Moka Logo
Beauty Influencer Adalah: Penjelasan dan Potensi untuk Bisnis

Tips Bisnis

Beauty Influencer Adalah: Penjelasan dan Potensi untuk Bisnis

3 min
JordhiJordhi

Beauty influencer adalah salah satu jenis influencer yang paling banyak digeluti di masa kini. Perkembangannya pun semakin signifikan seiring dengan banyaknya brand produk kecantikan lokal yang lahir. Lalu, apa itu beauty influencer? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Pengertian Beauty Influencer adalah Sebagai BerikutĀ 

Beauty influencer adalah influencer yang bergelut dalam dunia kecantikan. Konten-konten yang mereka buat selalu berkaitan dengan produk-produk kecantikan. Mulai dari makeup hingga skincare.

Tak jarang konten beauty influencer adalah konten-konten lifestyle, fashion, dan olahraga karena ketiganya juga berkaitan dengan dunia kecantikan. Inilah yang membuat beauty influencer cukup fleksibel dalam hal tipe konten yang mereka buat.

Para beauty influencer biasanya memiliki ciri khasnya masing-masing. Ada yang konsisten mengunggah honest review produk skincare, ada yang menunjukkan skill makeup, ada yang membuat tutorial makeup, dan lain sebagainya. Uniknya lagi, beauty influencer juga tidak mengenal gender. Siapa saja bisa membuat konten tentang makeup dan tips merawat kulit.

Baca juga: 25 Ide Bisnis Online dan Offline Paling Menguntungkan di 2022

Kelebihan dan Kekurangan Beauty Influencer

Beauty influencer adalah 1

1. Audiens yang spesifik

Para pengikut dari beauty influencer adalah mereka yang tertarik dengan dunia kecantikan. Hal ini membuat audiens dari beauty influencer menjadi cukup spesifik. Di satu sisi, ini merupakan sebuah kelebihan karena akan sangat memudahkan brand kecantikan untuk menjangkau para beauty enthusiast.

Namun, di sisi lain hal ini juga merupakan kelemahan dari beauty influencer karena menciptakan keterbatasan dalam hal produk atau brand yang cocok untuk bekerja sama dengan beauty influencer.

2. Konten yang menarik bagi para audiensnya

Para beauty influencer sangatlah kreatif dalam membuat konten-konten seputar kecantikan. Apalagi kini media sosial tidak hanya sarana untuk mengunggah foto saja, tetapi juga video seperti TikTok dan Instagram Reels.

Tak jarang beauty influencer membutuhkan waktu sedikit lebih banyak untuk menghasilkan satu konten karena proses kreatif yang cukup panjang. Hal ini juga memengaruhi honor yang harus pihak brand bayarkan, mengingat upaya yang dikerahkan juga tidak sedikit.

3. Perlu riset lebih dalam tentang followers-nya

Harapan brand untuk bekerja sama dengan beauty influencer adalah untuk menjangkau para beauty enthusiast yang menjadi pengikutnya. Namun, media sosial adalah sebuah platform yang sangat terbuka, sehingga tidak jarang justru demografi dari beauty influencer kurang cocok untuk beberapa brand. Misalnya, beauty influencer dengan jumlah followers yang justru lebih banyak laki-laki yang sebetulnya tidak tertarik dengan produk-produk kecantikan dan perawatan kulit.

Sebelum bekerja sama dengan beauty influencer, ada baiknya untuk meneliti lebih lanjut bagaimana demografi dan engagement dari para pengikutnya.

Baca juga: Cara Praktis Tingkatkan brand Value Bisnis agar Penjualan Melesat

Bisnis yang Cocok Bekerja Sama dengan Beauty Influencer

Beauty influencer adalah 3

Beauty influencer adalah pegiat di bidang kecantikan. Jadi, sudah pasti bisnis yang cocok adalah bisnis yang berkaitan dengan dunia kecantikan.

Makeup, skincare, kebersihan kulit, dan produk-produk kecantikan lainnya sudah menjadi spesialisasi para beauty influencer. Namun, beauty influencer juga cocok untuk diajak bekerja sama untuk tipe bisnis yang lainnya juga seperti brand fashion, akomodasi dan travel, makanan dan minuman, e-commerce, hingga gadget terkini.

Tips memilih beauty influencer

Berikut hal-hal yang perlu Anda perhatikan:

  1. Pastikan followers-nya adalah organik dan sesuai dengan target audiens Anda.
  2. Pilih beauty influencer dengan engagement rate yang tinggi.
  3. Pastikan beauty influencer yang akan Anda ajak kerja sama tidak sedang menjalani kontrak eksklusif dengan brand lain.

Contoh Kerja Sama Beauty Influencer

Beauty influencer adalah influencer yang cukup fleksibel dan bisa diajak untuk bekerja sama dalam campaign yang beragam. Contohnya adalah sebagai berikut:

  1. Mempromosikan kafe atau restoran hits terbaru.
  2. Mempromosikan gadget terkini yang bisa mendukung proses pembuatan konten seorang beauty influencer.
  3. Mempromosikan produk skincare lokal yang cocok dengan tipe kulit perempuan Indonesia.
  4. Mempromosikan produk fashion beserta mix and match dengan makeup yang sesuai.
  5. Mengulas secara jujur produk makeup lokal yang berkualitas.

Itu dia ulasan tentang beauty influencer yang wajib Anda pahami. Kreativitas dan fleksibilitas yang tinggi membuat beauty influencer cocok untuk menjadi rekan kolaborasi untuk jualan online Anda.

Baca juga: Cara Praktis Tingkatkan brand Value Bisnis agar Penjualan Melesat

Selain bekerja sama dengan beauty influencer, Anda juga harus buat website toko online mulai dari sekarang. Sebab, beauty influencer hanya menyediakan traffic dan website toko online Anda lah yang mampu mengkonversinya menjadi penjualan.

Untuk memudahkan Anda buat website toko online, percayakan saja pada GoStore. GoStore akan membantu Anda membuat toko online yang dapat diakses oleh siapa saja. Tak hanya itu, GoStore juga sudah terintegrasi dengan Facebook Shop, Instagram Shop, dan Google Shopping. Jadi, mulailah membuat website toko online, dengan menggunakan GoStore!

Social Media Share :
Jordhi

Jordhi

Penulis di Blog Moka