Moka Logo
5 Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan untuk Kembangkan Bisnis

Info Produk

5 Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan untuk Kembangkan Bisnis

3 min
YovitaYovita

Sedang mencari pinjaman modal usaha tanpa jaminan? Bagi yang baru memulai usaha, Anda mungkin sedang mencari dan membutuhkan pinjaman modal usaha. Masalahnya, pinjaman modal biasanya mewajibkan Anda menjaminkan sesuatu, misalnya properti, kendaraan, atau surat berharga.

Namun, Anda tidak perlu bingung jika tidak memiliki apa pun untuk dijadikan jaminan. Sebab, Anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha tanpa jaminan. Jenis pinjaman ini memungkinkan Anda memperoleh sejumlah uang tunai untuk usaha tanpa memberikan agunan. Nah, sebagai rekomendasi, mari simak lima pinjaman modal usaha tanpa jaminan yang bisa Anda pertimbangkan berikut ini!

Baca juga: 9 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol untuk Pemula yang Mudah


5 Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

cara menghitung modal akhir 3 - Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

1. KTA Bank

Salah satu jenis pinjaman yang bisa Anda pertimbangkan adalah KTA bank. KTA bank sering dijadikan salah satu alternatif bagi pemilik usaha untuk memperoleh pinjaman dalam waktu singkat. Pasalnya, KTA bank meringankan calon nasabah untuk mendapatkan fasilitas pinjaman tanpa perlu menyiapkan aset sebagai jaminan pinjaman.

Ada beberapa bank yang menyediakan kredit tanpa agunan, salah satunya Bank HSBC Indonesia. Ketersediaan program KTA HSBC memungkinkan Anda untuk dapat mengajukan pinjaman modal usaha tanpa jaminan.


2. Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi simpan pinjam adalah suatu lembaga keuangan bukan bank yang kegiatan usahanya mencakup menerima simpanan dan memberikan pinjaman uang kepada para anggotanya. Dengan kata lain, hanya mereka yang merupakan anggota koperasi simpan pinjam yang bisa mendapatkan kredit tanpa agunan.

Jika ingin menjadi anggota koperasi simpan pinjam, Anda perlu memenuhi kewajiban simpanan pokok dan simpanan wajib. Beberapa contoh koperasi simpan pinjam antara lain KUD (Koperasi Simpan Pinjam Unit Desa), KSU (Koperasi Serba Usaha), dan KPS (Koperasi Pasar). Jenis pinjaman modal usaha tanpa jaminan ini aman karena pembinaan dan pengawasannya dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca juga: 7 Cara Sukses Jualan Online untuk Pemula


3. Crowdfunding

Sudah pernah dengar tentang pinjaman modal usaha tanpa jaminan satu ini? Sederhananya, crowdfunding merupakan sebuah teknik pendanaan unit usaha yang melibatkan masyarakat secara luas. Jadi, pemilik bisnis mempresentasikan ide usaha, kemudian sekelompok orang akan menanamkan modal atau investasi berdasarkan menarik atau tidaknya ide usaha tersebut.

Salah satu contoh crowdfunding adalah Bizhare, situs investasi bisnis urun dana tepercaya di Indonesia yang sudah berizin dan diawasi oleh OJK. Bizhare memungkinkan investasi secara bersama-sama ke berbagai bisnis berkualitas, mulai dari UMKM, waralaba, startup, dan proyek dengan modal kecil. Investasi bisnis dengan skema gotong-royong ini memungkinkan bisnis untuk memperoleh pinjaman modal usaha tanpa jaminan.

Selain Bizhare, contoh crowdfunding lainnya adalah LandX, platform equity crowdfunding yang telah berizin dan diawasi OJK sehingga aman untuk investasi online jangka panjang. Jenis crowdfunding yang juga merupakan Moka Capital Partner ini memungkinkan investasi online secara patungan ke perusahaan-perusahaan UMKM di Indonesia. Anda bisa memilih platform crowdfunding yang sesuai tujuan bisnis untuk mendapatkan pinjaman modal usaha berdasarkan kebutuhan usaha.


4. Kredit Usaha Rakyat

Salah satu program yang dikeluarkan oleh pemerintah ini bertujuan meningkatkan akses pembiayaan kepada UMKM. Beberapa contoh kredit usaha rakyat (KUR) adalah KUR mikro, KUR retail, dan KUR tenaga kerja Indonesia. 

KUR juga memiliki tujuan memperkuat kemampuan permodalan usaha guna mempercepat pengembangan sektor pemberdayaan UMKM di tanah air. Sebagai program pembiayaan bersubsidi pemerintah dengan bunga rendah, KUR mempunyai dana yang 100% milik bank atau Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) Penyalur KUR. Dana tersebut disalurkan untuk keperluan modal kerja dan investasi.

Baca juga: Agar Cepat Berkembang, Ini 11 Cara Mengatur Keuangan Usaha Kecil


5. Platform Pendanaan Online

Platform pendanaan online sama dengan pinjaman online, namun dikhususkan untuk pemilik usaha. Salah satu contoh platform pendanaan online adalah Moka Capital, solusi pinjaman modal usaha tanpa jaminan untuk para merchant Moka POS. Moka Capital saat ini sudah bekerja sama dengan Koinworks dan Modalku yang memfasilitasi kredit atau pendanaan dengan mekanisme pengembalian dana secara bertahap atau dibayarkan sekaligus.

Jika tertarik mengajukan pinjaman dana Moka Capital, Anda harus memenuhi tiga syarat utama, yakni merupakan pemilik usaha dari brand yang terdaftar di Moka POS, sudah berlangganan aplikasi Moka POS selama minimal tiga bulan, dan mempunyai performa penjualan minimal Rp1 juta per bulan. Sementara itu, durasi pengajuan pinjaman di Moka Capital hingga proses tinjauan kredit selesai akan berbeda sesuai platform yang Anda pilih, yaitu enam hari kerja untuk KoinWorks dan 3-5 hari kerja untuk Modalku.


Kini, Anda tinggal pilih jenis pinjaman mana yang paling sesuai dengan kebutuhan usaha Anda. Pinjaman modal usaha tanpa jaminan dari Moka Capital layak Anda jadikan pilihan. Solusi mudah pinjaman online ini memiliki banyak keunggulan, mulai dari pengajuan mudah dan cepat, aman dan tepercaya karena hanya bekerja sama dengan partner berlisensi resmi dan diawasi oleh OJK, serta bisa disesuaikan dengan kebutuhan usaha.

Yuk, ajukan pinjaman modal usaha tanpa jaminan di Moka Capital sekarang juga untuk mengembangkan usaha Anda!

Aplikasi Pos-1

 

Social Media Share :
Yovita

Yovita

Penulis di Blog Moka.