Moka Logo
9 Bisnis Sampingan Modal Kecil untuk Fresh Graduate

Tips Bisnis

9 Bisnis Sampingan Modal Kecil untuk Fresh Graduate

5 min
RaniRani

9 Bisnis Sampingan Modal Kecil untuk Fresh Graduate – Beberapa tahun belakangan ini banyak orang yang berkeinginan kuat untuk membangun bisnis, tak terkecuali para kaum muda, yang baru saja lulus atau memegang status sebagai fresh graduate.

Pada umumnya fresh graduate selalu dikaitkan dengan topik “mencari pekerjaan”. Namun jangan salah, saat ini banyak juga dari fresh graduate yang memutuskan untuk langsung terjun ke dunia bisnis dan bukannya mencari pekerjaan di sebuah perusahaan.

Walaupun begitu, sebagian dari mereka ada juga yang memilih untuk bekerja terlebih dahulu sebelum memulai membangun bisnis sendiri. Alasannya adalah karena mereka belum memiliki modal usaha dan perlu untuk mengumpulkannya.

Baca juga : 18 Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok untuk Kaum Milenial

Nah, bagi Anda yang merupakan fresh graduate dan ingin langsung memulai membangun bisnis sendiri, tetapi terkendala oleh modal usaha, Anda bisa memilih bisnis yang bisa dimulai dengan modal kecil. Berikut ini bocorannya.

9 Bisnis Sampingan Modal Kecil untuk Fresh Graduate

1. Membuat Kerajinan 

tas - bisnis kerajinan tangan - 9 Bisnis Sampingan Modal Kecil untuk Fresh Graduate - bisnis untuk fresh graduate

Ini dia bisnis sampingan modal kecil untuk fresh graduate yang pertama. Jika Anda punya selera seni yang baik dan memiliki kemampuan untuk membuat berbagai macam kerajinan seni, maka akan sangat tepat bila Anda memilih bisnis di bidang kerajinan tangan atau handycraft.

Baca juga: 23 Ide Bisnis Sampingan Terbaik Sebagai Sumber Pendapatan Pasif

Dalam bisnis yang berhubungan dengan seni, Anda perlu memilih jenis produk yang unik dan belum banyak atau bahkan belum pernah dibuat sebelumnya.

Dengan begitu, Anda akan memiliki pangsa pasar yang akan mendorong bisnis Anda untuk cepat berkembang.

Ditambah dengan kemampuan marketing yang baik, bukan tidak mungkin bila bisnis kerajinan tangan atau handcraft Anda akan bisa tumbuh menjadi lebih besar dan menembus pasar yang lebih luas.

Baca juga : Bisnis Kerajinan Laris dengan Cara Ini



2. Membuka Jasa Desain Grafis

desain grafis

Melakukan bisnis di bidang jasa, memang dapat dikatakan nyaris tanpa modal. Salah satu bisnis di bidang jasa yang bisa Anda coba adalah membuka jasa desain grafis.

Anda cukup menggunakan laptop atau komputer yang Anda miliki untuk berkarya dan mulai menghasilkan uang. Banyak yang membutuhkan jasa desain grafis untuk pembuatan logo, kartu nama, poster, dan flyer.

Baca juga : Tips Membuat Desain Logo Kafe yang Disukai Konsumen

Ditambah hal menariknya lagi, bisnis desain grafis ini merupakan bisnis berskala dunia yang bisa dibilang sangat menjanjikan dan tidak pernah surut.

Bahkan kini, desain grafis tidak hanya terbatas dalam bentuk cetak saja seperti poster atau flyer, namun juga sudah merambah pada kebutuhan desain untuk sebuah website.


3. Menjadi Guru Les Privat

pebisnis, karyawan bekerja - 5 Kesalahan dalam Merekrut Karyawan yang Sebaiknya Dihindari

Manfaatkan keterampilan yang Anda miliki untuk mulai membangun bisnis. Jika Anda memiliki kemampuan akademik yang cukup mumpuni, Anda tentunya bisa menjalankan bisnis les privat.

Selain kemampuan akademik, keterampilan lainnya seperti bermain alat musik, melukis, bahkan memasak, bisa Anda jadikan juga sebagai bisnis les privat.

Karena saat ini, yang membutuhkan les privat bukan hanya anak-anak yang duduk di bangku sekolah, namun juga ibu rumah tangga kadang kala berkeinginan untuk les demi menyalurkan hobi mereka.

