Moka Logo
Pentingnya POS System Berbasis Cloud untuk Keamanan Usaha

Info Produk

Pentingnya POS System Berbasis Cloud untuk Keamanan Usaha

3 min
VanessaVanessa

Banyak pelaku UMKM yang berhasil mengembangkan usahanya bahkan di era pandemi sekalipun. Tidak sedikit juga pemiliknya datang dari kaum milenial yang merintis usahanya dari nol dan mengurus semua operasionalnya secara mandiri.

Kebanyakan di antara mereka pun sudah beralih dari kasir konvensional ke kasir digital. Dengan mengandalkan kasir digital, bukan semata-mata agar usaha dapat terlihat modern, melainkan usaha dapat terbantu seluruh operasionalnya, mulai dari kemudahan transaksi, pencatatan, dan lainnya.

Tidak bisa dimungkiri, faktor keamanan masih menjadi pertimbangan utama dalam memilih kasir digital. Maka, pelaku usaha perlu memahami keamanan kasir digital, seperti Moka POS yang sudah menggunakan sistem cloud.

Apa Itu Cloud?

Mungkin, Anda bertanya-tanya apa itu sistem cloud? Sistem cloud merupakan penyimpanan data bersifat online dengan mengandalkan koneksi internet. Data yang disimpan pada cloud storage akan dikelola dan dijaga oleh pihak penyedia layanan.

Kini cloud storage menjadi sistem penyimpanan data yang paling diandalkan karena dinilai lebih unggul dibandingkan sistem penyimpanan offline, seperti hardisk atau flashdisk

Sistem cloud diibaratkan seperti jantung pada kasir digital. Maka, penting untuk memilih kasir digital yang menggunakan sistem cloud terbaik untuk operasional usaha Anda. Sebagai informasi, #MokaMenJAGA keamanan data Anda dengan menggunakan sistem cloud dari GCP (Google Cloud Platform) yang berada di bawah pengawasan pemerintah dan sudah terbukti keamanannya, lho.

Tidak hanya menjadi salah satu penyedia layanan cloud terbesar di dunia, GCP memiliki keamanan tingkat tinggi untuk mencegah terjadinya pencurian data melalui cloud IDS (Intrusion Detection System), yang dapat mendeteksi segala ancaman yang masuk. 

Nah, setelah Anda memahami apa itu sistem cloud, berikut manfaat menggunakan sistem cloud pada kasir digital usaha Anda.

 

3 Manfaat Menggunakan POS System Berbasis Cloud untuk Kelancaran Bisnis

1. Keamanan data lebih terjamin

Menjaga keamanan informasi usaha merupakan hal terpenting bagi setiap pelaku usaha. Dengan Moka POS, seluruh data aktivitas usaha Anda akan otomatis tersimpan aman di cloud

Keamanan sistem cloud dari Moka memiliki sistem keamanan dan diawasi oleh tim IT profesional untuk menghindari segala bentuk pencurian data dan virus.

Tidak perlu takut kehilangan data jika tiba-tiba koneksi internet atau listrik Anda terputus karena Moka tetap bisa dioperasikan secara offline, data akan tetap aman dan ter-update secara otomatis saat online kembali. Bahkan, jika terjadi kerusakan pada perangkat keras sekalipun, data akan tetap aman tersimpan.

Tidak hanya keamanan eksternal, Moka POS juga menjaga keamanan dari tim internal, seperti karyawan. Fitur Dashboard dilengkapi dengan security email dan pin untuk keamanan akses Back Office usaha Anda.

2. Hemat waktu dan biaya 

Setiap pelaku usaha pastinya memiliki impian untuk memperluas usahanya. Tidak hanya berfungsi sebagai kasir pencatatan transaksi, Moka POS siap dukung usaha Anda melalui beragam fitur lengkap. 

Mulai dari kelola persediaan bahan baku, pemantauan karyawan, pengaturan pesanan meja, terima beragam pesanan online, hingga pembayaran digital hanya dari satu aplikasi. 

Sekarang Anda tak perlu khawatir untuk mengembangkan usaha dan punya banyak cabang, dengan Moka Anda tetap bisa memantau seluruh operasional cabang meskipun dari jarak jauh!

3. Akses penjualan real-time

Dengan POS system berbasis cloud, Moka POS dapat dioperasikan secara real-time. Semua aktivitas transaksi akan otomatis tercatat pada Dashboard.

Dengan akses real-time, Anda tidak perlu menduga-duga ketersediaan bahan baku. Sebagai contoh, Anda memiliki usaha kedai kopi dan kopi susu adalah minuman andalan Anda. Melalui fitur Ingredients Inventory pada Moka, Anda cukup menginput bahan yang diperlukan untuk segelas kopi, misalnya susu 150ml, 20ml gula aren, 2 shot espresso, dan es batu. 

Pemakaian bahan baku akan otomatis tercatat mengikuti setiap gelas kopi yang terjual, tidak perlu repot lagi mencatat secara manual. Dengan demikian, pencatatan bahan baku dan penjualan pun akan lebih  akurat dan usaha Anda bisa terbebas dari kerugian!

Nah, setelah mengetahui manfaat menggunakan POS system berbasis cloud dari Moka POS, masih yakin tetap pilih kasir konvensional? Yuk, beralih ke kasir digital dan wujudkan usaha impian Anda. Solusi kemudahan operasional usaha, percayakan saja pada Moka,  POS system berbasis cloud yang sudah terbukti kualitas dan keamanannya! 

Simak informasi lengkap mengenai Moka POS di sini !

Social Media Share :
Vanessa

Vanessa

Graduated student from manajemen Unika Atma Jaya. Love coffee, local food, exploring new places and catching up, on some lifetime memories.