Moka Logo
Linktree adalah: Cara Buat dan Menggunakannya untuk Bisnis

Tips Bisnis

Linktree adalah: Cara Buat dan Menggunakannya untuk Bisnis

3 min
JordhiJordhi

Linktree adalah platform digital yang membantu pebisnis online untuk membuat daftar link produknya. Linktree sangat membantu bisnis di media sosial. Keberadaan Linktree mampu memudahkan Anda untuk bantu mengarahkan pelanggan atau calon pelanggan ke berbagai platform jualan online Anda. Inilah mengapa Linktree harus masuk ke dalam strategi jualan online Anda.

Baca juga: Kata-Kata Jualan Online di Facebook, Ampuh!

Arti Linktree adalah Sebagai Berikut

linktree adalah 2

Jika Anda pernah berjualan melalui Instagram, Anda pasti tahu bahwa posting di Instagram tidak memungkinkan audiens untuk klik link yang ada di caption. Tempat untuk menaruh link di Instagram hanya di kolom website di bagian bio atau profil. Namun, kita hanya bisa menaruh satu link saja. 

Di situ lah Linktree bisa membantu pebisnis online. Linktree adalah platform yang memungkinkan Anda membuat daftar link produk bisnis. Link yang sudah kita buat di Linktree bisa Anda taruh di profil Instagram sehingga Anda bisa promosikan lebih dari satu produk. 

Sebagai contoh, Anda menyimpan tautan toko online Anda, akun bisnis WhatsApp, dan toko Anda di e-commerce pada Linktree Anda. Maka, di halaman Linktree Anda akan tersedia tiga menu yang jika diklik akan mengarahkan calon pembeli ke salah satu tautan tersebut. Setelah itu, Anda bisa menaruh tautan Linktree Anda di bagian profil media sosial Anda.

Jadi, calon pembeli tidak perlu mencari link jualan online Anda satu per satu, karena sudah terkumpul semua di dalam Linktree Anda.


Manfaat Linktree

Linktree dapat memberikan dampak positif bagi strategi jualan online Anda. Hal itu dikarenakan Linktree memiliki beberapa manfaat untuk mendukung jualan online Anda, antara lain:

1. Bantu memudahkan calon pembeli

Dengan menggunakan Linktree, Anda telah memiliki sebuah micro-website berisi kumpulan link produk jualan Anda. Dengan demikian, jika ada calon pembeli yang tertarik untuk melakukan pembelian, maka prosesnya akan jadi lebih cepat dan mudah karena mereka tidak harus mencari toko online Anda, baik berupa website maupun e-commerce.

2. Membantu Anda memantau traffic

Linktree dapat memberikan informasi kepada Anda tentang seberapa tinggi traffic ke masing-masing link yang Anda sematkan. Data statistik tersebut dapat memberikan Anda informasi yang dibutuhkan untuk menentukan strategi digital marketing Anda ke depannya. Misalnya, dengan mengadakan promo khusus di toko online karena melihat traffic ke toko e-commerce Anda lebih tinggi.

3. Meningkatkan penjualan online

Dengan menggunakan Linktree, calon pembeli bisa mengunjungi toko jualan online Anda dengan lebih cepat dan mudah. Sehingga, calon pembeli bisa lebih cepat dalam melakukan transaksi. Proses pembelian dan pembayaran yang cepat ini akan mencegah calon pembeli untuk berubah pikiran. Jadi, penjualan di toko online Anda dapat meningkat dengan menggunakan Linktree.

Baca juga: Rahasia Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang


 

Cara Membuat Linktree

linktree adalah

Cara membuat Linktree adalah mudah. Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat Linktree adalah dengan mendaftarkan diri  di website Linktree. Berikut ini cara-cara mendaftar Linktree yang bisa Anda ikuti.

  1. Buka halaman website Linktree di www.linktr.ee, lalu klik Sign Up atau Daftar bagi pengguna pertama
  2. Daftarkan alamat email, username, dan password Anda. Kemudian klik Register.
  3. Tuliskan nama toko online Anda dan pilih minimal tiga kategori yang sesuai dengan tautan yang akan Anda sematkan nanti atau kategori yang sesuai dengan bisnis Anda. Lalu, isi captcha dan klik Save Details.
  4. Jika Anda ingin menggunakan layanan gratis dari Linktree, bisa klik Continue with Free. Jika Anda ingin mendapatkan layanan lebih, klik Make me a Linktree Pro.
  5. Cek email yang Anda daftarkan, klik link verifikasi dari Linktree. Kemudian klik Contine setelah email Anda sudah terverifikasi.

Baca juga: 7 Cara Promosi Jualan Online Tanpa Keluar Modal Banyak

Jika sudah terdaftar, maka berikut ini cara menambahkan tautan pada Linktree Anda.

  1. Buka halaman admin Linktree Anda dengan klik logo Linktree di pojok kanan atas
  2. Klik Add New Link untuk menambahkan tautan yang Anda inginkan
  3. Tuliskan judul link Anda, misalnya “Official Store” untuk toko online Anda atau “Official Store at Tokopedia” untuk toko di e-commerce.
  4. Tambahkan tautan atau URL yang Anda inginkan, baik yang sudah dipasangkan tracker ataupun belum.
  5. Selesai, tautan Anda sudah aktif di Linktree Anda. Jika Anda ingin non-aktifkan link tersebut pada Linktree Anda, Anda hanya perlu klik switch berwarna hijau di bagian kanan saja. 

Itu dia cara definisi, manfaat, dan cara membuat linktree. Untuk membagikan Linktree Anda, Anda hanya perlu melihat pada bagian URL Linktree Anda, lalu klik Share, mudah bukan? Dengan segala manfaat yang ada, segera buatlah Linktree Anda sebagai bagian dari strategi jualan online agar semakin laris. 

Jangan lupa, gunakan Moka POS untuk memproses transaksi jualan online Anda, karena Moka POS dibekali dengan beragam fitur untuk bantu meningkatkan penjualan Anda. 

 

Social Media Share :
Jordhi

Jordhi

Penulis di Blog Moka