Moka Logo
Selain Bisnis Kuliner, 4 Ide Bisnis Ini Paling Dicari Saat Ramadhan

Tips Bisnis

Selain Bisnis Kuliner, 4 Ide Bisnis Ini Paling Dicari Saat Ramadhan

2 min
MikyMiky

ide bisnis yang cocok untuk bulan ramadhan

Seperti kita ketahui, hal yang wajib dilakukan saat ingin terjun ke dunia bisnis di bulan Ramadan yaitu melakukan survei pasar. Caranya dengan mencari peluang usaha yang memiliki kesempatan cukup lebar bagi Anda agar bisa mengeruk keuntungan. Berikut beberapa ide bisnis paling banyak dicari di bulan Ramadan:

1. Membuka Usaha Reservasi Tiket

ide bisnis yang cocok untuk bulan ramadhan

Hari raya adalah momen berkumpulnya keluarga besar. Bagi orang yang jauh dari kampung halaman demi mencari nafkah, tentu akan memanfaatkan momen lebaran untuk melepas kangen bersama keluarga besar. Jadi tak heran jika lebaran tiba terminal, bandara, dan stasiun kereta api pun akan disesaki banyak orang yang berangkat mudik.

Mereka biasanya berburu kendaraan agar bisa pulang menuju kampung halaman. Sama halnya ketika lebaran sudah usai, mereka berbondong-bondong pergi ke kota untuk mencari nafkah dan melanjutkan aktivitas seperti biasanya.

Lewat rutinitas budaya seperti itu, ada peluang yang sangat besar untuk Anda. Karena Anda bisa mengambil keuntungan lewat fenomena arus mudik maupun arus balik dengan berbisnis reservasi tiket. Entah itu tiket travel, bus, tiket kapal laut, kereta api, hingga tiket pesawat.

Baca Juga: Dapat Duit Sambil Jalan-Jalan, Ini 18 Tips Memulai Bisnis Travel

2. Membuka Usaha Sewa Kendaraan

ide bisnis yang cocok untuk bulan ramadhan
Tak jarang orang yang pulang mudik harus kehabisan tiket karena membludaknya jumlah penumpang. Inilah yang membuat sebagian orang merasa kesulitan mendapatkan kendaraan saat pulang kampung. Apalagi jika tidak jauh-jauh hari melakukan pemesanan tiket, jangan harap untuk mendapatkan kendaraan saat pulang.
Namun untuk Anda yang memiliki keluarga di satu daerah dan tidak harus mudik, lalu kebetulan Anda mempunyai kendaraan pribadi, tak ada salahnya untuk membuka peluang usaha sewa kendaraan atau rental kendaraan dengan menyewakan kendaraan pribadi Anda.

Jasa rental kendaraan umumnya banyak dicari saat menjelang lebaran, karena lebih praktis dan hemat waktu. Meskipun harganya cukup tinggi, tidak menjadi alasan bagi seseorang untuk mengurungkan niatnya menggunakan jasa rental kendaraan karena berbagai alasan. Karena itulah, bisnis rental kendaraan bisa menjadi bisnis yang paling tepat untuk Anda di bulan Ramadan.

Baca Juga: 9Go Car Wash & Coffee, Manjakan Pelanggan saat Menunggu Mobil Dicuci

3. Bisnis Ekspedisi

ide bisnis yang cocok untuk bulan ramadhan
Masyarakat yang akan mudik serta berencana untuk membawa banyak barang bawaan biasanya lebih memilih memakai jasa pengiriman atau ekspedisi untuk mengirimkan semua barang bawaannya langsung ke kampung halaman. Tak jarang, ada pula yang ikut mengirim sepeda motor memakai jasa ekspedisi ini. Karena itu, sudah lumrah rasanya jika di bulan suci Ramadan jasa pengiriman barang menjadi banyak dicari.

4. Bisnis Service Kendaraan

ide bisnis yang cocok untuk bulan ramadhan
Bisnis service kendaraan seperti bengkel juga menjadi usaha yang tak kalah ramai, karena banyak dikunjungi pelanggan tepatnya di akhir-akhir bulan suci Ramadan. Hal ini terjadi karena banyak masyarakat yang mempersiapkan kendaraan pribadinya sebelum digunakan untuk perjalanan mudik mereka.
Nah, dari keempat jenis bisnis paling dicari saat Ramadhan di atas, apakah Anda sudah bisa membayangkan jenis bisnis yang akan Anda coba?
Selamat bereksperimen!
Unduh juga E-book kami tentang strategi memaksimalkan penjualan di bulan Ramadan sekarang juga!
Social Media Share :
Miky

Miky

Penulis di Blog Moka