Moka Logo
6 Cara Membuat Katalog Online yang Belum Banyak Diketahui

Tips Bisnis

6 Cara Membuat Katalog Online yang Belum Banyak Diketahui

4 min
YovitaYovita

Di era digital, menjual produk secara online sudah menjadi hal yang sangat familier. Sebagai pemilik bisnis, Anda pasti sadar kalau toko online adalah kebutuhan bisnis yang harus dimiliki saat ini. Namun, karena pelanggan tidak bisa mengecek produk secara langsung, berikan kemudahan kepada mereka dengan menyediakan katalog online.

Selain memudahkan pelanggan untuk menemukan barang yang, katalog online juga bisa jadi ajang untuk meningkatkan brand awareness bisnis Anda. Untuk membuatnya pun tidak susah, kok, Anda bisa menyimak cara membuat katalog online berikut ini.


6 Cara Membuat Katalog Online

Desain katalog online 1 - cara membuat katalog online

1. Pahami audiens Anda

Sebelum mulai membuat katalog online, penting untuk mengenali target audiens bisnis Anda terlebih dahulu agar konten yang dimuat bisa lebih relevan dan disukai. Coba ingat-ingat kembali siapa pembeli yang Anda bidik ketika pertama kali membangun bisnis.

Misalnya, katakanlah Anda berjualan aneka lauk frozen, seperti sosis, nugget, hingga ayam bumbu. Siapa yang kira-kira membutuhkan produk tersebut? Nah, mengingat bahwa lauk frozen begitu praktis karena tinggal goreng, Anda bisa menyasar audiens yang tak punya banyak waktu untuk memasak, seperti wanita karier, anak kos, atau mahasiswa.

Artinya, mereka juga tak punya banyak waktu luang untuk melihat katalog online secara detail. Anda pun bisa membuat katalog dengan desain yang simpel dan to the point tanpa banyak aksen, contohnya adalah memberikan foto produk, deskripsi singkat, dan harga. Agar tetap tampak menarik, Anda bisa bermain warna pada desain katalog online.

Baca juga: Pengertian, Contoh, Manfaat Memiliki Target Pasar untuk Bisnis


3. Berikan foto menu yang menggugah selera

Setelah mengetahui dengan pasti siapa audiens yang bisnis Anda targetkan, sekarang saatnya mendesain foto menu yang menarik. Terlebih kalau bisnis Anda bergerak di bidang F&B, maka membuat katalog online dengan foto menu yang menggiurkan merupakan hal penting untuk dilakukan.

Konsep fotonya bisa disesuaikan dengan target audiens yang sudah ditentukan. Misalnya, bisnis Anda menjual produk hasil olahan buah-buahan, maka Anda bisa mendesain foto produk dengan hiasan buah asli untuk menyampaikan pesan bahwa bahan baku yang Anda gunakan adalah bahan alami dan bukan perisa buatan.

Selain menarik, pastikan semua detail yang ingin Anda tonjolkan dari produk bisa tampil dengan sempurna. Fokuskan perhatian audiens Anda pada kelebihan dan poin unik yang produk Anda tawarkan.


3. Masukkan informasi produk dan brand

Selain menunjukkan keunggulan produk melalui foto yang menarik, tegaskan kembali keunggulan produk melalui copywriting yang baik pada bagian deskripsi produk agar pesan lebih tersampaikan. Lalu, sisipkan juga informasi seputar brand seperti media sosial dan website Anda.

Sebagai contoh, untuk produk hasil olahan buah-buahan di atas, salah satunya Anda menjual keripik pisang. Nah, sebagai cara membuat katalog online yang baik, cantumkan informasi seperti pisang jenis apa yang Anda gunakan, kapan kedaluwarsanya, bagaimana cita rasanya (apakah manis atau gurih), dan sebagainya.

Dengan begini, calon pembeli bisa mendapat bayangan akan produk yang akan mereka beli walaupun tidak melihatnya secara langsung. Hal ini pun dapat lebih meyakinkan pembeli sebelum melakukan pembelian.

