Moka Logo
Ingin Sukses Mendapatkan Pinjaman Modal? Berikut Ini 7 Langkah Praktisnya

Tips Bisnis

Ingin Sukses Mendapatkan Pinjaman Modal? Berikut Ini 7 Langkah Praktisnya

3 min
HimawanHimawan

Setiap pemilik bisnis tentunya ingin agar bisnisnya terus maju. Namun untuk mengembangkan bisnis bukanlah perkara yang mudah. Selain membutuhkan strategi pemasaran yang baik untuk memperluas bisnis, Anda juga butuh suntikkan modal yang bisa Anda dapatkan melalui pinjaman.

Namun untuk bisa mendapatkan pinjaman modal, Anda harus bisa meyakinkan para peminjam modal bahwa bisnis Anda dapat bertahan dan berjalan stabil hingga Anda bisa mengembalikan uang mereka. Untuk itu, kali ini Moka akan memberikan beberapa tips agar Anda bisa meyakinkan peminjam modal untuk meminjamkan uangnya pada Anda. Simak tipsnya berikut ini!

1. Miliki perencanaan bisnis yang matang

moka capital Image from Unsplash

Untuk meyakinkan peminjam modal, Anda haruslah memiliki perencanaan bisnis yang matang. Anda harus membuat para peminjam modal yakin bahwa Anda memiliki bisnis yang dapat bertahan. Untuk itu, perencanaan bisnis setidaknya berisi tentang ringkasan mengenai apa yang dikerjakan bisnis Anda, bagaimana model bisnis yang Anda jalankan, hingga bagaimana Anda meyakinkan pelanggan akan menggunakan bisnis Anda.

Anda juga bisa menunjukkan seberapa besar peluang Anda di pasar yang Anda targetkan, perbandingan bisnis Anda dengan kompetitor, jika ada. Lengkapi juga dengan deskripsi mengenai tim atau karyawan Anda, seberapa besar pengeluaran, serta perkiraan keuntungan dan kerugian yang Anda dapatkan.

2. Perhatikan skor kredit yang Anda punya saat itu

bisnis travel, usaha travel Photo by JESHOOTS.COM on Unsplash

Para peminjam modal memiliki beberapa kriteria yang dapat menentukan apakah bisnis yang Anda miliki dapat diloloskan untuk diberikan pinjaman atau tidak. Namun yang pasti, setiap peminjam memiliki satu kesamaan. Mereka ingin mengetahui seberapa besar risiko bisnis Anda. Untuk itulah, mereka akan mengecek data kredit baik personal maupun dari bisnis Anda. Sebaiknya jika Anda masih memiliki hutang-hutang yang harus diselesaikan, segera selesaikan terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman.

3. Minta saran dari orang yang telah sukses melakukan pinjaman modal

Photo by Startup Stock Photos

Tidak ada salahnya untuk meminta saran pada pebisnis lain yang telah lebih dulu berhasil meminjam modal. Mereka adalah orang-orang yang telah lebih dulu berada di posisi Anda. Tanyakan hal-hal detil seperti apa yang harus disiapkan, bagaimana cara membuat perencanaan bisnis yang baik, dan lain sebagainya.

4. Atur kapan Anda harus melakukan pinjaman modal

bisnis travel, usaha travel

Sebaiknya, Anda melakukan pinjaman modal sebelum Anda benar-benar membutuhkannya. Bahkan lebih baik lagi, Anda bisa mengajukan pinjaman ketika bisnis Anda sedang laris manis. Logikanya, peminjam modal akan melihat bahwa bisnis Anda mampu mengembalikan modal yang nantinya dipinjamkan kepada Anda. Justru ketika bisnis Anda sedang turun dan Anda membutuhkan modal, mereka akan ragu untuk meminjamkan modalnya pada Anda.

Idealnya, proses peminjaman modal dapat memakan waktu mulai 45 hingga 60 hari agar sampai pada tahap pengajuan modal Anda disetujui. Namun beberapa penyedia pinjaman modal memiliki waktu proses yang lebih singkat. Salah satunya adalah Moka Capital. Lewat prosesnya yang mudah, keseluruhan proses hingga pengajuan pinjaman Anda disetujui hanya membutuhkan waktu 3-5 hari kerja.

5. Pastikan Anda memiliki jaminan berupa aset

moka capital Image from Unsplash

Meskipun Anda yakin pasti bisa membayar kembali pinjaman, tentunya peminjam modal sudah memikirkan risiko terburuk jikalau suatu saat Anda tidak dapat membayar. Untuk memastikannya, mereka akan mengecek aset yang Anda miliki. Jika suatu saat bisnis Anda gagal, Anda masih memiliki jaminan berupa aset bisnis Anda yang dapat dijual untuk menutupi pembayaran pinjaman Anda.

6. Hitung seberapa banyak modal yang Anda butuhkan

Photo from Pixabay

Sebelum Anda mengajukan modal pada pihak peminjam, Anda harus melengkapi semua dokumen serta berkas yang diperlukan, termasuk hal detil seperti seberapa banyak modal yang Anda ingin pinjam. Jadi, jangan pernah menanyakan kembali pada pihak peminjam seberapa banyak modal yang bisa Anda pinjam. Jika Anda sudah membuat perencanaan bisnis yang matang, sudah pasti Anda tahu berapa banyak dana yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis Anda. Ini penting agar membuat para peminjam modal semakin yakin dengan potensi yang dimiliki bisnis Anda.

7. Pastikan penyedia pinjaman modal yang Anda tuju terpercaya

moka capital Image from Unsplash

Mungkin Anda tergiur dengan melihat beberapa penawaran menarik seperti pinjaman besar yang syaratnya mudah. Namun Anda perlu teliti dalam memilih. Cari tahu lebih rinci persyaratan yang dibutuhkan, bunga yang diberikan, dan hal-hal krusial lainnya. Jangan sampai Anda menemukan kesulitan di tengah jalan akibat tidak memeriksa dengan seksama persyaratan yang diberikan.

Itulah tadi beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesempatan Anda mendapatkan pinjaman modal. Jika Anda merupakan merchant  atau pemilik bisnis yang telah menggunakan Moka, kini pun hadir fitur Moka Capital yang dapat menjadi solusi Anda untuk melakukan pinjaman modal.

Berbeda dengan beberapa penyedia pinjaman modal yang lain, proses pinjaman di Moka Capital pun tergolong mudah. Beberapa di antaranya adalah tanpa adanya jaminan, tidak perlu memberikan laporan penjualan, bunganya yang rendah, keamanannya terjamin, serta prosesnya yang cepat.


Tertarik mengajukan pinjaman modal di Moka Capital? Tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang juga di sini.

Social Media Share :
Himawan

Himawan

Penulis di Blog Moka