Baca juga : 15 Ide Bisnis untuk Mahasiswa dengan Potensi Penghasilan Tinggi

Untuk memulai bisnis sampingan modal kecil untuk fresh graduate ini, Anda bisa mulai mengajar untuk anak-anak sekolah dan tetangga di sekitar lingkungan Anda.

Namun jika Anda bisa mengembangkan peluang bisnis ini dengan baik, maka tidak ada salahnya mencoba untuk membuka layanan les privat yang lebih besar dan profesional.


4. Berjualan Secara Online

membuka bisnis bersama teman - 7 Tips Bisnis Online untuk Anak Muda - 9 Bisnis Sampingan Modal Kecil untuk Fresh Graduate - bisnis untuk fresh graduate

Membuka online shop atau berjualan secara online, bisa menjadi salah satu pilihan bisnis untuk Anda coba lakukan sebagai fresh graduate.

Di antara bisnis lainnya, mungkin berjualan secara online sudah menjadi hal yang umum di masyarakat. Tak heran apabila menjalankan bisnis online akan menjadi alternatif pertama yang muncul di kepala begitu Anda ingin menjalankan sebuah bisnis.

Baca juga : 5 Cara Melihat dan Memanfaatkan Peluang Bisnis Online Modal Kecil

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mulai menjalankan bisnis online. Salah satunya adalah dengan menjadi dropshipper atau reseller. Anda tidak perlu repot melakukan kegiatan produksi atau menyetok barang, sehingga modal yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis pun jauh relatif lebih kecil bahkan bisa tanpa modal.

Agar sukses menjalankan bisnis sampingan modal kecil untuk fresh graduate ini, pilihlah produk yang dianggap tepat dan memiliki peluang pasar yang baik, sehingga Anda bisa dengan mudah memasarkannya secara online.


5. Membuka Jasa Titip (Jastip)

belanja - menjadi seorang personal shopper

Anda mungkin sudah tidak asing dengan istilah ‘jastip’. Bisnis jasa titip atau jastip, belakangan ini sedang cukup populer. Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang, bisnis jastip ini bisa menjadi peluang yang cukup menguntungkan untuk Anda coba.

Selain itu, bisnis jasti ini pun sangat mudah dijalankan. Anda hanya perlu membelikan barang pesanan pelanggan, lalu mengirimkannya lagi ke mereka dengan tambahan ongkos kirim dan jasa pembelian barang. Modal yang dibutuhkan pun relatif kecil.

Baca juga : 15 Peluang Usaha di Bidang Jasa yang Paling Dibutuhkan 2020 Ini

Untuk barang yang bisa dibeli melalui bisnis jastip ini pun bisa Anda tentukan sendiri. Misalnya, Anda membuka jastip untuk barang-barang dari Korea atau Jepang. Jangan lupa juga Anda harus selalu update untuk barang-barang baru yang ada di negara sana dan memasarkan langsung melalui media sosial.


6. Bisnis Katering 

memasak - katering - bisnis rumahan modal kecil

Apakah Anda pandai memasak? Jika iya, coba mulai berbisnis makanan katering. Anda bisa memulainya secara kecil-kecilan terlebih dulu, misalnya untuk perorangan.

Sebab masih banyak orang yang tidak bisa memasak, tidak ada yang memasakkan, atau bahkan malas untuk pergi keluar rumah dan membeli makan.

Anda bisa menawarkan menu makanan sehat atau request dalam bentuk paket untuk sarapan, makan siang, atau makan malam. Jangan lupa juga setiap hari buat menu yang berbeda agar pelanggan tidak bosan.

Baca juga : Tips Membuat dan Contoh Daftar Menu untuk Bisnis Kuliner

Walau sudah cukup banyak bisnis katering seperti ini, namun Anda pun tetap bisa mencobanya. Anda bisa menerapkan sistem pembayaran di awal.

Tentu saja, selain itu Anda pun harus bisa terus menjaga rasa masakan. Pengantaran makanan juga harus tepat waktu sesuai perjanjian. Buat pelanggan merasa kenyang dan puas dengan masakan Anda setiap hari, sehingga bisnis Anda bisa semakin dikenal dan berkembang.