Baca juga: Content Marketing adalah: Pengertian, Contoh, dan Strategi


4. Perhatikan desain katalog

Cara membuat katalog online tidak semudah menyajikan foto dengan deskripsi produk saja. Jangan hanya fokus membuat pengguna nyaman ketika melihat satu produk, tapi juga perhatikan kenyamanan mereka ketika menjelajahi seisi katalog online yang bisnis Anda miliki.

Karenanya, pilihlah desain katalog online yang relevan dengan semangat brand yang ingin Anda tonjolkan. Pilih juga penggunaan warna pada katalog online yang senada dengan foto produk yang ada. Contohnya, untuk produk keripik pisang seperti yang disebutkan di atas, Anda bisa mendesain katalog online dengan nuansa dominan kuning untuk merepresentasikan pisang segar yang digunakan sebagai bahan baku utama.

Masukkan juga foto-foto penunjang untuk menunjukkan bahwa keripik pisang buatan Anda bisa dinikmati siapa pun di segala suasana. Misalnya, Anda bisa memasukkan foto bergambar seorang model yang sedang menikmati keripik sambil tersenyum, menandakan bahwa produk Anda memiliki rasa lezat. Bisa juga menggunakan foto bergambar banyak orang sedang berkumpul, dengan keripik Anda menjadi teman keseruan mereka.


5. Gunakan aplikasi atau software yang tepat

Cara membuat katalog tidak perlu terlalu ribet, sekarang Anda bisa menggunakan berbagai aplikasi atau software pembuat katalog yang banyak tersebar di internet, seperti FlipHTML5, AnyFlip, Publitas, dan Flipsnack.

Melalui platform-platform tersebut, Anda bisa mendesain katalog produk dengan bebas dan mengunduhnya dalam bentuk file PDF. Beberapa aplikasi bahkan memungkinkan Anda untuk mengonversi file PDF menjadi katalog online dalam bentuk HTML5.

Silakan pilih dan cari tahu mana platform yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda terkadang harus membayar layanan di dalam website pembuat katalog online tersebut.

Baca juga: Cara Desain Menu Makanan untuk Tingkatkan Profit Bisnis Kuliner


6. Cantumkan katalog online di seluruh platform

Agar audiens Anda bisa lebih mudah mengakses katalog produk, cantumkan link katalog produk di semua platform yang bisnis Anda gunakan. Katalog online diperlukan baik di media sosial seperti Facebook dan Instagram maupun platform e-commerce.

Agar calon pembeli lebih yakin dengan produk Anda, pastikan mencantumkan katalog online di halaman website toko online milik bisnis Anda. Kalau ternyata bisnis Anda belum memiliki website, Anda bisa segera membuat website toko online menggunakan GoStore dari Moka POS.

Melalui GoStore, Anda bisa membuat website toko online dalam hitungan menit dengan berbagai pilihan metode pengiriman dan pembayaran yang sudah terintegrasi di dalamnya. GoStore juga bisa merekam semua transaksi melalui back office Moka POS secara otomatis, sehingga Anda akan mendapatkan laporan penjualan harian dengan lebih cepat dan akurat.

Tidak berhenti sampai di situ, GoStore juga memiliki dashboard CRM yang membantu Anda menyimpan semua database pelanggan dengan rapi. Alhasil, semua urusan jualan online bisa Anda kendalikan dengan mudah melalui satu platform saja!


Ternyata cara membuat katalog online tidak sesulit yang diperkirakan, bukan? Terlebih, saat ini telah tersedia berbagai aplikasi maupun software khusus untuk membuat katalog online. Jadi, tak perlu menunggu lagi, segera buat katalog online untuk lebih meyakinkan pelanggan dalam membeli produk Anda!

Social Commerce

 

Social Media Share :
Yovita

Yovita

Penulis di Blog Moka.