Moka Logo
Cara Memulai Usaha Tanpa Modal Dalam 7 Langkah Mudah

Info Produk

Cara Memulai Usaha Tanpa Modal Dalam 7 Langkah Mudah

3 min
YovitaYovita

Bagaimana cara memulai usaha tanpa modal? Sebagian besar orang berpikir bahwa membangun bisnis perlu menghabiskan dana yang besar. Hal tersebut justru membuat mereka ragu untuk memulai bisnisnya sendiri karena kekurangan dana atau tidak siap dengan risiko setelah mengeluarkan dana yang besar. 

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis tapi merasa kurang modal, tidak perlu khawatir. Faktanya, Anda tetap bisa membangun sebuah usaha dengan modal yang kecil, bahkan tanpa modal sama sekali. Bagaimana cara memulai usaha tanpa modal? Simak artikel berikut ini untuk tahu jawabannya!

Baca juga: Founder adalah CEO? Ini Penjelasan Peran Keduanya


7 Cara Memulai Usaha Tanpa Modal

kendala-usaha-dan-solusinya (2)-cara memulai usaha tanpa modal

1. Pelajari Semua Kemungkinan yang Ada

Pertama-tama, gali terlebih dahulu bisnis apa saja yang tidak perlu modal sama sekali atau jika perlu  modal, setidaknya tidak perlu biaya yang besar. Anda bisa menggalinya lewat internet, media sosial, atau melihat kebutuhan di sekitar Anda. Apakah ada yang memerlukan jasa atau produk tertentu?


2. Mulai dari Apa yang Sudah Anda Miliki 

Selanjutnya, tentukan ide bisnis yang minim modal atau tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali. Anda bisa berangkat dari apa yang sudah Anda miliki, misalnya pengetahuan atau keterampilan. 

Sebagai contoh, Anda memiliki bakat dalam menggambar dan grafik desain. Dengan kemampuan tersebut, Anda bisa menawarkan jasa pembuatan poster, desain media sosial, atau produk lainnya yang berhubungan dengan desain kepada orang membutuhkan.

Hal yang Anda perlukan untuk memulai usaha ini adalah kemampuan, komputer, internet, atau alat gambar lainnya yang sudah Anda miliki sejak awal. Usaha seperti ini memungkinkan Anda untuk tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi.


3. Tekan Biaya Operasional 

Ketika baru merintis sebuah bisnis, penting untuk mencoba melakukan semuanya sendiri. Hal ini demi menekan modal awal dan biaya operasional yang biasanya dihabiskan untuk menggaji karyawan. Mulai dari mencari bahan baku, memasarkan produk, hingga keuangan, usahakanlah untuk mempelajari hal-hal tersebut dan mengerjakannya sendiri.

Selain bisa menghemat biaya, ini juga bisa membantu Anda lebih memahami seluk-beluk bisnis yang dilakukan. Anda juga bisa mengetahui karyawan seperti apa yang Anda ekspektasikan untuk bekerja bersama Anda di kemudian hari.

Baca juga: Budget adalah Kunci Kelancaran Keuangan Bisnis, Mengapa?


4. Manfaatkan Internet dan Media Sosial 

langkah-langkah pengembangan ide dan peluang usaha meliputi 1 - cara memulai usaha tanpa modal

Cara memulai usaha tanpa modal yang berikutnya bisa dilakukan dengan memanfaatkan internet dan media sosial. Anda bisa mempelajari berbagai ilmu yang terkait dengan usaha Anda dari ahlinya hanya dengan memanfaatkan internet.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan media sosial untuk mempromosikan bisnis Anda secara gratis dan membangun hubungan dengan pembeli. Misalnya dengan rutin mengunggah konten setiap hari, membuat konten yang relate dengan target market, serta menyeimbangkan konten promosi dan interaktif. Dengan begitu, Anda bisa bertemu dengan pelanggan-pelanggan setia yang akan kembali membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. 

Anda juga bisa memanfaatkan berbagai marketplace sebagai etalase virtual untuk memudahkan proses penjualan. Misalnya dengan membuat akun pada marketplace tertentu, kemudian mengunggah produk-produk yang Anda jual di sana.

Jika bisnis sudah berjalan dan Anda memiliki dana yang cukup untuk mengembangkan bisnis, Anda bisa mulai memanfaatkan internet dan media sosial untuk pengiklanan.


5. Jadikan Side Hustle 

Meski Anda sudah memiliki bisnis sendiri, lebih baik jangan langsung keluar dari pekerjaan utama, terutama ketika bisnis yang Anda rintis masih belum stabil. Pebisnis yang baik memang harus berani mengambil risiko, tetapi Anda juga harus tetap realistis, penuh pertimbangan, dan bijaksana dalam mengambil keputusan.

Membangun usaha sekaligus menjalani pekerjaan memang bisa sangat melelahkan. Namun, hal ini dapat membantu untuk meminimalisir risiko yang mungkin akan muncul di masa depan. Misalnya ketika bisnis Anda sedang mengalami penurunan dan membutuhkan suntikan dana. Jika Anda memiliki pekerjaan tetap, tentu dana yang dihasilkan dari pekerjaan tersebut bisa menunjang usaha sampingan Anda.


6. Kerja Keras dan Pantang Menyerah

Cara memulai usaha tanpa modal yang lainnya adalah pantang menyerah dan selalu bekerja keras. Membangun bisnis bukanlah hal yang mudah. Meski tanpa modal sekalipun, bisnis Anda pasti akan mengalami naik turun. Anda juga akan bertemu dengan berbagai kompetitor, serta tuntutan untuk meluangkan waktu, tenaga, dan pikiran untuk menjalankan bisnis.

Semua hal itu pasti melelahkan, apalagi kalau Anda melakukannya bersamaan dengan pekerjaan tetap di perusahaan lain. Namun, perlu diingat bahwa perjuangan Anda pasti akan membuahkan hasil yang baik di kemudian hari.


7. Mencoba Peluang Kolaborasi

Demi menghemat modal, Anda bisa berkolaborasi dengan pebisnis lain untuk membuka usaha. Selain menghemat biaya, memiliki partner juga berarti Anda memiliki teman berdiskusi. Ini bisa memunculkan ide-ide segar dan inovasi yang mungkin tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya. Apalagi ketika partner Anda adalah orang yang sudah berpengalaman dalam berbisnis, Anda pun bisa menyerap begitu banyak ilmu.

Baca juga: Kemitraan adalah Kunci Sukses Usaha, ini Strateginya!


Itu dia beberapa cara memulai usaha tanpa modal yang bisa Anda terapkan untuk membangun bisnis. Setelah usaha Anda berjalan lancar, tak ada salahnya untuk mulai memikirkan soal pengembangan usaha. Kembangkan usaha Anda dengan pinjaman modal usaha tanpa jaminan dari Moka Capital. 

Moka Capital memberikan akses pinjaman modal usaha untuk siapa pun yang ingin mengembangkan bisnisnya. Bekerja sama dengan Koinworks, Modalku, Bizhare, dan LandX, Moka Capital menawarkan kemudahan dalam pengajuan pinjaman dana hingga Rp2 miliar dengan proses yang sederhana dan bisa dilakukan secara online.

Tertarik untuk mengajukan pinjaman? Anda bisa mendaftarkan diri untuk demo dengan tim Moka POS terlebih dahulu dengan klik link ini.

Point of sale

Social Media Share :
Yovita

Yovita

Penulis di Blog Moka.