.

Itulah daftar makanan yang tidak boleh dimakan saat Imlek. Pastikan Anda cari tahu makanan perayaan Imlek agar mendapatkan keberuntungan selama setahun.

Meski begitu, keberuntungan baik kehidupan maupun bisnis tetap berada di tangan Anda. Dalam hal bisnis misalnya, keputusan Anda untuk memilih teknologi ke dalam bisnis juga jadi pertimbangan penting.

Salah satunya ketika memilih teknologi kasir. Moka sebagai aplikasi kasir terbaik di Indonesia mampu memberikan solusi bagi Anda yang ingin beruntung dalam memajukan bisnis. Bagaimana bisa?

Moka dapat membantu Anda untuk mengelola semua transaksi yang masuk, mengelola stok inventaris di gudang, melakukan manajemen pelanggan, bahkan hingga menerima berbagai jenis pembayaran. Langsung dari satu aplikasi saja!

Tertarik untuk tahu lebih lanjut bagaimana aplikasi kasir Moka bisa membantu bisnis Anda makin berkembang? Coba di sini atau klik banner di bawah, ya!

 

Social Media Share :
Jordhi

Jordhi

Penulis di Blog Moka