7. Menjalankan Bisnis Event Organizer

menikah - bisnis pernikahan (6)

Belum puas dengan rekomendasi bisnis sampingan modal kecil untuk fresh graduate di atas? Tenang, kami masih punya yang lainnya.

Bagi Anda yang sebelumnya aktif berorganisasi dan sering mengadakan acara atau kegiatan di kampus, Anda bisa mencoba mulai menjalankan bisnis Event Organizer (EO).

Pengalaman Anda dulu selama menjadi mahasiswa yang aktif berorganisasi dan menjadi panitia acara, bisa menjadi bekal Anda dalam membuka bisnis EO ini. Terlebih lagi, Anda sudah terbiasa bekerja dengan banyak orang, dikejar deadline, mencari sponsor dan menangani berbagai hal teknis lainnya.

Baca juga : 7 Cara Jitu Bikin Dekorasi Stand Bazar Kreatif dan Menarik

Selain itu, ditambah dengan Anda yang memiliki kenalan atau channel untuk menyewa tenda, sound system, meja, kursi, dan peralatan serta perlengkapan acara lainnya, Anda bisa dengan yakin memulai bisnis Event Organizer ini.


8. Membuka Jasa Penulisan Konten

menulis - laptop

Dengan keberadaan sosial media saat ini, kehidupan kita selama 24 jam seolah tidak pernah ada hentinya.

Individu-individu kreatif seperti penulis atau desain grafis, selalu dapat mengeksplor bakat mereka untuk menghasilkan konten yang berkualitas tinggi untuk disebarkan, baik untuk kepentingan pribadi, bisnis maupun media.

Baca juga : Pentingnya Konten Kreatif untuk Meningkatkan Brand Awareness Bisnis

Akibatnya, tenaga freelance atau kontrak di bidang ini mengalami pertumbuhan yang signifikan. Jika hobi anda menulis atau membuat desain grafis, anda bisa mempertimbangkan untuk menekuni bisnis ini.

Untuk memulainya, Anda bisa mengumpulkan pengalaman terlebih dulu sebagai content writer atau graphic designer dengan mencoba lowongan pekerjaan di situs-situs online. Setelahnya, Anda pun bisa mengumpulkan rekan-rekan yang sama dan mulai membangun bisnis khusus penulisan content.


9. Beternak atau Berkebun

bisnis modal kecil - berkebun - bertani (3)

Alternatif bisnis satu ini memang dapat dikatakan tidak terlalu populer untuk dilakukan oleh fresh graduate. Tapi sebenarnya, menjalankan bisnis ternak hewan atau berkebun akan memberikan Anda keuntungan yang cukup lumayan.

Baca juga : 25 Bisnis Rumahan Modal Kecil dengan Keuntungan Berlipat

Sebab banyak orang yang membutuhkan daging dan sayuran untuk dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari. Maka dari itu, jika Anda memiliki lahan yang cukup luas, Anda bisa mencoba mempertimbangkan untuk memulai bisnis ini.

Anda tidak perlu khawatir tidak memiliki modal yang besar atau pengetahuan cukup. Banyak alternatif hewan ternak yang bisa Anda pilih untuk berbisnis ternak hewan dengan modal kecil, seperti lele, ayam atau ikan. Untuk pengetahuan cara mengelolanya pun bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui internet.

Meski memiliki semangat yang besar untuk segera bekerja, tidak ada salahnya Anda mulai belajar untuk berbisnis juga. Pilih jenis bisnis yang paling sesuai dengan minat dan juga kemampuan Anda, sehingga nantinya Anda tidak kesulitan ketika menjalankannya.

Baca juga : 7 Strategi Jitu Memulai Bisnis dengan Modal Kecil

Selain memilih jenis bisnis sampingan modal kecil untuk fresh graduate yang tepat, ke depannya Anda pun perlu memilih aplikasi kasir yang tepat untuk membantu Anda menjalankan bisnis.

Aplikasi kasir Moka adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis dengan lebih efektif dan efisien. Karena dengan bantuan Moka, proses penjualan Anda bisa lebih cepat. Sehingga Anda pun tidak perlu khawatir dan bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis.

Cari tahu kelebihan lainnya dari Moka dengan mencoba free trial selama 14 hari dari kami.

Social Media Share :
Rani

Rani

Percaya "kata" dan "tulis" adalah dua hal kecil yang dapat mengubah dunia.