Moka Logo
Mau Pinjaman Modal Usaha dari Pemerintah Tanpa Jaminan? Ini Caranya!

Info Produk

Mau Pinjaman Modal Usaha dari Pemerintah Tanpa Jaminan? Ini Caranya!

3 min
YovitaYovita

Ada berbagai cara mendapatkan suntikan dana untuk modal bisnis Anda. Khusus bagi yang aktif bergerak dalam bisnis UMKM, Anda bisa mendapatkan pinjaman modal usaha dari pemerintah tanpa jaminan sama sekali. Biasanya, pinjaman ini berupa bantuan dalam bentuk BLT UMKM dan KUR. Bagaimana cara mendapatkannya? Simak terlebih dahulu syarat pinjaman modal usaha program pemerintah tanpa jaminan berikut ini. Apakah Anda sudah melengkapi semuanya? 

Baca juga: 9 Manfaat Pinjaman Modal Usaha untuk Bisnis


Syarat Pinjaman Modal Usaha dari Pemerintah Tanpa Jaminan

langkah-langkah pengembangan ide dan peluang usaha meliputi 3 - pinjaman modal usaha dari pemerintah tanpa jaminan

Bila tertarik untuk mendaftar program pinjaman modal dari pemerintah ini, Anda harus memenuhi seluruh kriteria berikut ini.

1. Merupakan Warga Negara Indonesia

Pertama, tentu saja Anda harus tercatat sebagai WNI atau Warga Negara Indonesia. Pemerintah Indonesia tidak akan memberi bantuan kepada orang luar karena program ini memang ditujukan hanya untuk masyarakat Indonesia. Tujuannya agar kesejahteraan usaha kecil dan menengah dalam negeri tetap terjaga.

2. Sedang tidak dibiayai oleh pihak lain

Berikutnya, jika Anda ingin mendapat pinjaman modal usaha dari pemerintah tanpa jaminan, maka Anda harus ‘bersih’, dalam artian tidak sedang dibiayai oleh pihak lain. Biasanya, ada usaha yang mendapat bantuan dari koperasi, bank, dan sebagainya untuk modal. Bila Anda masih mendapat bantuan dari pihak selain pemerintah seperti ini, maka Anda belum diperkenankan mendaftar.

3. Sudah memiliki Surat Izin Usaha

Setiap pendaftar pinjaman modal usaha dari pemerintah tanpa jaminan harus sudah memiliki surat izin usaha. Hal ini penting sebagai bukti bahwa usaha yang Anda jalankan memang legal. Bila Anda sudah memiliki surat izin usaha, maka dokumen ini bisa menjadi pertimbangan untuk menerima bantuan. 

Namun, bila Anda belum memilikinya, maka Anda harus mengurusnya terlebih dahulu. Mengurus izin usaha bisa dilakukan secara online melalui situs oss.go.id. 

Baca juga: Cara Membuat Surat Keterangan Usaha secara Online

4. Mencukupi batas pendapatan yang ditetapkan pemerintah 

Besarnya rata-rata pendapatan usaha Anda tiap bulan merupakan syarat penting pinjaman modal usaha dari pemerintah tanpa jaminan. Kalau pendapatan Anda masih relatif kecil, maka besar kemungkinannya pengajuan pinjaman tidak diterima. 

5. Menyertakan kelengkapan dokumen 

Selanjutnya, Anda harus melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan untuk pinjaman modal ini. Persyaratannya tidak sulit, Anda hanya perlu menyertakan dokumen-dokumen berikut ini:

  • Foto KTP yang jelas.
  • Foto selfie.
  • Laporan penjualan usaha.
  • Surat izin usaha.
  • Mutasi rekening 3 bulan terakhir.


Cara Mengajukan Pinjaman Modal Usaha dari Pemerintah

Peluang bisnis online 4 copy - pinjaman modal usaha dari pemerintah tanpa jaminan

Apabila Anda sudah yakin untuk mencoba mencari pinjaman modal usaha dari pemerintah tanpa jaminan, maka lakukanlah cara-cara berikut ini:

1. Pastikan telah memenuhi semua persyaratan

Pertama, pastikan bahwa Anda sudah memenuhi semua persyaratan di atas, mulai dari status WNI, faktor pembiayaan dari pihak lain, dan seterusnya. Dengan begitu, peluang untuk mendapat pinjaman modal usaha dari pemerintah pun akan semakin besar.

2. Siapkan dokumen yang diperlukan

Kedua, siapkan dan lengkapi semua dokumen yang diperlukan, cari tahu informasi sebanyak-banyaknya, dan persiapkan seluruh berkas pendaftarannya. Pastikan bahwa seluruh dokumen persyaratan Anda sudah benar. Jangan sampai salah mencantumkan. Selain itu, lakukan pengecekan ulang terhadap keaslian dokumen Anda.

3. Isi formulir pengajuan pinjaman modal usaha

Berikutnya, isi formulir pengajuan pinjaman modal usaha dari pemerintah tanpa jaminan. Anda bisa mendapatkan formulirnya melalui website yang telah disediakan.

4. Menunggu proses verifikasi dokumen

Jika sudah menyelesaikan alur pendaftarannya, maka Anda harus menunggu beberapa waktu untuk menunggu proses verifikasi. Lama waktu verifikasi ini tergantung pada jam kerja instansi pemerintah dan faktor lainnya. Pastikan juga Anda terus memantau status pengajuan Anda.

5. Pencairan dana pinjaman

Bila permohonan pinjaman Anda disetujui, maka Anda akan segera mendapatkan bantuan dari pemerintah. Namun, terkadang proses pencairan dana pinjaman modal ini membutuhkan waktu yang agak lama.


Adakah Alternatif Pinjaman Modal Usaha dengan Syarat yang Mudah?

Selain pinjaman modal usaha dari pemerintah, sekarang ini sudah tersedia berbagai layanan pendanaan modal usaha lainnya, seperti Moka Capital. Moka Capital adalah layanan pendanaan usaha yang praktis, tepercaya, dan pencairan dananya relatif cepat. Anda bahkan bisa mengajukan pinjaman dana hingga Rp2 miliar untuk modal usaha!

Baca juga: Moka Capital, Solusi Mudah Pinjaman Online

Moka Capital telah menjalin kerja sama dengan Koinworks, Modalku, Bizhare, dan LandX. Pendanaan modal usaha dari Modal Capital menyediakan tenor yang fleksibel, mulai dari 6-24 bulan. Proses pengajuannya mudah dan aman karena telah terdaftar dan diawasi oleh OJK.


Itulah sejumlah syarat dan tahap pengajuan pinjaman modal usaha dari pemerintah tanpa jaminan. Tak harus selalu bergantung pada jenis pinjaman pemerintah tersebut, Anda juga bisa mendapatkan alternatif lain dari Moka Capital. Kembangkan usaha Anda dengan cepat bersama solusi pendanaan Moka Capital. Informasi selengkapnya, klik di sini!

aplikasi kasir canggih

Social Media Share :
Yovita

Yovita

Penulis di Blog Moka.